Tips Memperluas Bisnis Kelontong Online di Tengah Pandemi

Pandemi memukul hampir sebagian besar bisnis. Tapi di saat sejumlah bisnis melemah karena rendahnya permintaan, sektor digital khususnya yang bergerak di bidang jual beli pangan kebutuhan pokok secara online justru meningkat.

Ini sebuah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Apakah Anda memang pebisnis yang menggeluti kategori bisnis pangan atau Anda yang melakukan pivot agar bertahan, tren ini semestinya jadi pertanda bahwa di balik kesulitan akan selalu ada jalan.

Sarah Humaira, VP and Head of Marketing Zilingo membeberkan 5 tips utama untuk para pelaku bisnis kelontong untuk mengembangkan bisnisnya dalam menghadapi permintaan konsumen.

Credit image: Pixabay.

Gunakan Promo untuk Menggaet  Pelanggan Baru dan Pertahankan Pelanggan Lama

Jika bisnis Anda menjual makanan dan minuman online, jangan lupa sesekali memberikan promosi yang menarik untuk memikat pelanggan setia Anda ke toko Anda.

Karakteristik konsumen Indonesia yang relatif mudah tertarik dengan harga murah dan promo bisa jadi salah satu celah untuk dimanfaatkan dalam artian yang positif.

Pahami Lokasi Target Pasar Anda

Jika ingin membuka bisnis makanan atau minuman online, Anda dapat berkonsentrasi di kota-kota besar terlebih dahulu. Setelah bisnis Anda mendapat respons yang baik, Anda dapat mempertimbangkan untuk berekspansi ke area lain.

Pertahankan Mutu dan Kualitas Produk dan Layanan

Jangan sampai Anda kehilangan kepercayaan pelanggan Anda dengan menjual barang berkualitas rendah secara online, khususnya barang-barang yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari, di mana pelanggan mengharapkan kualitas terbaik untuk rumah tangga mereka dan sering kali tidak memeriksa produk sebelum membeli.

Sesuaikan Penawaran Bisnis Anda dengan Kebutuhan Konsumen

Kesadaran kesehatan konsumen mempengaruhi perilaku mereka dalam memilih produk bahan makanan ini sangat relevan sejak wabah COVID-19 hadir di dunia. Ada kesempatan besar bagi bisnis Anda untuk menawarkan makanan dan minuman yang sehat dengan lini produk yang dapat disesuaikan.

Perbannyak Pilihan Produk

Salah satu alasan utama meningkatnya tren belanja online di Indonesia adalah karena pembeli dapat secara terbuka membandingkan harga, kualitas, layanan, dan promosi di antara berbagai penjual.

Mulai menampilkan usaha dan brand Anda secara online juga merupakan sebuah keputusan yang bagus. Bisa dimulai dengan mempersiapkan domain untuk bisnis, kemudian mempelajari beberapa hal tentang pemasaran digital dari ahlinya. Pemahaman SEO juga perlu dikuasai untuk mendorong presensi brand di mesin pencari.

Internet
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru