Tips Tetap Produktif Saat Kerja dari Rumah

Tool yang akan membantu mempermudah Anda di masa-masa sulit sekarang

Kebijakan Work from Home atau WFH diambil oleh banyak perusahaan di berbagai kota di Indonesia. Keputusan ini membuat aktivitas kerja yang tadinya dilakukan di kantor, mulai yang berkitan dengan administrasi, pemasaran hingga aktivitas lain dilakukan secara online.

Bagi pekerja yang sudah terbiasa bekerja dari rumah tentu kebijakan ini tidak memberikan kendala berarti. Tetapi bagi yang belum terbiasa, bekerja dari rumah menghadirkan kesulitan tersendiri.

Buat Anda yang baru pertama kali menjalani WFH, beberapa tips ini bisa jadi masukan yang bermanfaat.

Kelola Waktu dengan Google Calendar

Salah satu cara terbaik untuk dapat bekerja secara efektif meski tanpa pengawasan bos adalah dengan menggunakan alat pengingat. Tool yang bisa Anda pakai adalah Google Calendar, di mana Anda bisa membuat catatan khusus kapan saatnya memulai pekerjaan, kapan istirahat, kapan masuk lagi dan kapan berhenti.

Di Google Calendar, Anda juga bisa menentukan  siapa saja yang akan mendapatkan pengingat di jam yang sama. Cara ini sangat membantu produktivitas Anda dan tim kendati harus bekerja dari rumah. Google Calendar bisa diunduh di Play Store.

Mencatat dengan Google Keep

Mencatat hasil rapat, intruksi atasan atau SOP pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah di Google Keep. Aplikasi catatan ini tersedia untuk perangkat Android dan juga PC berbasis web serta terdapat pula di Gmail dalam bentuk add on.

Google Keep bahkan mendukung input suara yang nantinya secara otomatis diubah menjadi teks berdampingan dengan berkas audio yang Anda rekam.

Ada pula dukungan foto dari kamera, mengunggah foto, coretan tangan dan juga fitur checklist yang memudahkan manajemen tugas jika catatan yang Anda buat memiliki tenggat waktu tertentu.

Belajar Jarak Jauh dengan Google Classroom

Tool Google Classroom ini sangat pas digunakan oleh tenaga pengajar untuk memberikan bahan ajar kepada siswanya yang dirumahkan. Platform edukasi ini memungkinkan guru untuk membuat kelas secara virtual, menentukan mata pelajaran dan juga tingkatan kelas.

Setelah kelas dibuat, guru bisa mengundang semua murid untuk bergabung kemudian dari sana guru dapat membuat tugas secara online. Murid kemudian dapat mengumpulkan tugas yang jika sudah diperiksa, tugas-tugas tersebut akan memperoleh nilai dari guru bersangkutan.

Selain dari browser PC, Google Classroom juga bisa diunduh di Play Store.

Berkomunikasi dengan Efektif di Google Meet

Saat sedang berjauhan, komunikasi yang tadinya dilakukan secara intens di kantor menjadi sulit dilakukan. Ada hal-hal kecil yang kadang perlu dikomunikasikan di luar rapat rutin. Pilihan paling mudah adalah dengan menggunakan Google Meet.

Tool komunikasi atau conference call ini mendukung lebih dari 100 peserta untuk tergabung dalam satu rungan virtual, kemudian berdiskusi tentang pekerjaan dan lain sebagainya.

Google Meet memungkinkan masing-masing peserta untuk berkontribusi, ada tombol mute, video dan audio untuk memudahkan giliran berbicara. Google Meet tersedia di Play Store dan juga bisa diakses dari browser PC.

Google Hangouts

Pilihan lain dari Google Meet tentu adalah Google Hangouts, tool klasik yang lebih dulu lahir sebelum Google Meet ada. Tetapi ada sejumlah batasan yang mungkin akan membuat Anda merasa kurang leluasa.

Misalnya soal batasan pengguna. Di Hangouts, Anda hanya bisa mengundah maksimal sebanyak 25 peserta, tidak lebih. Kecuali jika Anda berlangganan paket G Suite Entreprise, ruang obrolan Anda akan diperluas sampai dengan 150 orang.

Gambar header Pixabay.

Pc
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru