4 Tips Optimasi Facebook Marketplace Agar Promosi Online Makin Efektif

Marketplace adalah fitur jualan yang disediakan oleh Facebook, di mana penjual dan pembeli dapat saling menjawab kebutuhan dengan bertransaksi jual dan beli. Facebook Marketplace ini gratis, bisa dipakai semua pengguna tanpa harus membuat akun khusus lagi.

Facebook Marketplace bekerja dengan cara yang tidak bisa dari marketplace-marketplace yang sudah ada. Di platform ini, ada beberapa hal yang jadi preferensi utama, yaitu lokasi, pembaruan dan kategori.

Lokasi

Memanfaatkan fitur GPS yang ada di perangkat, Facebook akan menyaring dan menampilkan produk berdasarkan radius dari titik Anda berada, mulai 10km sampai dengan 60km. Artinya, produk yang direkomendasikan adalah produk yang berada paling dekat dengan pembeli.

Pembaruan

Selain lokasi, Facebook Marketplace juga cenderung menampilkan produk-produk yang baru saja diunggah ke platformnya.

Kategori

Terakhir, Facebook Marketplace juga menonjolkan pengelompokan produk berdasarkan kategori-kategori tertentu. Kategori ini nantinya akan muncul di bagian teratas laman Facebook Marketplace, mendorong pengguna untuk secara aktif menggunakan penyaringan menggunakan kategori.

Tips Optimasi Facebook Marketplace

Meskipun Facebook Marketplace sudah memiliki caranya sendiri dalam mengurutkan dan menampilkan produknya ke pengguna. Sebagai pembeli, Anda tetap punya kesempatan untuk melakukan optimasi agar produk Anda tampil di urutan teratas dan juga terdepan.

Gunakan Kata Kunci di Judul dan Deskripsi Produk

Berdasarkan pengalaman menggunakan Facebook Marketplace, saya merasa bahwa fitur pencarian termasuk yang paling sering saya gunakan. Karena, dengannya saya tidak harus scroll sepanjang laman.

Dari pengamatan yang saya lakukan, hanya produk-produk yang memiliki relevansi dengan keyword yang saya gunakan yang muncul di barisan teratas. Artinya, Anda pun bisa mengoptimalkan fitur pencarian dengan cara menyematkan kata kunci di judul dan juga deskripsi produk.

Untuk menentukan kata kunci, Anda dapat menggunakan fitur pencarian di Facebook Marketplace dan mengambil kata kunci rekomendasi yang diberikan.

Atau, Anda dapat memposisikan diri sebagai pembeli. Lalu bayangkan kira-kira kata kunci apa yang akan Anda cari jika Anda sedang mencari camilan keripik pisang.

Yang terpikirkan biasanya tidak akan jauh dari kata kunci, keripik pisang murah, keripik pisang manis, keripik pisang coklat, keripik pisang renyah.

Keempat kata kunci ini bisa jadi alternatif, tinggal Anda sesuaikan dengan produk yang Anda jual.

Setelah mendapatkan kata kunci, posisikan kata kunci tersebut di awal judul lalu ikuti dengan brand produk Anda.

Kemudian pastikan kata kunci tersebut juga muncul di deskripsi produk. Bagaimana bunyi dan formatnya, tidak ada aturan baku, silahkan bereksperimen dengan kreativitas masing-masing.

Posting Produk yang Sama di Kategori yang Berdekatan

Ketika memposting produk jualan, Anda akan diminta memilih kategori yang relevan. Nah, ini bisa jadi celah optimasi berikutnya. Caranya, posting produk yang sama kemudian pilih kategori-kategori yang berdekatan.

Misal, post pertama Anda pilih kategori makanan. Kemudian di post kedua, pilih kategori rumah tangga. Dan lanjutkan ke post ketiga (produk yang sama dengan post pertama dan kedua) di kategori lain yang sekiranya masih berdekatan.

Tapi ingat, untuk menggunakan strategi ini, Anda wajib menggunakan foto yang berbeda dan judul yang dimodifikasi agar tidak terlihat duplikat.

Post Produk di Lokasi yang Berbeda

Selain kategori, Anda juga nantinya diminta mengisi titik lokasi. Ini juga bisa jadi celah optimasi. Jadi, selain membedakan kategori, Anda juga membedakan titik lokasi produk, asalkan masih berada di kota yang sama.

Lalu bagaimana cara Facebook membedakan lokasi? Mereka menggunakan kodepos untuk membedakan satu lokasi dengan lokasi lainnya. Jadi, walaupun masih dalam satu kota, jika Anda pindahkan ke kecamatan lain, Facebook tidak akan menganggapnya sebagai lokasi yang sama.

Repost Ulang Produk yang Sama Seminggu Sekali

Ini juga tips yang tidak kalah powerful. Mengapa perlu respot ulang produk dalam jangka waktu tertentu? Kembali ke cara kerja Facebook Marketplace, di mana produk-produk terbaru akan ditampilkan di rekomendasi terdepan setelah parameter lokasi diterapkan.

Apa Keuntungan yang Didapatkan dari Metode ini?

  • Cara ini akan memberikan kesempatan kepada produk Anda untuk tampil di banyak kategori, banyak lokasi dan juga ketika Facebook merekomendasikan produk-produk baru.

Apakah Facebook Melarang Metode ini?

  • Dari eksperimen yang saya lakukan, Facebook tetap menyetujui produk-produk yang saya kirimkan. Dengan syarat, foto dan judul produk dimodifikasi sedemikian rupa.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Internet
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru