[Panduan Pemula] 5 Tips Bertransaksi Aman di Marketplace

Berlaku untuk semua marketplace, baik Tokopedia, Bukalapak ataupun Shopee
template-1599667_640

Di jaman yang serba online ini membuat segala aktivitas  semakin mudah untuk dilakukan. Contohnya kegiatan belanja menjadi mudah sejak maraknya belanja online di marketplace. Namun, kegiatan belanja online tidak hanya memudahkan pembeli dan penjual saja, tapi juga memudahkan penipu dalam menjalankan aksinya.

Agar Anda terhindari dari aksi mereka, berikut ini 5 tips aman berbelanja di marketplace untuk menghindari penipuan.

Transaksi melalui rekening resmi marketplace

Jika Anda mulai ingin berbelanja online namun masih ragu, maka pilihlah marketplace yang resmi seperti Bukalapak, Shopee, Tokopedia dan sebagainya. Mengapa? Karena marketplace resmi menawarkan jembatan untuk penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi.

Biasanya pembeli harus mengirimkan pembayarannya kepada pihak marketplace dahulu. Setelah barang terkirim, barulah uang tersebut masuk ke rekening penjual. Skema ini bisa memperkecil peluang aksi penipuan.

Perhatikan testimoni dan ulasan

Setiap penjual di marketplace pasti memiliki ulasan dan testimoni. Sebelum membeli, tidak ada salahnya Anda untuk melihat bagaimana testimoni dan ulasan yang diberikan pembeli ke lapak-lapak tersebut.

Penipuan-Online-di-Tokopedia

Jika ulasannya positif itu berarti penjual tersebut bagus pelayanannya. Namun biasanya toko-toko baru tidak memiliki ulasan karena belum memiliki pembeli. Kalau untuk kasus ini, Anda boleh-boleh saja menguji reputasi mereka dengan cara membeli barang berbanderol murah dahulu.

Jangan tergiur harga murah yang tidak masuk akal

Di marketplace, akan ada banyak barang dengan harga yang bermacam-macam. Sebagai pembeli tentu kadang tergiur dengan harga produk yang lebih murah dari yang lain.

Namun jangan cepat tergiur dulu karena di banyak kasus penipuan, banyak orang terkena karena terbutakan oleh harga yang super murah. Atau, bisa saja barang yang Anda beli kualitasnya tidak sesuai standar.

COD atau Cash On Delivery

COD adalah salah satu metode pembayaran yang paling diminati karena minim penipuan. COD adalah sistem pembayaran dimana penjual dan pembeli di marketplace bisa membayar ketika barang sampai di rumah.

Tokopedia-Bayar-di-Tempat-Selesai-min

Biasanya skema ini berlaku untuk yang masih satu kota atau satu wilayah dengan Anda. Tapi sejumlah marketplace dan penjual sudah mendukung skema pembayaran baru ini.

Lacak terus nomor resi pengiriman

Ini tips untuk yang membeli dari luar kota atau tempat yang jauh. Pastikan Anda menerima nomor resi pengiriman dan melakukan pelacakan secara berkala. Jika data resi tidak sesuai atau penjual berdalih saat ditanyai soal resi, maka ia patut dicurigai sebagai penipu. Baca tutorial ini untuk melacak paket di Tokopedia.

Demikian tips berbelanja online di marketplace. Selalu waspada terhadap penipuan dalam melakukan transaksi marketplace. Semoga bermanfaat.

Gambar header Pixabay.

Internet
oleh Bambang Winarso
Placement Ads
Artikel Terbaru