Tips Memilih Niche Blog, Pertimbangan Penting Sebelum Bikin Blog Adsense

Bikin blog itu gampang, gampang banget malah. Tutorialnya banyak, tips dan panduannya juga sudah tumpah ruah. Tapi, bikin blog dan bikin blog yang sukses dan menghasilkan adalah dua hal yang berbeda.

Mengapa berbeda? Sebab, tidak semua blog bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Hanya blog yang direncanakan dengan baik dan diperlakukan sebagaimana mestinya lah yang akan menghasilkan pendapatan, entah dari content placement, iklan mandiri ataupun PPC.

Di antara sekian tahap persiapan, salah satu tahapan penting untuk membuat blog yang sukses adalah memilih niche yang benar. Mengapa? Sebab, niche akan menentukan beberapa hal:

  1. Seberapa enjoy Anda untuk ngeblog
  2. Nilai klik
  3. Ketersediaan topik
  4. Keberlangsungan pembaca

Misalnya Anda hanya mempertimbangkan sisi trending untuk menentukan niche tanpa memikirkan faktor lainnya.

Sekarang ini sedang trending topik virus Corona. Kemudian Anda membuat blog khusus yang membahas virus asal Tiongkok ini. Resikonya adalah:

  1. Anda tidak enjoy karena tidak ahli di bidangnya
  2. Nilai kliknya mungkin saja besar
  3. Topiknya terlalu sempit, sehingga mungkin dua bulan ngeblog Anda akan kehabisan ide.
  4. Sekarang boleh saja pencari topik Corona membludak jutaan per bulannya. Tetapi ketika obat ampuhnya ditemukan, maka turunlah peminatnya atau bukan tidak mungkin amblas sama sekali karena virusnya sudah bisa dikendalikan.

Berdasarkan pertimbangan di atas, maka berikut adalah beberapa tips memilih niche saat ingin memulai membangun blog bisnis.

Pertimbangkan Minat Anda

Ini adalah rule pertama yang wajib jadi pertimbangan pertama. Coba tanyakan pada diri Anda sendiri, apa sih yang paling Anda sukai. Atau, apa yang paling Anda bisa walaupun tidak begitu suka.

Misalnya, Anda tidak terlalu bisa bermain bola tapi suka menonton pertandingan bola sampai dini hari. Ini bisa jadi salah satu alternatif topik blog.

Perhatikan Produk yang Berhubungan dengan Blog

Jika blog yang Anda bangun ditujukan untuk Adsense, maka penting sekali untuk menimbang kira-kira ada tidak produk yang dijual secara luas dan kemungkinan muncul di iklan yang terpasang di blog Anda.

Maksudnya gini. Sebagai contoh, mengapa niche teknologi begitu laris manis. Sebab ada banyak produk elektronik dan juga software yang dijual di seluruh dunia. Semua ini kan berhubungan dengan teknologi.

Bandingkan dengan produk lain misalnya sandal anti selip. Berapa banyak sih perusahaan yang membuat sandal jenis ini? Ada, tapi jumlahnya sangat terbatas dan nilai produknya relatif rendah.

Mengapa penting memikirkan hal ini? Seperti yang sudah saya katakan di awal, ketersediaan produk akan menentukan tampilnya iklan terkait di blog Anda. Semakin banyak produk yang ditawarkan oleh pasar, maka semakin besar kemungkinan iklan relevan tampil di blog.

Relevansi antara konten dan iklan akan mempengaruhi jumlah klik dan juga nilai klik itu sendiri. Semakin relevan keduanya, maka makin meningkatkan jumlah dan nilai klik.

Pikirkan Ketersediaan Ide Tulisan

Blog Anda tidak hanya akan online selama 12 bulan saja. Tentu Anda punya mimpi membangun blog yang mampu bertahan selama mungkin. Tapi untuk dapat bertahan lama, Anda butuh keberlangsungan topik.

Maka tips ketiga adalah memastikan ketersediaan ide tulisan di niche yang Anda pilih. Coba buka Google kemudian ketika kata kunci terkait niche Anda lalu lihat related search-nya tidak ada, besar kemungkinan topik tersebut sangat terbatas.

Sebaliknya, jika pencarian terkaitnya banyak, maka kemungkinan Anda punya banyak opsi topik ke depannya.

Itu dia beberapa tips memilih niche untuk blog Adsense. Semoga bisa jadi sumber inspirasi Anda untuk memulai merancang blog yang benar.

Gambar header Pandologic.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru