Tips Meningkatkan Keamanan iPhone di Tahun 2020

Tips Meningkatkan Keamanan iPhone di Tahun 2020

Kehadiran gadget dalam kebutuhan sehari-hari sudah tidak dapat terpisahkan. Bisa disebut bahwa gadget adalah rumah digital untuk segala informasi pribadi yang Anda miliki.

Sama seperti rumah yang harus diamankan, iPhone yang Anda gunakan juga perlu beberapa hal yang dapat meningkatkan keamanan iPhone. Baik dalam bentuk data atau sistem operasi itu sendiri.

Berikut ini beberapa tips untuk meningkatkan keamanan iPhone di tahun 2020 yang bisa Anda lakukan:

1. Gunakan Passcode, 6 Angka atau Lebih

Tips Meningkatkan Keamanan iPhone di Tahun 2020Meskipun iPhone generasi terbaru sudah menggunakan data biometrik berupa Face ID, pengaturan Passcode Lock adalah salah satu prosedur keamanan iPhone yang paling mendasar.

Selalu gunakan Passcode Lock yang aman, minimal dengan opsi 6 digit Numeric Code atau Custom Numeric Code. Atau bahkan jika perlu gunakan Custom Alphanumeric Code.

Pengaturan ini ada di aplikasi Settings > Face ID & Passcode.

2. Amankan Akses Notifikasi di Lockscreen

Celah keamanan iPhone kedua yang dapat Anda atur adalah akses notifikasi di Lockscreen.

Jika Anda membuka akses notifikasi di bagian Lockscreen, siapa saja dapat membaca pesan yang masuk atau info lain meskipun iPhone sedang dikunci.

Untuk pengguna iOS 13, pengaturan ini dapat ditemukan pada aplikasi Settings. Di bagian Face ID & Passcode > Notification Center.

Opsi lainnya, Anda bisa tetap menampilkan notifikasi pesan di Lockscreen tetapi info lengkapnya baru terlihat setelah memberikan data keamanan biomertik iPhone.

Pengaturan untuk opsi ini adal di bagian Settings > Notifications > Show Previews > When Unlocked.

3. Tutup Akses Control Center di Lockscreen

Jika dibutuhkan, Anda juga bisa meningkatkan keamanan iPhone dengan cara menutup akses Control Center di Lockscreen.

Tujuannya adalah mencegah penggantian beberapa pengaturan seperti Airplane Mode, Do Not Disturb atau akses Now Playing.

Cara menutup akses Control Center di Lockscreen bisa diatur lewat aplikasi Settings > Face ID & Passcode > Control Center.

4. Aktifkan iCloud dan Find My iPhone

Pengaturan keamanan iPhone berikutnya adalah mengaktfikan fitur iCloud dan Find My iPhone.

Dengan menggunakan fitur iCloud, Anda dapat mencadangkan beragam informasi pribadi atau data password penting. Contohnya adalah iCloud Keychain, dokumen foto dan video di iCloud Photos dan cadangan data dari aplikasi pihak ketiga.

Untuk Find My iPhone, fitur ini berguna untuk melacak perangkat iPhone yang tidak dapat Anda temukan atau hilang. Fitur ini masuk dalam pengaturan iCloud.

Semua pengaturan fitur iCloud termasuk Find My iPhone dapat ditemukan dari aplikasi Settings – Apple ID – iCloud.

5. Cadangkan Data Secara Reguler

Mencadangkan data secara reguler juga bisa disebut cara sederhana meningkatkan keamanan iPhone di tahun 2020.

Apabila suatu waktu Anda mengalami masalah pada perangkat iPhone, setidaknya data yang dimiliki tidak ikut hilang karena sudah dicadangkan secara reguler. Contoh mencadangkan data secara reguler adalah unggah WhatsApp Backups seminggu sekali, unggah iCloud Photos setiap malam, simpan data penting di Dropbox.

Anda bisa kembali mendapatkan akses ke data tadi setelah melakukan restore from backup di perangkat iPhone atau instal aplikasi cloud service yang digunakan.

6. Simpan Password Akun di Layanan Password Manager

Langkah berikutnya untuk meningkatkan keamanan iPhone adalah simpan password dengan cara yang benar dan aman.

Cara yang dimaksud adalah menggunakan layanan iCloud Keychain atau aplikasi password manager yang banyak tersedia di App Store. Jangan pernah menyimpan data password di aplikasi pencatat biasa atau di aplikasi chatting.

7. Update iOS

Lakukan Software Update iOS secara berkala, tepatnya setiap Apple merilis versi baru. Karena setiap Software Update iOS yang dirilis pasti akan memberikan peningkatan keamanan baru pada iPhone.

Misalkan dari masalah malware, bug system atau celah keamanan berbahaya lainnya untuk data dan informasi pribadi Anda .

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *