[Panduan Pemula] Mengetahui Produsen "Jeroan" Smartphone Android Xiaomi

Pengguna Xiaomi bisa mengetahui apa sensor kamera dan layar yang digunakan

Tidak dapat dipungkiri bahwa smartphone Android Xiaomi saat ini sudah mendunia. Perusahaan asal Tiongkok ini ternyata mampu menghadirkan smartphone dengan spesifikasi tinggi namun memiliki harga yang rendah.
Xiaomi biasa untuk mengumumkan bahwa mereka menggunakan “jeroan” dari produsen ternama, seperti untuk layar, mereka menggunakan produk dari Japan Display Inc., untuk sensor kamera menggunakan Sony IMX, dan lain sebagainya.
Akan tetapi, Xiaomi juga dikenal sebagai produsen yang selalu memesan peripheral dari dua perusahaan berbeda. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya perbedaan pada smartphone Xiaomi, walaupun memiliki nama yang sama.
Contoh saja, bekas VP Internasional Xiaomi, Hugo Barra, pernah mengatakan bahwa smartphone Xiaomi Mi4i akan menggunakan sensor kamera dari Sony dan Samsung. Beliau pernah mengutarakan bahwa pengguna tidak akan pernah mengetahui perbedaan antar kedua sensor.
Sayangnya, belakangan ini muncul beberapa perangkat Xiaomi yang sama namun memiliki layar yang memancarkan warna berbeda. Satu terlihat kekuningan dan yang satu terlihat putih cerah. Ternyata, yang satu buatan JDI dan yang satu Tianma.
Untuk menghindari kebingungan para pengguna, sebenarnya Xiaomi sendiri sudah memiliki tool yang dapat memeriksa produsen dari layar, sensor kamera, panel sentuh, dan saat ini bahkan vendor RAM.
Xiaomi About Phone
Caranya sangat mudah. Anda tinggal membuka Setting lalu masuk ke About Phone. Ingat bahwa letak About Phone (Tentang telepon) berubah antara MIUI 8 dan sebelumnya dengan MIUI 9.
Pada tampilah About Phone, temukan Kernel Version (Versi Kernel). Kondisinya sama saat Anda menggunakan MIUI 8 ke bawah dengan MIUI 9 ke atas, posisinya bisa berubah. Lalu tap berkali-kali pada tulisan kernel version tersebut (bervariasi antara lima sampai enam kali).
Xiaomi HW Test Screen
Setelah itu, akan muncul tampilan Hardware Test. Pada menu ini, pengguna bisa melakukan berbagai pengujian jika merasa bagian smartphone-nya ada yang rusak. Akan tetapi untuk memeriksa vendor peripheral smartphone, pilih saja Software Version atau Check Version Info (nama berbeda pada setiap smartphone Xiaomi).
Pada tampilannya, Anda akan menemukan barcode IMEI, serial number , dan lain sebagainya. Scroll saja ke bagian bawah, maka akan ditemukan informasi mengenai TP (Touch Panel), LCM (LCD Monitor), Camera information, dan lain sebagainya.
Software ID
Vendor panel sentuh pada contoh gambar di atas adalah Tianma untuk Redmi Note 5 serta Japan Display Inc. untuk Mi 5s. Sedangkan untuk kamera belakang pada Redmi Note 5 adalah buatan Samsung dan pada Mi 5s buatan Sony. Kedua smartphone menggunakan sensor OmniVision pada kamera depannya.
Jadi, sekarang Anda bisa lebih mengenal perangkat Xiaomi yang dimiliki, bukan?

Mobile
oleh Dimas Galih
Artikel Terbaru