Panduan Instalasi WordPress Melalui Plesk Panel

Alternatif Cpanel yang kini mulai ditinggalkan karena harganya yang mahal

Selain Cpanel dan CyberPanel, ada lagi salah satu server management yang kerap digunakan di sejumlah hosting di Indonesia. Makin mahalnya lisensi CPanel rupanya memaksa hosting untuk menawarkan alternatif yang lebih menguntungkan bagi mereka, kendati konsumen yang terkena imbasnya.
Sekarang, mau tak mau para pengelola web harus paham juga bagaimana cara instal WordPress di berbagai panel, termasuk Plesk Panel yang sebentar lagi akan kita bahas.
Untuk tutorial via Cpanel ada di artikel ini, silahkan dibaca kalau mau coba. Dan yang Cyber Panel juga ada, baca di sini.

  • Masuk ke Plesk Panel, jika Anda tidak tahu caranya, silahkan tanyaka ke pihak hosting. Mereka akan memberikan tautan untuk mengakses Plesk Panel hosting Anda.
  • Setelah masuk, sekarang klik menu WordPress – Install.

cara instal wordpress di plesk panel

  • Maka akan muncul sebuah jendela popup di layar Anda, di mana Anda akan melakukan beberapa penyesuaian.
  1. Installation path pastikan memilih domain utama yang ingin digunakan, atau isi sub folder kalau memang ingin cms WordPress dipasang ke sub folder. Protokolnya pilih https.
  2. Website title adalah judul website Anda, ini bisa diubah lagi nanti.
  3. Plugin/theme kosongkan saja.
  4. Website language, silahkan pilih bahasa untuk cms Anda nantinya.
  5. Version pilih yang paling baru.
  6. WordPress Administrator adalah detail akun yang akan jadi admin utama.

cara instal wordpress di plesk panel

  • Belum selesai, di bagian bawah ada opsi Database dan juga Automatic Update Settings. Untuk database, saran saya biarkan dengan isian default jika Anda takut untuk melakukan perubahan. Sedangan untuk automatic update settings, saya lebih prefer ke opsi No dan melakukan update secara manual.
  • Jika sudah, sekarang klik tombol Install.

cara instal wordpress di plesk panel

  • Tunggu proses instalasi berlangsung.

cara instal wordpress di plesk panel

  • Jika berhasil tanpa kendala, maka Anda akan mendapati informasi lengkap tentang blog dan lain sebagainya. Sampai jumpa.

cara instal wordpress di plesk panel

  • Dan untuk melihat aplikasi yang sudah pernah terpasang, tinggal klik Applications dan tampillah semua aplikasi di hosting Anda.

cara instal wordpress di plesk panel
Cukup mudah dan sejauh ini Plesk menawarkan opsi fitur yang lengkap. Saya menyukai alur kerjanya, termasuk saat pemasangan protokol SSL, jauh lebih mudah dibandingkan Cpanel.
Gambar header Abollyhost.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru