Mengapa Punya Domain Penting untuk Profesional dan influencer

Website dengan nama domain sendiri atau perusahaan akan mendatangkan banyak hal positif

Karir sebagai profesional dan influencer lekat sekali dengan yang namanya reputasi, kepercayaan dan image. Ketiganya menjadi modal utama yang saling terkait satu sama lain. Kehilangan satu bagian saja, maka karir Anda akan berada dalam ancaman.

Ada banyak cara untuk meningkatkan ketiganya, bisa dengan memberikan hasil kerja yang baik, membuat konten-konten yang positif, atau mengedepankan sikap profesional. Tapi, ada satu cara lagi yang kini banyak dilakukan oleh para profesional di dunia, yaitu membangun website dengan nama domain sendiri, bisa nama personal atau perusahaan.

Meningkatkan Kepercayaan Klien

Credit: Pixabay.com

Memiliki website dengan nama domain sendiri menjadikan reputasi Anda meningkat, tentu perlu diimbangi dengan performa dan sikap profesional. Ketersediaan website resmi akan membuat calon klien merasa lebih nyaman dan aman untuk melakukan transaksi dengan Anda.

Untuk mengoptimalkan kesan positif, di dalam website tersebut, Anda dapat menampilkan portofolio project-project sebelumnya yang pernah Anda garap. Tampilkan juga informasi-informasi yang relevan tentang diri Anda, bisa berupa peliputan media, interview media, akun media sosial dan juga riwayat karir. Dengan begitu, calon klien baru Anda memiliki kepercayaan yang tinggi untuk menjalin kerjasama.

Mudah Diakses

Calon klien dapat mengakses website dari mana saja, kapanpun dan dengan pilihan perangkat yang fleksibel. Dapat diakses dari PC, tablet ataupun smartphone. Keberadaan website akan membantu Anda memaksimalkan waktu dan menjangkau lebih banyak pasar. Anda dapat fokus pada target klien yang lain dalam rentang waktu yang lebih singkat.

Credit: Pixabay.com

Bayangkan, jika Anda bertemu klien potensial kemudian harus menjelaskan secara rinci semua pengalaman Anda dari awal hingga akhir. Tentu akan menyita waktu dan tenaga. Tetapi dengan adanya website yang menggunakan domain nama Anda sendiri atau nama perusahaan, proses tersebut bisa dipermudah dengan konten-konten yang tertuang di dalam halaman-halaman website Anda.

Memangkas Budget

Bagaimana caranya keberadaan domain membuat pengeluaran Anda lebih hemat?

Bagi penjual online, website adalah pengganti toko fisik. Sehingga mereka tidak perlu menyewa toko di pasar atau ruko di tepi jalan untuk memajang barang dagangannya. Ini akan menghemat puluhan bahkan ratusan juta setiap tahunnya.

Hal yang sama juga akan Anda rasakan saat memutuskan untuk membangun website dengan nama domain sendiri. Karena dengan adanya website, Anda tidak harus menyewa kantor atau showroom atau stand bazar untuk memasarkan keahlian dan jasa Anda. Jadi lebih hemat, kan?

Meningkatkan Kualitas Layanan Purna Jual

Ada banyak brand yang tumbang karena gagal memberikan layanan purna jual yang diharapkan oleh pelanggan. Internet semestinya menjadi solusi untuk menekan kegagalan ini. Tentu, dengan memanfaatkan teknologi bernama website.

Menggunakan domain nama sendiri atau nama perusahaan, kemudian membuka kanal penjualan dari sana lalu menghubungkan diri Anda ke pelanggan secara digital memberikan kemudahan kepada mereka untuk memperoleh layanan purna jual yang optimal.

Dengan sistem yang tepat, pelanggan dapat terhubung ke Anda atau tim tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Keterhubungan secara digital tidak hanya meniadakan batasan fisik saja, tapi juga membuat proses layanan menjadi cepat dan nyaman.

Tips Memilih domain untuk Website Anda

Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Salah satu sebab mengapa banyak orang mengunjungi kembali Facebook dan KasKus adalah karena nama domainnya sangat mudah melekat di kepala. Orang tidak harus berusaha ekstra keras untuk mengingatnya.

Anda tidak harus memilih nama domain yang keluar dari konteks, bahkan menggunakan nama sendiri pun tak jadi soal. Tapi, sebisa mungkin nama domain tersebut tidak terlalu panjang sehingga sulit diingat.

Baku

Anda tidak dilarang untuk menjadi kreatif dan unik, tapi sebaiknya tidak pula terlalu lebay lalu menggunakan kata-kata yang tidak dipahami oleh semua orang. Sebaliknya, gunakanlah kata-kata yang baku dan mudah dipahami oleh semua orang.

Hindari juga menggunakan angka, singkatan, karakter atau jenis karakter yang tidak dipahami.

Periksa Riwayat Domain

Selanjutnya, pastikan domain yang Anda daftarkan belum pernah didaftarkan sebelumnya apalagi mempunyai catatan sejarah yang kelam, misalnya bekas judi, situs scam, spam, penipuan, money game dan lain konten-konten dewasa. Untuk menghindarinya, gunakan situs Archive.org, kemudian ketikkan nama domain yang ada dalam daftar bidikan Anda. Enter dan lihat, apakah ada riwayat negatif yang direkam oleh Archive.org.

tips memilih nama domain

Jika tidak ditemukan, maka itu bagus untuk Anda. Tetapi jika terdapat riwayat yang kurang mengenakkan, maka sebaiknya hindari dan pilih nama domain yang lain.

Pastikan Domain Tidak Melanggar Hak Cipta

Ini juga penting. Sebab, saya pernah – walaupun tidak terlalu sering – menemukan kasus hukum yang melibatkan blogger dengan perusahaan tertentu. Perkaranya sederhana, domain yang digunakan oleh blogger memiliki kesamaan atau menggunakan sebagian dari nama brand yang kebetulan sudah didaftarkan hak ciptanya.

Karenanya, perusahaan tersebut tentu melayangkan gugatan. Biasanya sih mereka akan melakukan langkah pendekatan terlebih dahulu, bisa dengan peringatan melalui email atau media sosial Anda.

Belajar dari kasus tersebut, penting sekali untuk mendaftarkan domain yang tidak melanggar hak cipta. Caranya, cari frase domain yang Anda bidik di mesin pencari, dan pastikan di hasil pencarian tidak terdapat merek dagang yang menggunakan frasa yang sama.

Itu dia 4 hal penting yang perlu Anda pahami sebelum membeli domain. Oya, satu lagi yang mungkin bisa dipertimbangkan, yaitu mendapatkan promo domain terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli domain. Mengapa? Dengan promo tentu Anda bisa memperoleh harga terbaik yang artinya akan memangkas budget yang Anda keluarkan. Jadi hemat, kan?

Kalau sudah didaftarkan, Anda bisa masuk ke tahapan berikutnya yaitu membeli paket hosting. Ada banyak penyedia web hosting Indonesia yang bisa Anda pilih. Harga, paket dan juga penawarannya berbeda satu sama lain, Anda tentukan sendiri mana yang paling cocok untuk Anda.

Gambar header Pixabay.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru