Cara Masuk Mode Download di Samsung Galaxy Semua Tipe

Masuk ke mode download diperlukan jika Anda ingin melakukan flashing smartphone Samsung Galaxy. Tanpa tahapan ini, mustahil flash bisa dilakukan. Tapi, dari beberapa kali pengalaman flash Samsung Galaxy, mulai M30s, seri lawas A7 sampai ke seri yang lebih lawas, J Series, ternyata ada saja kendala untuk masu ke mode download.

Maka dari itu, saya merasa perlu untuk mengangkat topik ini menjadi bahasan tersendiri selain dari cara flash yang sudah pernah kami ulas sebelumnya.

Cara Pertama Masuk ke Mode Download Samsung

Cara yang paling lazim digunakan untuk masuk ke mode download di smartphone Samsung, adalah dengan menekan tombol Power + Volume Up + Volume Down secara bersamaan selama beberapa detik.

Setelah muncul logo Samsung dan konfirmasi untuk masuk ke mode download, lepas tombol Power dan Volume down, tap sekali lagi tombol Volume Up untuk mengonfirmasi permintaan.

Maka, selanjutnya perangkat akan masuk ke mode download.

Cara Kedua

Tapi, bagaimana jika ternyata cara di atas tidak berhasil?

Jangan buru-buru emosi, faktanya memang begitu. Saya sendiri beberapa kali gagal masuk ke mode download, padahal cara di atas sudah dipakai. Anehnya, di perangkat Samsung yang lain, cara di atas sangat mudah untuk dilakukan.

Solusinya, Anda bisa menggunakan cara kedua ini.

  • Unduh aplikasi Samsung 300K Tool. Anda boleh mengunduh dari link ini (https://www.mediafire.com/file/6x863c5d522tt33/Samsung_300K_Tool.7z/file) atau dari sumber manapun yang menurut Anda aman.
  • Setelah diunduh, ekstrak file dan jalankan aplikasi menggunakan akses administrator.
  • Saat pertama dijalankan, aplikasi akan tampil seperti ini.

cara masuk ke mode download semua tipe samsung Galaxy_1

  • Sambungkan smartphone menggunakan kabel USB. Smartphone sebaiknya dalam kondisi hidup.

cara masuk ke mode download semua tipe samsung Galaxy_1

  • Jika berhasil terhubung, ikon Android akan berubah menjadi seperti ini, klik tombol tersebut dan dalam hitungan detik, smartphone akan masuk ke mode download.

Selesai, dua cara di atas bisa jadi solusi untuk masuke mode download smartphone Samsung Galaxy semua tipe, pilih yang menurut Anda paling aman.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru