4 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul di Layar Android

Saya banyak menemukan teman yang bingung mengatasi masalah notifikasi WhatsApp yang tidak muncul di layar, tidak mengeluarkan bunyi dan juga tidak muncul di popup. Padahal ketika pertama kali dibeli, notifikasi muncul dengan baik, tapi entah kenapa suatu hari notifikasi itu berhenti berfungsi.

Jadi, hari ini saya akan fokus membahas solusi mengatasi permasalahan ini. Setidaknya ada 3 solusi yang bisa Anda coba.

Cek Pengaturan Notifikasi

Hampir semua smartphone berbasis Android dibekali fitur notifikasi yang menjadi ruang khusus bagi pengguna untuk mengelola bagaimana fungsi notifikasi bekerja. Di menu in, pengguna bisa mematikan notif untuk aplikasi tertentu, dan di beberapa kasus ada yang tidak secara sengaja mematikan notifikasi WhatsApp.

Jadi, coba cek menu notifikasi dan pastikan WhatsApp masuk dalam daftar putih yang dapat menerima notifikasi pesan masuk.

  • Caranya, buka menu Settings kemudian tap Notification dan temukan aplikasi WhatsApp lalu pastikan tooglenya dalam posisi aktif.

Apabila ternyata dalam kondisi mati, maka hidupkan toogle agar notifikasi WhatsApp bisa muncu di layar seperti sedia kala. Tetapi jika sudah dalam posisi aktif, berarti sumber masalahnya bukan di sini. Silahkan lanjut ke cara kedua.

Cek Fitur Penghemat Data

Fitur penghemat data di banyak smartphone dirancang agar perangkat tidak membakar data internet secara berlebihan, dengan cara memblokir aplikasi berjalan di latar belakang dan memblokir notifikasi.

Jika fitur ini aktif, maka notifikasi WhatsApp dipastikan tidak akan keluar di layar. Jadi, pastikan sekali lagi.

  • Untuk memastikan fitur penghemat data tidak memblokir notifikasi, masuk ke Settings – Connection – Data Usage.

  • Kemudian masuk ke Ultra Saving Data dan pastikan fitur ini dalam posisi mati. Jika ternyata dalam posisi hidup, matikan saja.

Hanya pergunakan fitur ini saat diperlukan, misalnya di kondisi kualitas jaringan sedang buruk atau saat baterai lemah.

Cek Fitur Penghemat Baterai

Sama dengan fitur penghemat daya, fitur penghemat baterai juga bekerja dengan cara menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di belakang. Akibatnya, ketika ada pesan baru yang masuk ke WhatsApp, misalnya maka notifikasi tidak akan muncul di layar. Biasanya, ketika aplikasi WhatsApp dijalankan baru notifikasi akan muncul.

Untuk melihat apakah fitur penghemat baterai menyebabkan notifikasi WhatsApp terhenti atau tidak, mari kita cek.

  • Caranya, buka menu Settings – Apps dan temukan aplikasi WhatsApp.
  • Lalu pilih opsi Batery atau Baterai.

  • Dan pastikan toogle Allow background activity dalam posisi menyala atau ON. Jika Anda temukan dalam posisi mati, hidupkan kembali.

Setelah dikembalikan, sekarang restart smartphone dan coba lihat apakah masalah Anda sudah teratasi atau belum.

Reset Aplikasi

Ini adalah cara terakhir yang bisa Anda upayakan untuk mengatasi notifikasi di WhatsApp yang tidak muncul di layar hp.

  • Untuk me-reset aplikasi, masuk ke menu Settings – Apps, kemudian temukan aplikasi WhatsApp. Kemudian tap Storage – Clear Data.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa jika step ini yang Anda lakukan, Anda harus kembali melakukan proses awal seperti di tahap registrasi. Jadi, pastikan nomor WhatsApp yang Anda pergunakan masih aktif untuk menerima SMS verifikasi.

Itu dia empat cara mengatasi masalah notifikasi WhatsApp yang tidak muncul di layar smartphone Android. Semoga dapat mengatasi permasalahan Anda.

Gambar header Pixabay.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru