Tingkatkan Efisiensi Biaya, Garuda Indonesia Adopsi Teknologi Milik Alibaba Cloud

Seperti yang kita tahu, pandemi COVID-19 memicu pembatasan perjalanan secara global. Alhasil, semua maskapai penerbangan, tidak peduli besar ataupun kecil, terkena dampaknya. Situasi seperti ini, kalau menurut Garuda Indonesia, menyebabkan adanya peningkatan permintaan maskapai akan akselerasi transformasi digital.

Tujuannya tidak lain supaya maskapai penerbangan bisa tetap sigap dan sanggup bersaing melalui implementasi teknologi informasi yang disederhanakan, namun di saat yang sama juga telah disempurnakan untuk memberikan efisiensi. Demi mewujudkannya, Garuda Indonesia pun menunjuk Alibaba Cloud untuk menjadi penyedia layanan cloud resmi buat mereka.

Sokongan teknologi dari Alibaba Cloud pada dasarnya dirancang untuk mengurangi latensi jaringan maskapai, serta meningkatkan kinerja sekaligus reliability dari beberapa layanan digital milik Garuda Indonesia, mulai dari situs korporat sampai layanan ticketing-nya. Bukan cuma itu, waktu yang diperlukan untuk merilis aplikasi baru beserta update-nya secara keseluruhan tentu dapat dipersingkat.

Hasil akhir yang diharapkan tentu saja adalah peningkatan efisiensi biaya, dan kalau menurut Pungky Prasetyawan selaku Head of IT Digital Transformation di Garuda Indonesia, peningkatannya bisa mencapai angka sebesar 60%, dan ini tentu sangat krusial jika melihat kerugian besar yang dialami oleh banyak maskapai selama masa pandemi.

“Di tengah situasi yang penuh tantangan saat ini, perusahaan harus mampu beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, salah satu caranya dengan memperkuat aset digital guna memberikan pengalaman digital yang mulus bagi pelanggan. Kami harap kerja sama dengan Alibaba Cloud ini dapat mendukung upaya kami dalam mengimplementasikan strategi efisiensi biaya dengan dukungan teknologi informasi, khususnya teknologi cloud,” tambah Pungky dalam siaran persnya.

Gambar header: Depositphotos

Internet
oleh Glenn
Artikel Terbaru