Kiat Memiliki Keuangan yang Sehat untuk UMKM Pemula

Kiat Memiliki Keuangan yang Sehat untuk UMKM Pemula

Sebagai seseorang yang baru saja memulai sebuah bisnis, diperlukan pemahaman untuk mengelola keuangan yang bisa membuat bisnis Anda tetap terjaga efesiensinya. Setiap bisnis juga akan membutuhkan pengelolaan keuangan yang tepat dan benar agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar dan tentunya aman. Berikut ini tips mengelola keuangan untuk UMKM pemula.

Setiap bisnis membutuhkan pengelolaan keuangan yang baik dan benar, berikut ini ada tips cara mengelola keunganan UMKM yang bisa Anda gunakan dalam melaksanakan bisnis Anda:

Buatlah Pencatatan Keuangan Anda!

Sebagai seseorang yang baru saja melakukan bisnisnya, pencatatan keuangan bagi usaha UKM adalah salah satu kunci penting untuk melihat transparansi keuangan bagi bisnis Anda, dengan pengelolaan yang baik Anda bisa mengontrol kas yang masuk ketika penjualan bisnis Anda mulai banyak peminat, hal ini juga bisa membantu Anda mencegah kejadian yang tidak diinginkan  seperti adanya tindakan pencurian dana maupun sebagainya.

Make Your Own Financial Plan!

Membangun sebuah usaha tidak dilakukan secara sembarangan, Anda perlu melakukan evaluasi setiap harinya dan meningkatan penjualan apabila ada hal yang bisa ditingkatkan. Dengan perencanaan yang matang juga akan membuat kesempatan rugi Anda semakin mengecil dan tentunya membantu Anda melihat bagaimana produktivitas barang yang dijual di pasaran bisa mendapatkan hasil penjualan semaksimal mungkin.

  Pisahkan Uang Usaha dengan Uang Pribadi Anda

Ketika memulai bisnis kadang Anda tidak memikirkan pemisahan menaruh dana ini, padahal seharusnya Anda sudah memikirkan hal ini sebelum membangun sebuah bisnis, karena dengan pemisahan antara uang bisnis dan pribadi bisa menghindarkan Anda menggunakan modal bisnis yang biasanya digunakan untuk keperluan pribadi apabila mendesak.

Anda juga perlu waspada menghabiskan modal bisnis Anda untuk kegiatan diluar dari pengembangan bisnis sendiri, dengan komitmen pemisahan uang ini seharusnya bisa membantu Anda mengelola keuangan dengan lebih baik.

Dana Darurat, it’s a Must!

Meskipun pada awalnya bisnis Anda ramai oleh pembeli, hal tersebut tidak bisa dipastikan akan terus terjadi selama 5 bulan dari sekarang atau bahkan 5 tahun dari sekarang, maka dari itu Anda perlu memiliki dana darurat yang sudah disiapkan sejak awal Anda memiliki niat untuk membangun sebuah usaha.

Jangan menggunakan dana ini untuk situasi yang kiranya masih bisa dikendalikan, gunakan hal ini untuk mencegah kemungkinan kerugian di masa depan.

Gunakan Dana Untung untuk Kembangkan Usaha Anda!

Sebagai pemula UKM, Anda haruslah memikirkan pengembangan untuk bisnis Anda, jangan biarkan hal ini menjadi kenikmatan sementara apabila bisnis Anda langsung mendapatkan banyak keuntungan, cobalah untuk menyisakan beberapa hasil keuntungan sebagai dana untuk mengembangkan usaha bisnis Anda, dengan cara ini Anda juga bisa memperbesar perusahaan Anda.

Itulah tips cara mengelola keuangan bagi para pelaku UKM demi memaksimalkan hasil untuk tetap menjalankan usaha, dan tentu saja keberhasilan tidak hanya bisa ditentukan dari kemampuan Anda untuk menjualkan sesuatu tetapi juga untuk mengatur keuangan. Maka dari itu segeralah mengatur keuangan Anda dengan baik. Semangat berjualan!

Ini Dia Video Tips Cara Mengelola Keuangan untuk UKM dari Finansialku.com

Gambar Header Pixabay

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *