Teknologi Honda untuk Kenyamanan dan Keamanan Berkendara

Nama Honda identik dengan kendaraan otomotif baik roda dua taupun empat. Padahal inovasi yang dihadirkan Honda tidak terbatas pada alat transportasi saja. Beberapa project yang juga digarap oleh Honda antara lain, pembuatan robot, kompetisi balap dan juga pesawat jet.

Cakupan bisnisnya yang bervariasi menegaskan bahwa Honda punya kemampuan yang sangat baik untuk menciptakan sebuah produk yang mewarisi sejarah dan juga etos kerja mereka. Tak ayal, sejumlah teknologi juga lahir untuk ceruk pasar yang sudah sejak lama mereka geluti, otomotif. Nah, berikut ini adalah daftar teknologi terbaru Honda yang menawarkan keamanan dan kenyamanan berkendara.

Enhanced Smart Architecture Frame (ESAF)

Teknologi ini menggunakan rekaya arsitektur, memungkinkan motor dirancang dan ditata sesuai kebutuhan. ESAF mampu menganalisa pembagian beban, titik berat dan juga tekanan pada kendaraan. Kemudian dari analisa tersebut akan diperoleh data yang berguna untuk mengurangi bobot rangka sembari tetap mempertahankan kekuatannya.

Benefitnya apa?

Teknologi ESAF yang sudah tertanam di motor Honda Genio dan Honda BeAT keluaran 2020 ini tidak hanya memberikan efisiensi bahan bakar tapi juga memudahkan pengendara untuk melakukan manuver dan pengendalian.

Enhanced Smart Power (eSP)

Teknologi ini pastinya sudah terdengar familiar di telinga Anda. Yap, dibenamkan di seri terbaru Honda BeAT, eSP menjadi salah satu kelebihan yang membuat beAT 2020 selalu terdepan dalam hal efisiensi.

eSP mengusung pendekatan terdepan dan terkini dalam hal efisiensi. Tingkat kompresinya jauh lebih tinggi, stroke yang juga relatif lebih panjang, penggunaan W-Cog belt yang lebih presisi yang minim gesekan.

Idling Stop System (ISS)

Mengendarai matic di jalanan perkotaan yang pada sangat menantang, terutama di jam-jam sibuk. Persimpangan dan kondisi jalan yang padat memaksa kita untuk sering berhenti tapi harus siap jalan kapanpun.

Nah, di motor matic Honda terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi Idling Stop System yang memungkinkan mesin mati saat berhenti lebih dari 3 detik dan siap untuk jalan kembali hanya dengan menarik tuas gas. Canggih, kan?

Pengembangan Android Auto

Teknologi ini memang baru lazim dijumpai di dashboard kendaraan roda empat keluaran Honda. Beberapa tipe yang didukung oleh Android Auto adalah Accord 2016, Civic 2016, Clarity Fuel Cell 2017, CR-V 2017,  Fit 2018, Freed 2017, Odyssey 2018,  Pilot 2017, dan Ridgeline 2017.

Tetapi adopsi Android Auto ke motor bukan sebuah hal yang mustahil, sebab Honda sendiri sudah memulai project itu pada tahun 2020, belum lama ini. Memang masih terbatas untuk model Gold Wing.

Namun dengan perkembangan teknologi yang cepat, bahkan sangat cepat. Rasanya saya cukup optimis motor-motor yang biasa kita jumpai di pasar Indonesia suatu saat juga akan mendukung Android Auto.

Kehadiran Android Auto memungkinkan pengendara untuk mengakses aplikasi musik, media, dan pesan di sepeda motor. Dengan dukungan Google Assistant, pengendara dapat fokus tapi tetap terhubung, dan terhibur.

Artikel ini didukung oleh Nambo Motor – Dealer Resmi Honda Tangerang

Lifestyle
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru