[Panduan Pemula] Rumus dan Cara Menjumlahkan di Microsoft Excel

[Panduan Pemula] Rumus dan Cara Menjumlahkan di Microsoft Excel

Menjumlahkan data di Microsoft Excel membutuhkan rumus tertentu, bahkan untuk penghitungan data yang paling sederhana sekalipun. Ada beberapa pilihan rumus yang bisa dipakai terkait penjumlahan, tergantung apa yang sedang dihadapi.

Nah, di panduan pemula kali ini Trikinet akan membahas cara menjumlahkan di Excel untuk data baris dan juga kolom, menggunakan operator plus (+) dan juga SUM.

Menjumlahkan Baris atau ke Bawah Menggunakan Fungsi (+)

Ada beberapa rumus yang bisa digunakan, tergantung data yang ingin dihitung. Untuk menghitung penjumlahan dua atau tiga data, Anda bisa menggunakan rumus yang paling sederhana, sebagai berikut:

=dataA1+dataA2+dataA3+dataA4

Rumus penjumlahan di atas akan kita gunakan di tutorial ini, kita coba rumus yang pertama. Namun perlu dicatat bahwa kedua rumus sering kali digunakan berurutan guna mempermudah proses penghitungan seluruh data.

  • Anggap kita punya data seperti ini, kita mau menghitung kolom jumlah total penjualan Sales 1 (tanda panah). Maka rumus yang paling sederhana adalah dengan menggunakan =data C2+C3+C4+C5+C6  lalu tekan enter. Hasilnya adalah 103.

  • Baris pertama kolom jumlah sudah selesai, nah untuk menghitung baris tersisa Anda tidak perlu mengetikkan rumus di atas secara manual. Cukup letakkan kursor di baris C7 atau yang sudah dihitung tadi, kemudian arahkan kursor ke sudut kanan bawah lalu klik tarik sampai ke baris terakhir G7.
  • Hasilnya, semua baris sudah terisi dengan hasil penjumlahan yang benar.

cara menjumlahkan di excel_2

Menjumlahkan Kolom Excel atau ke Samping Menggunakan Fungsi (+)

Untuk menjumlahkan data Excel ke samping, caranya sama persis, fungsi rumusnya juga sama tetapi mungkin penggunaan kolomnya yang berbeda. Ini adalah rumusnya, di mana 1 adalah baris data.

=dataA1+dataB1+dataC1+dataD1

  • Jadi, kita punya data seperti ini. Yang mau dihitung adalah baris H2, maka rumusnya adalah =C2+D2+E2+F2+G2 lalu tekan enter. Maka akan keluar hasil penjumlahannya.

  • Kemudian untuk menghitung baris lainnya, Anda cukup mengarahkan kursor ke H2 lalu menarik bagian sudut ke arah bawah sehingga seluruh baris di kolom H akan terisi dengan jumlah yang sesuai dengan data di masing-masing kolom. Bahkan termasuk jumlah Total untuk total di kolom C sampai dengan H juga keluar.

Menghitung Penjumlah dengan Fungsi SUM ke Bawah dan ke Samping

Sementara untuk menghitung penjumlahan berupa total baris/kolom penuh yang biasanya terdiri dari banyak data, lebih praktis menggunakan rumus ini:

=sum(seluruhbarisdataA)

  • Penjumlahan kedua (sum) biasanya digunakan untuk menghitung total data di dalam satu baris atau kolom.
  • Misalnya, kita mau menghitung jumlah total kolom Laki-laki, caranya ketikkan rumus =sum(seluruhdatabaris Laki-laki) lalu tekan enter.
  • Setelah hasilnya didapat, Anda dapat menghitung jumlah total di kolom lain dengan mengklik dan tarik kotak ke kolom berikutnya.

rumus dan cara menjumlahan di excel
Rumus penjumlahan di Excel ini dapat diterapkan untuk beberapa kolom atau baris. Dan susunannya tidak harus berada dalam satu baris atau kolom. Anda tingal mengkreasikan rumus untuk data yang diinginkan. Selamat mencoba!

Sumber gambar header Pixabay.

Artikel Menarik Lainnya