Cara Menggunakan Fitur Voice Typing di Google Docs

 Cara Menggunakan Fitur Voice Typing di Google Docs

Menggunakan fitur voice typing di Google Docs memberikan banyak kemudahan, salah satunya kemudahan dari segi efisiensi waktu. Karena dengan menggunakan fitur suara di Google Docs, Anda dapat mengetik dengan kecepatan yang lebih baik.

Kecanggihan teknologi yang semakin berkembang membuat Google memanfaatkannya untuk menciptakan berbagai macam fitur yang dapat mempermudah aktivitas umat manusia, salah satunya adalah fitur Voice Typing.

Fitur ini memungkinkan kita untuk membuat sesuatu yang berhubungan dengan hal mengetik menjadi lebih mudah dan instan, karena kita hanya perlu mengucapkan kalimat yang akan ditulis dan secara otomatis mesin voice typing akan mengetik dengan sendirinya.

Tentunya ini menjadi salah satu fitur yang dapat membantu kita khususnya kalian yang merasa malas untuk mengetik secara panjang.

Lalu bagaimana cara menggunakan fitur Voice Typing di Google Docs? Berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan :

  • Login ke akun Gmail Anda, kemudian buka Google Docs. Lalu akan muncul tampilan seperti gambar di bawah, klik dokumen “Kosong” untuk memulai
  • Kemudian, untuk mengaktifkan fitur Voice Typing, klik tombol Tools -> Voice Typing. Selain itu, Anda juga dapat mengaktifkannya dengan menekan Ctrl + Shift + S di Windows atau Command + Shift + S di macOS, sehingga akan keluar panel Voice Typing dengan bentuk microphone.

menggunakan fitur Voice Typing di Google Docs

  • Setelah panel Voice Typing diklik, akan muncul notifikasi yang meminta izin untuk dapat mengakses microphone. Izinkan Google Docs untuk mengakses microphone Anda. Namun, . Apabila notifikasi tidak muncul, silahkan klik panel bergambar kamera di kolom situs dan izinkan Google Docs untuk menggunakan microphone.

menggunakan fitur Voice Typing di Google Docs

  • Selanjutnya pilih bahasa yang akan Anda gunakan. Tersedia banyak pilihan bahasa yang dapat Anda gunakan, termasuk bahasa Indonesia.
  • Lakukan uji coba. Anda dapat langsung mencoba fitur Voice Typing ini dengan mengucapkan beberapa kalimat atau kata. Jangan lupa untuk mengucapkan setiap secara jelas dengan volume dan kecepatan yang normal.

  • Klik mikrofon lagi untuk mengakhiri layanan fitur Voice Typing.

Selain dapat digunakan di laptop/PC milik Anda, fitur Voice Typing Google Docs ini juga dapat Anda gunakan di smartphone, sehingga lebih mempermudah Anda yang ingin membuat suatu teks tanpa perlu membuka laptop/PC milik Anda.

Berikut langkah-langkah menggunakan fitur Voice Typing Google Docs di smartphone Android

  • Download aplikasi Google Document pada Play Store. Kemudian masuk menggunakan akun Gmail milik Anda.
  • Klik tombol “+” lalu pilih “New Document”.

  • Kemudian akan muncul layar pop up pada smartphone Anda seperti gambar di bawah. Lalu klik titik 3 yang berada paling pojok kanan smartphone
  • Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan fitur, klik tombol “Voice Input”

  • Untuk mengatur bahasa, Anda dapat memilih tombol pengaturan yang berada di samping tombol microphone. Sama seperti di laptop ataupun PC, Anda juga dapat memilih berbagai bahasa yang tersedia sesuai dengan kebutuhan .

  • Setela semua selesai, Anda dapat langsung mencoba fitur Voice Typing ini dengan mengucapkan beberapa kalimat atau kata.

  • Berbeda dengan di laptop/PC, untuk mengakhirinya Anda tidak perlu menekan kembali tombol microphone, karena ketika Anda selesai berbicara, maka fitur Voice Typing juga akan berhenti secara otomatis.

 

Header image: Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *