Mengelola Piutang Usaha untuk Bisnis Kecil Menengah, Menjaga Kesehatan Cash Flow

Mengelola Piutang Usaha untuk Bisnis Kecil Menengah, Menjaga Kesehatan Cash Flow

Sebagai pelaku usaha Anda harus memikirkan berbagai cara untuk menjaga keberlangsungan usaha Anda, salah satunya adalah dengan mengelola piutang yang dilakukan oleh pelanggan Anda agar membuat perekonomian bisnis Anda tetap terjaga, namun terlalu banyak piutang tentu saja akan membuat Anda merasa kebingungan ketika ingin melaporkan keuangan Anda, berikut ini tips mengelola piutang UKM untuk Anda!

Tips Mengelola Piutang UKM

tips mengelola piutang ukm

Permasalahan piutang harus tegas Anda atur untuk mencegah kemungkinan adanya penghambat dalam melaporkan hasil penjualan, berikut ini tips yang harus Anda lakukan untuk mengelola piutang Anda dengan baik dan menyelamatkan keuangan perusahaan Anda agar tidak tersendat:

  • Ketatlah Dalam Memberikan Kesempatan Piutang

Piutang pada dasarnya memberikan kesempatan Anda untuk melakukan pembayaran akan produk Anda secara bertahap, yang harus Anda lakukan adalah dengan cara memberikan keputusan piutang dengan cara tidak terburu-buru, usahakan Anda untuk meminta pembayaran tunai terlebih dahulu agar dana tersebut setidaknya tidak perlu menunggu untuk cair dalam proses transaksi pembelian produk Anda.

  • Berikanlah Batasan Waktu Terkecil

Berikanlah waktu tersingkat untuk melakukan pembatasan pembayaran piutang ini, jangan biarkan waktunya terlalu lama nanti akan membuat kemungkinan transaksi bisnis Anda penuh dengan konflik dan menyebabkan hilangnya minat membeli masyarakat di tempat Anda.

  • Batasilah Piutang Anda

Dalam menjalankan bisnis Anda juga perlu memperhatikan kebijakan dalam membatasi besaran piutang yang digunakan oleh pelanggan. Setidaknya Anda harus memperkecil kemungkinan piutang karena akan memperkecil kerugian usaha Anda apabila pembayaran utang Anda dilakukan dengan tidak sesuai yang dibutuhkan dalam produktivitas.

  • Arsiplah Bukti Pembayaran

Dalam melakukan pengarsipan dokumen untuk piutang usaha, Anda harus melihat dokumen yang berbayar maupun yang belum, dengan mendokumentasi bukti pembayaran juga mampu untuk melakukan menangani apabila ada kejadian yang tidak diinginkan. Dengan tips ini juga pendataan akan keuntungan Anda segera bisa diketahui dan mengetahui piutang mana yang harus segera diupayakan untuk dicairkan

  • Pastikan Piutang Anda Pada Orang Terpercaya

Memang piutang tidak bisa sepenuhnya diajukan oleh semua pelanggan, Anda kiranya harus memperhatikan kemungkinan apabila seseorang melakukan piutang dalam pembayaran barang Anda, tak lupa perhatikan keuntungan bisnis Anda dalam jangka yang panjang.

Maka dari itu sebelum Anda melakukan piutang, pastikan pelanggan Anda juga menaati kesepakatan piutang yang dijanjikan sebelumnya.

Itulah tips untuk mengelola piutang usaha Anda agar tetap berjalan tanpa mengganggu kas yang masuk dan menjaga hubungan yang baik bersama pelanggan. Usahakan juga untuk melakukan piutang dengan cara yang tepat dan juga aman untuk bisnis Anda sendiri. Semangat berjualan!

Gambar Header Pixabay

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *