Tips Fotografi dengan Galaxy S20 Ultra Ala Ivan Mario, #Dirumahaja Jadi Menyenangkan

Tahun 2020 ini, meski pandemi menyerang tak menghentikan langkah Samsung untuk melahirkan karya terbarunya, Galaxy S20 Series, di mana salah satunya adalah Galaxy S20 Ultra. Ini adalah smartphone unggulan Samsung yang membawa terobosan kamera super canggih, pas untuk pegangan para fotografer profesional yang enggan ketinggalan momen emas di sekitarnya.

Ivan Mario, fotografer profesional dari Axioo salah satu yang menyambut hangat kedatangan Samsung Galaxy S20 Ultra. Baginya, flaship berkamera 108MP ini sungguh istimewa, lebih dari sebatas angka, terdapat sejumlah fitur canggih yang ia sebut akan mengubah momen ordinary menjadi extraordinary.

“Bagi saya, photography itu tidak hanya menjadi sebuah pekerjaan, tetapi sudah menjadi sebuah passion. Mengabadikan momen-momen sudah menjadi sesuatu yang saya lakukan secara naluriah. Saat pertama kali menggunakan Samsung Galaxy S20 Ultra, saya merasa fitur-fiturnya cool banget! Terutama fitur-fitur seperti kamera yang paling sering saya gunakan seperti video 8K, kamera 108 MP, Single Take, Super Steady 2.0, dan Bright Night Mode. Ini bukan hanya sekedar foto dan video biasa, namun bagaimana kita dapat mengabadikan sebuah momen yanmemiliki arti berbeda-beda bagi setiap manusia dan menjadi sebuah memori yang sangat spesial.”

Untuk memberikan inspirasi fotografi di masa #dirumahaja, Ivan ingin membagikan pengalaman dan keseruannya dalam mengabadikan momen dengan Galaxy S20 Ultra.

Optimalkan Video 8K Beresolusi Tinggi

Yap, Anda tidak salah baca! Samsung Galaxy S20 Ultra memang memiliki kemampuan merekam video beresolusi 8K, sebuah modal paling mengesankan baginya dapat bersaing dengan flagship di luar sana.

Menurut Ivan Mario fitur resolusi 8K ini juga sangat berguna bagi seorang photographer, terutama bagi mereka yang senang mendokumentasikan kehidupan di dalam sebuah frame gambar. Tambahan fitur Smart View memberikan kemudahan kepadanya untuk memutar video secara berulang-ulang melalui perangkat televisi.

Jika di dalam video terdapat momen yang seru untuk dicapture, Ivan tinggal melakukan 8K Snap, sebuah fitur cropping dan zoom yang dimiliki oleh Galaxy S20 series, yang dapat meng-capture foto dari video 8K menjadi sebuah foto dengan kualitas 33MP. Keuntungannya apa? Tentu dong, dengan fitur ini Anda jadi mudah untuk memperoleh foto dari frame-frame video tanpa khawatir kehilangan kualitasnya.

Tangkap Detail Terkecil

Meskipun angka resolusi bukan segalanya, tetapi Ivan menyebutkan bahwa resolusi di Galaxy S20 Ultra ini lebih dari sekadar angka. Karena hasil bidikannya setara dengan detail yang ditangkap oleh kamera DSLR.

“Menurut saya, kamera dengan resolusi 108MP pada Galaxy S20 Ultra lebih dari sekedar angka. Saya senang sekali menguji kualitasnya ketika mengambil foto dengan kumpulan warna yang beragam dalam satu frame. Selain itu, kamera dengan resolusi 108MP biasanya memiliki bentuk yang besar, serta harga yang mahal, dengan Galaxy S20 Ultra, saya cukup menggunakan
smartphone untuk mendapatkan kualitas gambar yang bagus.” ujar Ivan.

Selain menghasilkan detail dan warna yang berkualitas, kamera beresolusi 108MP juga
memudahkan Ivan ketika mencetak hasil foto tersebut. Hasil foto tetap tajam bahkan dalam
kanvas berukuran 1 meter sekalipun. “Buat kami di Axioo foto-foto yang kami ambil juga seringkali perlu dicetak untuk klien kami, dan tentunya hasilnya harus maksimal dan sama dengan yang terlihat di kamera. Dengan sensor sebesar ini punya foto besar yang akan dipanjang di dinding rumah ga perlu khawatir lagi, S20 Ultra jadi bikin semua orang mampu mengabadikan momen mereka dan menampilkannya pada frame besar di sudut rumah mereka.” Pungkasnya dengan bersemangat.

Sekali Jepretan, Abadikan Banyak Momen

Trik ini bukan hal baru. Dengan menjepret banyak foto dalam sekali bidik memberikan alternatif yang fleksibel kepada fotografer untuk memilih hasil yang paling bagus.

Samsung mengakomodir kebutuhan ini dengan membenamkan fitur Single Take. Fitur yang memberikan rasa aman dan nyaman saat tidak bisa memilih mode bidikan untuk momen-momen tertentu. Karena hanya dengan sekali jepretan, kita dapat menghasilkan hingga 10 foto dan 4 video dengan style yang berbeda-beda.

“Single Take merupakan sebuah gebrakan yang simple, namun sangat impactful bagi para
photographer. Sebagai seorang photographer, fitur Single Take ini sangat membantu karena
saya tidak perlu repot-repot untuk memilih video atau foto. Dengan fitur Single Take, Galaxy S20 series secara otomatis memberikan pilihan untuk hasil yang diinginkan. Kalau dulu perlu 3 orang untuk memotret 1 momen dengan banyak output, sekarang cukup hanya dengan menggunakan sebuah smartphone saja, ini pinter sekali sih” kata Ivan.

Di dalam perangkat canggih ini terbenam teknologi kecerdasan buatan (AI) yang secara cerdas mengatur kamera mana yang akan diaktifkan. Membantu pengguna untuk mendapatkan hasil bidikan yang beragam dalam satu kali jepretan foto.

Berekspresi dalam Gerakan Lebih Jauh Lagi

Rintangan yang banyak dijumpai fotografer yang menggunakan DSLR biasanya berkaitan dengan cahaya, lokasi objek dan rumitnya pergerakan. Akibatnya, mereka dituntut untuk meningkatkan kemampuan dengan membeli lensa atau peralatan baru yang harganya cukup mahal.

Tetapi di Galaxy S20 Ultra, ada fitur Super Steady 2.0 yang membuat penggunanya tidak perlu membawa perangkat tambahan untuk dapat mengambil momen-momen berharga saat bermain dan berlari-lari dengan anak-anak.

Dengan mengombinasikan teknologi AI Motion Analysis dan Improved Anti-rolling Stabilizer, fitur Super Steady 2.0 dapat menghasilkan gambar yang super stabil – bahkan ketika diambil sambal berlari!

“Untuk mendapatkan hasil video yang lebih maksimal dan minim guncangan, sebelum melakukan pengambilan video, ada baiknya jika kita menentukan terlebih dahulu pergerakan-pergerakan yang akan dilakukan untuk menghasilkan video dengan gerakan yang lebih stabil dan terarah,” lanjut Ivan.

Foto Low Light Dramatis Lebih Mudah

Untuk memainkan cahaya, fotografer harus mampu mengatur ISO dengan tepat. Jika tidak, maka hasilnya akan noise dan kurang optimal. Nah, untuk mengakomodasi kebutuhan fotografi di malam hari tanpa banyak bermain ISO, Samsung Galaxy S20 Ultra menawarkan fitur Bright Night. Hasilnya, foto jepretan Ivan sangat cerah tanpa banyak noise.

“Saya lihat Galaxy S20 menggunakan pengaturan ISO yang kecil untuk fitur Bright Night-nya
sehingga gambar tetap terlihat lebih detail dan jernih bahkan dalam keadaan minim cahaya
sekalipun, what a smart move. Apalagi S20 ini punya teknologi Nano Binning yang menggabungkan 9 pixel menjadi 1 pixel untuk hasil yang lebih vibrant, tanpa kehilangan detail
dari sebuah gambar. Terkadang untuk mencapai gambar yang terang kita terpaksa mengunakan flash, namun seringkali bikin hasil foto tidak natural. Saya merasa S20 Ultra sangat bantu buat ambil gambar low light menjadi sebuah gambar yang lebih terang , jernih tanpa menghilangkan momen asli yang mau saya dapat” ujar Ivan.

Fitur Pro Mode pada Galaxy S20 Ultra juga tersedia jika pengguna ingin mengatur ISO dan shutter speed untuk hasil yang sesuai dengan kebutuhan. Sehingga kita dapat menghasilkan gambar yang menyerupai seorang profesional, lebih mudah lagi.

“Saya sangat merekomendasikan Samsung Galaxy S20 Ultra untuk para para pecinta foto.
Karena tidak hanya kemampuannya untuk menghasilkan gambar berkualitas terbaik, namun juga fitur-fitur tambahan yang semakin memudahkan kita untuk mengabadikan dan mengubah momen yang ordinary menjadi extraordinary!” tutup Ivan.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru