Menambah Watermark pada Kamera Smartphone

 Menambah Watermark pada Kamera Smartphone

Kegiatan fotografi saat ini makin diminati karena hampir semua smartphone yang dijual memiliki kamera. Walaupun hasilnya belum sebaik kamera DSLR pada umumnya, tetapi semua orang yang tidak memiliki dana lebih untuk membeli Mirrorless atau DSLR bisa berkreasi dengan bebas.
Memiliki sebuah smartphone dengan kamera yang bagus juga akan membuat orang yang melihat hasilnya akan bertanya-tanya, “Gambarnya diambil pake smartphone apa?”
Aplikasi Shot on Free
Sebelumnya, Huawei dengan P9-nya mungkin adalah yang pertama kali menggunakan watermark pada smartphone. Hal ini secara tidak langsung menjawab pertanyaan di atas, bahwa foto yang dilihat tersebut diambil dari smartphone Huawei P9.
Menggunakan watermark yang datang dari aplikasi kamera juga menambah kepercayaan diri sang pengguna dalam menggunakan smartphone-nya. Tentunya, vendor smartphone yang menggunakan watermark sangat percaya bahwa hasilnya bagus.
Akan tetapi, tidak sedikit pula smartphone yang tidak memiliki fasilitas tersebut. Apalagi, gambar yang dihasilkan juga tidak buruk. Selain itu, banyak pula pengguna smartphone yang mahir mengambil angle tertentu sehingga bisa mendapatkan hasil yang cantik pula.
Saat seorang pengguna sudah mahir dalam mengambil gambar, tentunya mereka sendiri pun juga ingin menggunakan watermark.
Tampilan utama
Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana caranya supaya mereka yang memiliki smartphone namun tidak memiliki fasilitas watermark supaya bisa memberitahu gambar yang dihasilkan menggunakan smartphone apa. Selain itu, bagaimana caranya agar mereka yang lihai dalam mengambil gambar bisa membuat watermark dengan kreasi mereka sendiri?
Pada platform Android, ada cara yang sangat mudah dalam mengambil gambar dengan menggunakan watermark secara langsung. Aplikasi tersebut bernama “Shot On Free“. Yap, kita gunakan saja yang gratis.
Editing Watermark
Aplikasi ini mampu memberikan watermark pada setiap gambar yang Anda miliki. Anda pun dapat melakukan kreasi tersendiri terhadap gambar watermark dan kata-kata yang ingin ditampilkan.
Versi gratis dari aplikasi ini memang terbatas, namun secara mendasar sudah cukup untuk menjaga hasil foto Anda agar tidak diklaim orang lain. Dan karena gratis, aplikasi ini sudah disusupi cukup banyak iklan. Akan tetapi, aplikasi ini merupakan salah satu yang bisa menghapus kata “Shot On” pada watermark.
Aplikasi ini sudah memberikan beberapa template watermark vendor smartphone seperti Google Pixel, Huawei, Xiaomi, Sony, Motorola, Vivo, dan lain sebagainya.
Pilihan menu
Untuk membuat watermark sendiri, Anda bisa membuatnya dengan menyediakan gambar sendiri yang menggunakan format PNG dengan transparansi 100% untuk background-nya. Setelah itu, masukkan PNG tersebut dari menu Setting dan pilih “Add your own logo-image”.
Untuk membuat gambar Anda memiliki watermark, caranya sangat mudah. Gunakan salah satu template vendor atau scroll saja ke bawah untuk menggunakan default. Lalu, pilih gambar yang ingin ditambahkan watermark. Setelah itu, klik tombol menu yang ada di sebelah kanan atas. Di sana, Anda bisa mengganti logo watermark serta kata-kata yang ada.
Hasil Akhir
Setelah itu, untuk menyimpan gambar, tekanlah tombol download di sebelahnya. Anda diharuskan untuk mengunggu selama 30 detik untuk menonton iklan. Setelah itu, tekan tombol download itu sekali lagi untuk menyimpan gambar. Mudah bukan?
Silahkan mencoba!

Artikel Menarik Lainnya