Web AR Bantu Pastikan Konten Augmented Reality Lebih Bisa Dijangkau oleh Konsumen

Pandemi COVID-19 mengajarkan kita bahwa industri harus bisa beradaptasi dengan kondisi baru yang jauh dari kata ideal demi bertahan hidup. Sebuah brand alat kecantikan misalnya, ketimbang hanya sekadar mengandalkan penjualan secara online, mereka bisa memanfaatkan teknologi virtual try-on untuk tetap bisa menarik perhatian konsumen dari kediaman masing-masing.

Virtual try-on tentu saja merupakan salah satu perwujudan teknologi augmented reality (AR), dan kalau kita melakukan pencarian di internet, kita bisa menemukan banyak testimoni mengenai bagaimana AR terbukti mampu membantu meningkatkan brand awareness atau mendorong penjualan di berbagai area industri.

Yang mungkin menjadi problem adalah, tidak semua konsumen paham cara mengakses konten AR. Kebanyakan membutuhkan aplikasi tersendiri, dan terkadang konsumen bakal merasa malas kalau harus mengunduh dan meng-install sesuatu terlebih dulu. Andai konten AR bisa dinikmati langsung dari browser, seharusnya akan ada lebih banyak lagi konsumen yang bisa dijangkau.

Itulah premis yang ditawarkan oleh Web AR, salah satu layanan baru dari AR&Co. Jadi daripada harus mengunduh aplikasi, konsumen cukup mengklik tautan yang dijumpainya di media sosial, maka mereka akan langsung dihadapkan dengan konten AR interaktif melalui browser. Lalu ketika mereka sudah mulai membagikan tautan tersebut ke teman-teman atau keluarganya, otomatis penyebarannya pun bisa berlangsung secara organik.

Singkat cerita, Web AR memastikan bahwa konten AR yang disiapkan bisa lebih viral daripada kalau cuma mengandalkan aplikasi saja, sebab tautannya tentu bisa disebar di banyak medium. Kalau perlu, tautannya juga bisa dikemas sebagai kode QR agar bisa di-scan dengan mudah oleh konsumen.

Selain untuk meningkatkan brand awareness atau kebutuhan mengiklan lainnya, AR juga sangat ideal dimanfaatkan di bidang seperti pendidikan, terlebih di saat seperti sekarang di mana prosesnya harus dilancarkan secara online. Dengan menggunakan Web AR, pihak pengajar bisa memastikan materinya tersampaikan dengan baik ke semua pelajar.

Buat para pelaku bisnis yang selama ini sudah memanfaatkan AR, Web AR tentu bisa jadi alternatif yang menarik untuk melengkapi inisiatif AR maupun program promosi mereka.

Gambar header: Depositphotos.com

Internet
oleh Glenn
Artikel Terbaru