Netflix Kini Dilengkapi Mode Audio Only Layaknya Aplikasi Podcast

Netflix Kini Dilengkapi Mode Audio Only Layaknya Aplikasi Podcast

Demam podcast sepertinya memang tidak terbendung. Bahkan Netflix pun sekarang mulai menunjukkan kesiapannya untuk menyajikan konten audio only. Berdasarkan laporan dari Android Police, versi terbaru aplikasi Netflix di Android kedatangan mode baru untuk memutar konten tanpa videonya.

Jadi saat pengguna memutar video dalam tampilan full-screen, mereka bakal melihat tombol biru bertuliskan “Video Off” di bagian atas. Klik tombol tersebut, maka layar otomatis bakal menjadi hitam, akan tetapi audionya masih terus berjalan.

Streaming film tanpa menampilkan videonya jelas terdengar aneh, tapi seperti yang kita tahu, katalog Netflix tidak terbatas pada film maupun serial saja, melainkan juga konten lain seperti stand-up comedy. Saya bisa membayangkan bagaimana fitur ini bisa sangat berguna bagi para penggemar stand-up comedy, sebab mereka bisa mendengarkan lelucon-lelucon dari komika favoritnya selagi melangsungkan kegiatan lain – plus menghemat kuota internet apabila mereka mengandalkan konektivitas seluler.

Jadi selama memutar audio saja seperti ini, aplikasi Netflix bisa kita biarkan berjalan di background layaknya sebuah aplikasi podcast. Pada menu pengaturan aplikasi, pengguna juga dapat menentukan bagaimana mereka ingin menggunakan mode audio only ini; apakah modenya akan aktif setiap saat, atau hanya ketika pengguna menyambungkan headphone/earphone maupun speaker eksternal ke perangkatnya.

Eksistensi mode audio only ini bisa dilihat sebagai indikasi bahwa Netflix punya niatan untuk menyeriusi industri podcasting. Netflix sendiri sebenarnya sudah memproduksi sejumlah podcast resmi yang mereka siapkan sebagai pelengkap tayangan-tayangan orisinalnya, tapi anehnya podcastpodcast tersebut sejauh ini hanya tersedia di platform seperti Apple Podcast atau Spotify saja. Kemungkinan dengan adanya mode audio only ini, Netflix jadi bisa menghadirkan podcastpodcast tersebut di platform-nya sendiri.

Bagi yang belum kebagian fitur baru ini, harap bersabar sebab peluncurannya mungkin tidak dilakukan secara serentak. Sejauh ini juga belum ada informasi kapan aplikasi Netflix di iOS bakal kebagian jatah update yang sama.

Sumber: Engadget. Gambar header: Depositphotos.com.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *