10 Peluang Bisnis Berbasis Online untuk Mahasiswa

 10 Peluang Bisnis Berbasis Online untuk Mahasiswa

Menemukan peluang bisnis terutama yang berbasis online untuk mahasiswa sebenarnya tidak terlalu sulit asalkan mau dan punya komitmen untuk menjalankannya. Apalagi kesadaran akan investasi dan bisnis makin tumbuh di kalangan milenial, terutama pilihan bisnis berbasis digital.

Salah satu faktor mengapa anak muda cenderung menyukai bisnis online dibandingkan konvensional adalah karena bisnis berbasis digital dapat dikerjakan dari rumah, tanpa terikat waktu dan juga terlihat lebih modern.

Pilihannya juga beragam. Nah, berikut adalah 10 peluang bisnis online yang cocok dijalankan oleh mahasiswa atau generasi muda.

Jasa Terjemah

Translate Computer Key In Showing Online Translator: Depositphotos.

Ini bisa dibilang bisnis mudah yang gak ada matinya karena sejak internet belum semarak sekarang sampai semua serba terhubung ke internet, bisnis jasa terjemahan masih terus eksis. Bedanya, Anda kini dapat menjangkau pasar yang lebih luas sebab Anda bisa menawarkan jasa terjemah Anda ke lebih banyak orang di luar sana yang bahkan tidak pernah bertatap muka.

Jasa Tulis Artikel

Peluang bisnis online untuk pelajar dan mahasiswa berikutnya adalah membuka jasa penulisan artikel. Anda bisa menjalankan bisnis ini sendirian atau mengerjakannya bersama teman. Bentuk tim yang terdiri dari beberapa orang, buat nama usaha, kemudian tawarkan jasa tulis Anda melalui forum-forum, grup Facebook, blog dan juga media.

Dropshiper

Menjadi dropshiper bukan pilihan yang buruk bagi mahasiswa, sebab tugas Anda hanya menawarkan produk dari suplier secara online ataupun offline. Setelah ada penjualan baru Anda meneruskan pembayaran ke suplier dan suplier lah yang akan mengirimkan barang ke pembeli.

Artinya, Anda relatif tidak harus mengeluarkan modal di awal untuk stok produk. Anda hanya butuh konsistensi dan kreativitas dalam melakukan pemasaran.

Affiliate

Selain dropship, Anda juga bisa mengikuti bisnis affiliate berbasis online ke beberapa ecommerce lokal. Baca artikel 5 Program Affiliate Indonesia, Peluang Dapat Duit Online Tanpa Modal untuk menemukan program affiliate lokal yang bisa diikuti.

Konsep affiliate ini sederhana sebenarnya, namun karena di dalam program ini melibatkan software, sehingga prosesnya sedikit lebih panjang. Namun layak untuk dicoba.

Buzzer

Kesannya jelek ya? Gak selalu sih. Buzzer tidak selamanya identik dengan hoax dan sebar keburukan lawan. Ada juga buzzer yang memang bertugas menyebarkan pesan positif sekaligus tentunya tersemat kepentingan tertentu.

Untuk menjadi buzzer memang dibutuhkan basis pengikut, jadi untuk menjalan peluang bisnis online ini, Anda harus memulai sejak dini dengan cara memperbanyak follower terlebih dahulu.

YouTuber

Rasanya bisnis ini sudah sangat dekat di kalangan mahasiswa, banyak yang mau dan pengen namun memang tidak banyak yang mampu untuk merealisasikannya. Untuk menjadi YouTuber, Anda sebaiknya punya kemampuan berbicara.

5 Tips Mengoptimalkan Youtube untuk Kepentingan Bisnis

Tetapi jika tidak memungkinkan, Anda dapat menggarap topik tertentu yang tidak membutuhkan penampilan fisik, muka atau mempergunakan suara Anda. Misalnya membuat video slideshow yang dominan menggunakan foto dan juga teks.

Jualan di Media Sosial

Ada banyak jenis produk yang bisa dijual di dunia maya, namun tentu Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu kira-kira produk mana yang sudah jenuh dan produk mana yang masih layak jual.

Peluang bisnis jualan di media sosial masih terbuka luas, apalagi kini bermunculan platform-platform yang dirancang untuk memudahkan promosi secara online. Sebut saja Facebook grup, Facebook marketplace dan ada juga Instagram Shopping dan lain sebagainya.

Jualan Pulsa Online

Konsep yang terbilang muda namun potensinya cukup besar. Jika sebelumnya pulsa hanya bisa dibeli di counter, sekarang semua orang yang terkoneksi ke internet punya akses yang mudah ketika membutuhkan entah pulsa atau kuota data.

Anda bisa menggeluti bisnis ini dengan konsep di atas. Selain ke teman dekat, Anda juga bisa menawarkan pulsa ke forum-forum atau membuat situs pengisian pulsa otomatis sehingga orang dapat dengan mudah melakukan pembelian.

Web Developer

Apabila Anda punya keahlian web desain, developer atau sejenisnya, Anda bisa membuka jasa pembuatan website dan juga aplikasi. Ajak beberapa rekan yang punya latar belakang pelengkap bagi skill Anda, kemudian tawarkan jasa Anda ke media sosial, grup Facebook, dan juga forum-forum online.

Permintaan jasa pembuatan website dan aplikasi belakangan terus meningkat seiring pertumbuhan internet dan perubahan cara orang dalam berinteraksi. Sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan misalnya, mereka mulai memikirkan bagaimana caranya bisa punya situs dan aplikasi belajar online sendiri.

Selebgram

Hampir sama dengan buzzer sih sebenarnya, tapi biasanya selebgram mendapatkan uang dari endorse produk atau paid promote.

Endorse hanya satu dari beberapa alternatif monetasi bagi selebram. Ada beberapa peluang pemasukan lain yang bisa dioptimalkan. Ini juga cocok untuk mahasiswa yang sedang membutuhkan bisnis secara digital, apalagi jika Anda punya penampilan menarik atau mampu membuat konten yang unik.

Mulailah pergunakan Instagram untuk memproduksi konten, perbanyak follower dan nantinya Anda akan tiba di fase siap melakukan monetasi.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *