Tips Ampuh Membuat Loading Website Anda Makin Cepat

Pernah merasa membuka website tapi loading-nya sangat lama? Atau hal itu terjadi pada website yang Anda kelola? Jika iya, segera lakukan audit pada websitemu. Loading yang lama bisa mempengaruhi SEO dan sudah pasti visitor akan malas membaca artikel atau konten yang ada di dalam website.

Sebelum membuat website cepat loading, sebaiknya ketahui dulu mengapa loading website itu sangat penting. Berikut penjelasannya:

Pentingnya Loading Website yang Cepat

  1. Bagus untuk SEO

Kecepatan loading pada website akan mempengaruhi kenyamanan bagi pengunjung website, mengingat kecepatan merupakan dasar algoritma ranking oleh mesin pencari. Kalau website Anda lambat, sudah pasti mesin pencari seperti Google tidak akan memprioritaskan halaman tersebut dan lebih memilih kompetitor website dengan keyword yang sama.

  1. Visitor Website Menurun

Tahukah Anda, jika pengunjung website hanya bertahan sekitar 3 detik (menurut penelitian). Bayangkan jika mereka mengunjungi website dengan loading yang lama, belum sempat membaca konten, mereka langsung pergi.

  1. Pendapatan Menurun

SEO tidak teroptimasi karena loading website lambat dan visitor website yang semakin turun akan mempengaruhi pendapatan Anda. Apalagi jika Anda menggunakan website sebagai media bisnis online, jangan sampai loading lambat dan mempengaruhi proses transaksi jual beli di dalam website.

  1. Conversion Rate Menurun

Ada survey yang telah melakukan penelitian mengenai hal ini. Sekitar 60%  konsumen di Amerika dan Inggris tidak jadi membeli produk jika loading website nya lambat. Perlu diketahui, conversion rate merupakan persentase pengunjung yang membeli produk di website Anda.

Cara Membuat Website Loading Cepat

Jangan khawatir jika loading website Anda lambat, karena sebenarnya masih bisa di atasi dengan tips di bawah ini:

  1. Ketahui Seberapa Lambat Website Anda

Untuk melakukan pengecekkan kecepatan website sebenarnya caranya mudah karena tidak perlu dilakukan pengecekkan manual. Anda bisa menggunakan tools otomatis seperti Pingdom dan GTMetrix dengan hanya memasukkan URL websitenya saja.

Nantinya setelah pengecekkan, Anda akan mendapat gambaran mengenai kendala-kendala dalam website. Selain itu, PageSpeed Score juga akan ditampilkan.

  1. Periksa Performa Server Website

Jangan salah! Performa server website akan sangat berpengaruh pada loading website Anda. Pastikan Anda menggunakan domain dan hosting yang baik. Setiap penyedia layanan domain dan hosting tentunya menggunakan teknologi berbeda-beda.

Dibutuhkan layanan hosting yang sudah mendukung fitur kecepatan website, misalnya fitur WordPress Accelerator atau LiteSpeed. Apakah biayanya mahal? Tentu tidak, Anda bisa memilih domain murah yang didukung dengan fitur kecepatan website di Niagahoster dengan harga terjangkau.

Jangan lupa juga memilih server yang lokasinya dekat dengan pengunjung target, misalnya jika target visitor Anda adalah Indonesia, gunakan server yang berada di Indonesia juga.

  1. Lakukan Optimasi Pada Gambar

Cara membuat loading website cepat selanjutnya adalah melakukan optimasi pada gambar. Hal ini sering dianggap spele, banyak orang mengunggah gambar dengan ukuran nyata, tanpa di compress terlebih dulu. Jika gambar yang di unggah hanya satu atau dua mungkin tidak terlalu bermasalah, tapi bagaimana jika yang diunggah itu sampai ratusan gambar?

Jangan lupa untuk melakukan optimasi pada gambar sebelum mengunggahnya ke dalam website. Jika sudah terlanjur, Anda bisa menggunakan plugin optimasi gambar seperti SMUSH, Imsanity, dan plugin lainnya.

  1. Aktifkan CDN di Website

CDN atau Content Delivery Network seperti MaxCDN atau Cloudflare banyak digunakan untuk membantu website mempercepat loadingnya. CDN akan membantu mempercepat pengiriman data lewat jaringan server pada lokasi yang paling memungkinkan. CDN ini sangat efektif untuk website yang sudah memiliki visitor yang banyak dan memungkinkan website diakses secara global.

Cara membuat website loading cepat yang telah dijelaskan di atas bisa jadi referensi untuk mengatasi loading yang lambat. Segera praktekkan sebelum Anda kehilangan pendapatan dan trafik menurun!

Gambar header Pixabay.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru