Mengapa Uptime Server Sangat Penting Bagi Hosting?

Pada tahun 2018, raksasa e-commerce asal Amerika Serikat yakni Amazon sampai merugi hingga US$100 juta hanya karena website down dan tak bisa diakses dalam waktu satu jam. Situasi ini terjadi karena banyak hal termasuk uptime server. Lantas mengapa uptime server?

Karena uptime memberikan pengaruh sangat besar dalam kinerja website. Dalam zaman serba online seperti saat ini, tentu keberadaan website bagi pelaku bisnis sangatlah penting.

Apa sih Uptime Server itu?

Server and bandwidth statistics. 3D rendered Illustration. Isolated on white. Depositphotos.

Agar bisa tahu mengapa uptime server sangat penting untuk kelangsungan bisnis, ada baiknya Anda tahu terlebih dulu apa sih uptime itu. Secara mudah, uptime merupakan waktu dimana website dapat diakses yang biasanya dihitung dalam bentuk persentase alias uptime rate. Semakin tinggi uptime rate, artinya durasi aktif website itu makin lama.

Sehingga dapat dibilang kalau uptime rate ideal merupakan 100% yang artinya website tak pernah down. Hanya saja cukup sulit mencapai angka itu karena ada banyak pemicu downtime seperti beban berat pada server website. Namun Anda harus tahu bahwa penyedia hosting berkualitas akan mampu menjanjikan uptime rate hingga 99.9%.

Mengapa Uptime Server Penting dalam Toko Online

Kasus downtime yang dialami website Amazon tentu menjadi bukti bahwa perkara uptime server tak bisa diremehkan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa uptime pada server memberikan pengaruh dalam website toko online:

  • Website toko online yang seringkali down karena uptime bermasalah jelas akan merusak reputasi dan membuat konsumen enggan berkunjung lagi. Konsumen-konsumen yang mengeluh ini sudah pasti akan kecewa dan bukan tak mungkin mereka memberikan opini negatif yang berimbas pada orang lain enggan datang ke website toko online tersebut
  • Lantaran pengunjung tak bisa melakukan pembelian atau berkunjung ke website yang down, sudah pasti pemilik toko online akan merugi secara finansial karena kehilangan pemasukan
  • Toko online yang berkualiatas sudah pasti masuk daftar teratas dalam mesin pencarian Google. Namun kalau website toko online itu terus-menerus bermasalah karena uptime rate rendah, Google jelas tak akan merekomendasikannya kepada pengguna internet yang membuat toko online Anda tak memperoleh index positif di dunia maya

Sebaliknya, kalau Anda menggunakan layanan penyedia hosting yang mampu menjamin uptime hingga 99.99%, tentu sudah pasti akan berdampak positif ke omzet. Konsumen yang datang bakal lebih nyaman mengakses website toko online kapanpun dan di mana pun secara mudah yang akhirnya membuat penjualan meningkat.

Hosting Gratis Uptime 99.99% dari Niagahoster

Lantaran uptime menjadi faktor kelangsungan website yang berdampak pada penjualan, pengelola toko online sudah harus memilih layanan hosting secara tepat. Pilihlah penyedia hosting dengan uptime terbaik yang terlihat dari kualitas infrastruktur server, fitur yang mendukung stabilitas server hingga garansi performa server.

Tunggu, apakah ada layanan hosting yang mampu memberikan itu semua?

Tentu ada dan jawabannya adalah Niagahoster.

Terbukti berpengalaman sebagai penyedia hosting berkualitas, Niagahoster bahkan kini menawarkan layanan hosting gratis untuk para pelaku UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) agar bisa bermigrasi digital dan membuka toko online. Jangan cemas, meskipun gratis, layanan hosting dari Niagahoster ini sudah menawarkan uptime rate 99.9%.

Sehingga dengan demikian, Anda tak perlu lagi cemas jika website mendadak donw dan lagi-lagi menyalahkan mengapa uptime server membuat penjualan bermasalah. Karena seorang pelaku bisnis online yang cerdas, tentu hanya memilih layanan hosting berkualitas seperti yang ditawarkan Niagahoster.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru