Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca

Cara Mengatasi SIM Card yang Tidak Terbaca

Permasalahan terhadap smartphone sering kali kita temui dalam kehidupan sehari-hari, baik dari device tersebut yang bermasalah ataupun komponen lainnya. Permasalahan seperti kartu SIM yang tidak terbaca juga mungkin pernah menimpa anda dan siapapun di sekeliling anda, hal ini tentu saja merugikan karena akan menyulitkan anda untuk berkomunikasi maupun menggunakan internet. 

Ada berbagai alasan permasalahan tidak terdeteksinya Kartu SIM (SIM Card) seperti masalah kebersihan sehingga dengan membaca artikel ini juga akan memberikan informasi terkait cara membersihkan SIM Card untuk perangkat anda.

Permasalahan Kartu SIM yang tidak terbaca juga sering kali bisa jadi pertanda bahwa kartu SIM yang anda gunakan telah rusak dan mengakibatkan nomor yang anda gunakan tidak bisa digunakan kembali. Tapi anda tidak perlu khawatir, berikut ini ada berbagai cara untuk membantu anda dalam mengatasi kartu SIM yang tidak terbaca :

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca di Samsung

  • Buka dan bersihkanlah Kartu SIM anda

cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di xiaomi

Langkah awal ini bisa dilakukan anda untuk melihat apakah kartu yang anda gunakan sudah bersih dari debu-debu yang bisa mengganggu kerja dari kartu tersebut, kemudian setelah dibersihkan, coba untuk memasukan kembali kartu SIM anda dan aktifkan kembali smartphone anda hingga Kartu SIM anda terlihat bisa kembali terhubung pada jaringan komunikasi. 

  • Perbarui OS Android Anda

cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di hp oppo

Apabila langkah diatas tadi tidak bisa untuk mengatasi kerusakan pada kartu SIM anda, coba untuk perbarui update OS Android anda, karena langkah ini biasanya bisa mengatasi semua masalah bug dan juga kerusakan pada sistem smartphone anda. 

  • Gunakan Ponsel Lain Apabila Merasa Kartu SIM Rusak

Langkah kedua yang bisa anda ikuti apabila kartu SIM anda masih tidak bisa terbaca adalah dengan mencoba kartu SIM anda pada smartphone lain untuk memastikan apakah kartu SIM anda benar-benar rusak atau kesalahan ada pada perangkat anda. 

  • Pergilah Ke Customer Service untuk Konsultasi 

Opsi ini bisa dibilang adalah opsi terakhir untuk anda apabila cara-cara diatas tidak membuahkan hasil, yaitu dengan pergi ke pelayanan smartphone anda untuk mengetahui sumber masalah yang terdapat pada smartphone anda. Jangan lupa untuk membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang biasanya sering kali digunakan untuk syarat dalam mencetak ulang kartu SIM anda apabila dirasa rusak.

Langkah-langkah diatas adalah cara mengatasi kartu SIM yang tidak bisa terbaca oleh smartphone anda, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan perangkat anda dan berhati-hati ketika ingin mengeluarkan maupun memasukan kartu SIM anda. 

Gambar Header pixabay

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *