Tips Meningkatkan Traffic untuk Toko Online – Bagian VI (habis)

Cara Meningkatkan Traffic Toko Online

Tips Meningkatkan Traffic untuk Toko Online – Bagian VI (habis)

Akhirnya kita tiba di bagian terakhir dari serial cara membuat toko online gratis. Di bagian keenam ini saya akan mencoba memaparkan beberapa strategi untuk meningkatkan traffic atau lalu lintas pengunjung ke toko online sehingga memperbesar peluang Anda mendapatkan penjualan.

Sebelum lanjut, jangan lupa baca dulu bagian satu, dua, tiga, empat dan lima-nya terlebih dahulu. Supaya tidak kebingungan.

Traffic sangat penting, sama pentingnya dengan desain, sistem dan layanan pelanggan. Tanpa tanpa traffic yang layak, sulit bagi sebuah toko online untuk bertahan, sekalipun teknik yang dipakai adalah teknik berbayar. Karena dalam teknik berbayar (iklan) sekalipun, seorang pemasar tak bisa melupakan fakta bahwa untuk menarik pembeli, mereka harus menampilkan sebuah halaman penawaran yang menarik.
Oke, mari kita langsung saja.

Terapkan Teknik SEO On Page di Halaman Produk

Dalam beberapa kesempatan, saya memperhatikan banyak sekali toko online yang menampilkan halaman produk seadanya, hanya menayangkan informasi nama barang, ukuran, warna dan harga. Padahal, di dalamnya bisa saja dilengkapi dengan deskripsi yang lebih lengkap.
Untuk meningkatkan rangkin halaman produk, Anda dapat melakukan beberapa cara:

  • Kombinasikan nama produk dengan kata kunci. Misanya Anda menjual sepatu adidas, maka Anda bisa menambahkan kata-kata lain yang punya volume pencarian cukup bagus di mesin pencari, misalnya menjadi Menjual Sepatu Adidas Asli Murah.
  • Pertajam kedalaman keyword tersebut di dalam deskripsi, Anda bisa menerapkan strategi yang dibahas di artikel ini.
  • Tampilkan produk terkait di dalam deskripsi produk, bisa berupa link atau gambar.
  • Jangan lupa untuk melengkapi alt image dengan kata kunci atau yang terkait.

Buat Halaman Khusus untuk Artikel

Selain halaman produk yang secara khusus membahas deskripsinya, siapkan juga satu halaman terpisah yang HANYA menampilkan artikel. Artikel yang dibahas bebas selama terkait dengan kategori umum produk yang Anda jual.
Misalnya Anda menjual produk baju muslim, maka artikel yang sebaiknya dibahas adalah artikel yang membahas misalnya tips memakai jilbab, tips membersihkan noda di jilbab, tips memilih bahan gamis, model-model hijab terbaru, model baju koko, dan artikel lainnya. Perlakuan pelengkapnya, Anda boleh menampilkan banner atau galeri produk yang Anda jual di tengah atau akhir artikel. Bisa juga di sidebar atau header. Atau berupa link saja.
Screenshot ini adalah contoh penerapan strategi yang kita bahas.
cara meningkatkan traffic toko onlin
Coba perhatikan, screenshot ini berisikan artikel biasa, membahas tanaman dalam pot. Tetapi di dalamnya terdapat sisipan thumbnail yang bila diklik akan menuju ke halaman produk. Di bagian bawah ada lebih banyak lagi, tapi sengaja tidak saya perlihatkan.
Artikel-artikel ini nantinya akan berperan sebagai gerbang traffic untuk toko online Anda, berfungsi menjaring pengguna baru yang tadinya hanya tertarik mencari solusi. Ketika mereka mendapatkan solusi dari toko Anda, ia menjadi tertarik untuk membeli.
Penjaringan pengunjung menggunakan kata kunci yang tidak berkaitan dengan jual beli juga memberikan keunggulan kepada Anda dari segi SEO. Jika Anda perhatikan, hampir semua kata kunci yang mengandung kata “jual” atau “beli” sudah dikuasai oleh marketplace atau ecommerce besar yang memanfaatkan Google Adwords untuk menguasai halaman pertama pencarian Google.

Kategori Pilar

Strategi terkhir ini merupakan modifikasi dari teknik Silo Structure yang saya sederhanakan.
Di dalam toko online Anda tentunya punya kategori besar yang mencakup beberapa kategori kecil atau produk. Misalnya, kategori Baju Koko. Di dalam kategori tersebut terdapat misalnya 10-20 produk. Alih-alih membuat artikel dengan topik yang tidak berhubungan dengan jualan, Anda boleh membuat daftar produk namun dengan cara kemas berbeda.
Dari contoh di atas, Anda bisa membuat artikel baru dengan judul 10 Model Baju Koko 2019 Terbaru. Buatlah deskripsi minimal 2 paragrap, kemudian jadikan baju koko yang Anda tawarkan di toko online sebagai bahasan utama. Semakin banyak tentu akan semakin bagus, minimal setidaknya ada 10 model pilihan.
Kemudian buat lagi satu artikel yang fokus membahas 1 buah produk lalu berikan tautan ke artikel kategori pilar tadi (10 Model Baju Koko 2019 Terbaru). Ulangi ke artikel selanjutnya sehingga total berjumlah 5 artikel.
Jika dibuatkan bagannya, maka akan seperti ini.
seo-silos
Lakukan strategi ini di kategori lainnya. Dengan strategi ini, saya yakin kategori pilar akan berhasil mendapatkan peringkat yang lebih baik dibandingkan halaman produk.
Demikianlah beberapa cara meningkatkan traffic untuk toko online gratis yang bisa Anda coba. Cukup sederhana tapi jika dipratikkan secara konsisten, hasilnya akan mengejutkan Anda.
Gambar header Pixabay.

Artikel Menarik Lainnya