5 Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

5 Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Di masa pandemi yang serba sulit saat ini, peluang usaha online bisa jadi salah satu opsi untuk menjaga agar dapur tetap ngebul. Tidak hanya karena bisnis online makin diminati, juga karena bisa dikerjakan dari rumah sehingga ibu-ibu rumah tangga sekalipun bisa ikut ambil bagian.

Nah, berikut adalah beberapa peluang bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah dengan modal relatif terjangkau.

Dropship

5 Peluang Usaha Online Modal Kecil yang Bisa Dikerjakan dari Rumah

Peluang usaha online yang satu ini sudah sejak satu dekade terakhir menjadi primadona. Skema bisnis ini merupakan turunan dari skema reseller, bedanya dengan dropship Anda tidak harus mengeluarkan modal sebagai stok awal.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menemukan suplier yang membuka program dropship, kemudian mendaftarkan diri dan mempromosikan produk ke platform online yang ada, misalnya Facebook, Instagram, Twitter bahkan termasuk marketplace semacam Tokopedia, Shopee dan BukaLapak.

Freelance Jasa

Freelance tentu bukan hal yang baru di Indonesia, dan barangkali Anda pun mengetahui definisi dan jenis pekerjaannya. Ada banyak jenis freelance yang bisa Anda tekuni, tergantung keahlian yang Anda kuasai.

Beberapa peluang usaha freelance yang bisa jadi alternatif, antara lain:

  • Menjadi penulis lepas di media online atau blog.
  • Mengikuti project melalui situs-situs freelance seperti Freelancer dan Sribulancer.
  • Menjadi programmer lepas, bisa untuk project atau mengajukan diri ke perusahaan ataupun startup.
  • SEO Specialist
  • Data entry
  • Virtual assistant
  • Dan lain-lain

Affiliate

Bisnis online yang satu ini mungkin belum terlalu familiar di telinga banyak masyarakat Indonesia, tapi mulai berkembang. Buktinya, hampir semua e-commerce dan marketplace lokal menawarkan program berbagi komisi ini. Mulai dari Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Blibli, Lazada hingga Bhineka.

Affiliate sebenarnya memiliki arti yang sama dengan makelar di dunia bisnis konvensional. Jadi, Anda akan bertugas menjajakan produk baik fisik ataupun digital, kemudian mendapatkan potensi komisi dari setiap penjualan yang terjadi.

Berikut adalah beberapa program affiliate yang bisa Anda coba ikuti: 5 Program Affiliate Indonesia, Peluang Dapat Duit Online Tanpa Modal.

Bisnis Blogging

Membuat Blog dengan Blogger
Membuat Blog dengan Blogger

Menjadi blogger terkesan eksklusif ya, walaupun sebenarnya hampir semua orang dengan latar belakang apapun bisa jadi blogger. Hanya saja, karena sedikit banyak dituntut menguasai kemampuan teknis, maka bisnis blogging mayoritas diemban oleh anak-anak muda.

Jika ingin belajar cara bikin blog, baca artikel berikut dan juga ini.

Menjadi blogger berarti Anda harus bisa menulis, entah berupa tips, berita atau hal lain yang berguna bagi pembaca. Nantinya, di blog yang Anda kembangkan, Anda dapat memasang iklan baik melalui program PPC atau slot iklan mandiri, menawarkan langsung ke brand atau perusahaan.

Tutor Online

Belakangan, tren belajar online menjadi fenomena baru. Tidak hanya pelajaran sekolah saja yang beralih ke platform digital, tapi beberapa sektor lain pun ikut serta bertransformasi. Ini bisa jadi peluang baru, misalnya jika Anda punya kemampuan memasak, Anda bisa membuka kelas memasak online dari rumah dan peserta juga dapat mengikuti dari tempat mereka masing-masing.

Tidak terbatas pada satu keahlian saja, Anda yang misalnya punya pengalaman fotografi, Anda juga bisa membuka kelas-kelas online berbayar untuk mereka yang ingin meningkatkan kemampuan dirinya.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *