Tips Trading Saham Perusahaan Amerika Serikat dengan Aplikasi Gotrade

Tips Trading Saham Perusahaan Amerika Serikat dengan Aplikasi Gotrade

Melek investasi sejak dini sangat penting untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Saat ini ada begitu banyak kendaraan investasi yang bisa dipilih, mulai dari reksa dana, saham, aset kripto, dan banyak lagi.

Sebelumnya mengenal saham, saya menganggap investasi saham itu ‘mengerikan’, namun setelah mencoba aplikasi Ajaib, ternyata proses membeli saham cukup mudah dan tidak membutuhkan modal awal yang besar. Selain saham Indonesia, saat ini kita juga punya akses untuk berinvestasi atau melakukan jual beli alias trading saham dari perusahaan Amerika Serikat menggunakan aplikasi Gotrade.

Pengalaman pengguna yang ditawarkan oleh aplikasi Gotrade bahkan jauh lebih mudah. Transaksi berlangsung secara seamless dan real-time, namun perdagangan tetap hanya dilakukan ketika pasar AS dibuka. Kita bisa membeli saham pecahan di Dow Jones, S&P 500, dan NASDAQ mulai dari satu dolar saja.

Bila belum mendaftar, Anda bisa menggunakan kode referal Gotrade saya  (682516). Berikut beberapa tips dasar trading saham Amerika menggunakan aplikasi Gotrade:

Analisis Teknikal

Screenshot

Bila investor lebih fokus pada analisis fundamental suatu aset, seorang trader juga mengandalkan analisis teknikal sebagai salah satu cara untuk memprediksi pergerakan harga saham. Karena aplikasi Gotrade sangatlah simpel, kita butuh aplikasi tambahan untuk membaca candlestick seperti TradingView.

Sebagai contoh, saya akan menganalisa saham Google (GOOG). Lalu, kita lihat menggunakan time-frame yang lebih besar seperti satu hari untuk memastikan bahwa saham tersebut sedang bergerak dalam kondisi uptren.

Screenshot

Selanjutnya kita ubah time-frame lebih kecil, seperti satu jam untuk menentukan level support dan resistance. Kemudian cari tahu chart pattern apa yang sedang terbentuk, sehingga kita bisa menentukan kapan saatnya membuka posisi dan target profitnya. Pada saham Google saat ini, tampaknya sedang membentuk pola rising wedge. Di mana akan sedikit bergerak ke atas dan ada potensi pembalikan arah ke bawah cukup dalam.

Manajemen Resiko dan Keuangan

Tanpa manajemen resiko dan keuangan yang baik, profit yang telah Anda kumpulkan dan bahkan modal trading Anda bisa saja ludes. Setiap membuka posisi, jumlah kerugian yang seharusnya bisa Anda tanggung adalah 2% dari modal.

Sebagai contoh, Anda mengalokasikan modal sebesar US$500, artinya kerugian yang bisa Anda tanggung adalah US$10. Bila kita menggunakan rasio resiko dan keuntungan 1:2, kita bisa membuka posisi sebesar US$20 dan target keuntungannya sekitar US$40.

Selain itu, sebaiknya hindari melakukan average down dan sebaliknya diperbolehkan melakukan average up bila harga sudah bergerak sesuai prediksi. Jangan lupa juga melakukan diversifikasi pada perusahaan yang bergerak di bidang yang berbeda. Bila ternyata harga malah turun, selalu persiapkan titik stop-loss dan cut-loss bila saham sudah turun sebanyak 10%.

Ya, sebetulnya aplikasi Gotrade ini dengan kemudahan penggunaan memang lebih cocok untuk berinvestasi. Walaupun tetap dapat digunakan untuk trading dengan bantuan aplikasi TradingView untuk menganalisa dengan membaca candlestick dan memonitor pergerakan harga saham.

Gotrade sendiri adalah platform investasi saham berbasis di Singapura. Dengan Gotrade, kalangan milenial hingga gen Z memiliki kesempatan untuk berinvestasi di beberapa perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Selalu lakukan riset kalian sendiri juga sebelum memutuskan bertransaksi.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *