10 Layanan Penyimpanan Cloud untuk Backup Data Secara Online

10 Layanan Penyimpanan Cloud untuk Backup Data Secara Online

Memiliki penyimpanan cloud di masa yang serba digital merupakan suatu hal yang diperlukan. Banyaknya jumlah data yang harus disimpan membuat kita membutuhkan layanan penyimpanan data yang besar sekaligus aman.

Saat ini sudah banyak pengembang penyedia layanan cloud storage memberikan layanannya dan ruang penyimpanan gratis sebagai pemikat untuk menjaring pengguna yang lebih luas. Namun, Anda juga harus berhati-hati dalam memilih layanan penyimpanan cloud yang akan Anda gunakan.

Terlebih lagi cloud tersebut yang nantinya akan menampung hampir keseluruhan data Anda, mulai dari yang tidak terlalu penting hingga data yang penting.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan 10 rekomendasi pilihan layanan cloud yang dapat Anda gunakan, yaitu :

Google Drive

apa itu google drive

Rekomendasi layanan penyimpanan cloud pertama yang dapat Anda coba adalah Google Drive. Rasanya tidak asing lagi bukan ketika Anda mendengar nama aplikasi satu ini?

Bagaimana tidak, Google Drive merupakan layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang dikembangkan oleh perusahaan raksasa, Google. Google Drive memungkinkan pengguna untuk menyimpan data di server mereka, mensinkronisasi data di perangkat yang berbeda, dan saling berbagi berkas melalui internet dengan akun Gmail yang dimiliki.

Dapat digunakan tanpa perlu mengeluarkan biaya alias gratis, Google Drive memberikan fasilitas layanan penyimpanan data dengan maksimum kapasitas 15 GB. Namun, Google Drive juga menyediakan layanan berbayar apabila Anda merasa kurang cukup dengan 15 GB penyimpanan, Anda dapat melakukan upgrade penyimpanannya menjadi 100 GB, 200 GB, bahkan hingga 2 TB.

Terdapat beberapa fungsi yang dapat Anda rasakan ketika menggunakan Google Drive, diantaranya menyimpan file, berbagi file, menyimpan link,backup file, backup chat WhatsApp, membuat catatan dari Google Keep, dan masih banyak lagi. Untuk penjelasan selengkapnya bisa dibaca di Apa itu Google Drive dan Fungsinya?

Dropbox

apa itu dropbox

Layanan penyimpanan data lain yang dapat Anda coba selanjutnya adalah Dropbox. Dropbox merupakan layanan penyedia data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc.

Dengan menggunakan sistem penyimpanan berjaringan, Dropbox memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi data serta berkas dengan pengguna lain melalui internet dengan menggunakan sinkronisasi data.

Sama seperti Google Drive, Dropbox juga menyediakan layanan baik gratis ataupun berbayar, masing-masing dengan keuntungan yang bervariasi. Dropbox menawarkan sebuah tempat terpusat untuk penyimpanan file online, berbagi file, dan sinkronisasi. Hal ini memungkinkan Anda untuk dapat bekerja sekalipun dalam perjalanan.

Dropbox juga memiliki beberapa fungsi yang hampir serupa dengan Google Drive, yaitu dapat menyimpan data dalam jumlah besar, menjamin keamanan data, memungkinkan untuk berbagi dan mengerjakan tugas bersama-sama, mencadangkan foto di smartphone dan lain sebagainya. Untuk penjelasan selengkapnya bisa dibaca di: Pengertian, Fungsi, dan Paket Dropbox.

One Drive

apa itu onedrive

OneDrive atau yang memiliki nama asli Microsoft OneDrive merupakan salah satu layanan komputasi awan yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mengunggah dan mensinkronkan berkas ke suatu penyimpanan awan dan kemudian mengaksesnya melalui peramban web atau perangkat tertentu. OneDrive merupakan layanan cloud storage besutan Microsoft dan merupakan bagian dari layanan daring Windows Live.

OneDrive menghadirkan fitur editor via web untuk file-file dokumen office seperti Microsoft Word, Microsoft Excel, PowerPoint dan OneNote. Meskipun dikembangkan di dalam platform Windows, OneDrive juga dapat digunakan pada Mac, iOS, OS X , hingga Android.

Memiliki ruang penyimpanan gratis berkapasitas 5GB dan juga berbayar hingga 1 TB , OneDrive mempermudahkan Anda ketika ingin mengakses sebuah file, membantu pekerjaan secara tim, berbagi file dengan siapapun secara mudah, terintegrasi dengan office online dan hal lainnya yang berhubungan ketika Anda ingin mengedit sebuah data atau file.

Box

Didirikan tahun 2005, Box adalah salah satu perusahaan penyedia layanan berbagi berkas dan manajemen konten daring yang berpusat di Redwood City, California. Perusahaan ini menggunakan model bisnis freemium untuk menyediakan layanan penyimpanan awan dan penyimpanan berkas untuk pribadi dan bisnis. Box juga menawarkan tiga jenis akun: Perusahaan, Bisnis, dan Pribadi.

Box dapat dikatakan sebagai layanan penyimpanan cloud yang cukup populer di kalangan bisnis dan perusahaan. Terdapat banyak aplikasi manajemen file yang sudah terintegrasi dengan Box. Pengguna baru bisa mendaftar akun pribadi secara gratis dan akan mendapat kapasitas penyimpanan sebesar 10 GB. Namun jika Anda merasa kurang, Anda dapat mengeluarkan sedikit biaya untuk dapat mengupgrade-nya menjadi 100 GB.

Dengan menggunakan Box, pengguna dapat mengundang orang lain untuk melihat atau mengedit file sercara bersamaan, mengunggah dokumen dan foto ke folder file bersama (dan dengan demikian membagikan dokumen tersebut di luar Box), dan memberikan hak kepada pengguna lain untuk melihat file bersama.

Mega

Berbasis di Selandia baru, Mega merupakan layanan penyimpanan awan dan layanan file hosting yang ditawarkan oleh perusahaan Mega.  Layanan ini ditawarkan terutama melalui aplikasi berbasis web. Aplikasi Mega berbasis telepon juga tersedia untuk Windows Phone, Android, BlackBerry 10 dan iOS.

Sejauh ini, Mega merupakan layanan cloud yang memberikan kapasitas besar secara gratis kepada penggunanya. Layanan ini menawarkan 50 GB ruang penyimpanan gratis untuk akun baru dan hingga 8 TB untuk akun berbayar.

Berbicara soal keamanan, layanan ini dikenal untuk fitur keamanan di mana semua file yang dienkripsi secara lokal sebelum mereka di-upload. Hal ini untuk mencegah siapa pun (termasuk karyawan perusahaan Mega) untuk mengakses file tanpa mengetahui kunci yang digunakan untuk enkripsi.

pCloud

Rekomendasi layanan penyimpanan cloud ke-6 yang juga dapat Anda coba adalah pCloud. pCloud merupakan layanan penyimpanan yang berasal dari Swiss. Bagi Anda yang mencari layanan penyimpanan yang dapat digunakan untuk mengirim file dalam ukuran besar, maka Anda dapat menggunakan pCloud.

pCloud menggunakan standar industri RSA 4096-bit untuk kunci privat pengguna dan AES 256-bit untuk kunci untuk setiap file dan setiap folder. Sama seperti layanan penyimpan cloud populer lainnya, Anda juga dapat mengirim file besar melalui tautan unduhan, serta menerima file di ruang penyimpanan cloud Anda menggunakan tautan unggahan.

Berfokus pada enkripsi dan keamanan, pCloud menawarkan penyimpanan gratis 10 GB untuk setiap rekaman. Anda bahkan dapat meningkatkan lebih dari 20 GB, mengundang teman, berbagi tautan di jejaring sosial, dan lain sebagainya.

Tresorit

Tresorit adalah layanan penyimpanan cloud online yang berbasis di Swiss dan Hongaria yang menekankan peningkatan keamanan dan enkripsi data untuk bisnis dan individu. Tresorit tergolong pemain baru dalam dunia penyimpanan cloud, tidak heran apabila Anda merasa asing ketika mendengar nama layanan satu ini.

Meski tergolong baru, Tresorit memiliki sistem enkripsi kelas militer dan kunci kriptografi yang tak mudah ditembus. Oleh karena itu, aplikasi cloud ini cocok bagi Anda yang ingin menyimpan data-data penting.

Pada tahun 2013 dan 2014, Tresorit menyelenggarakan kontes peretasan yang menawarkan $10.000 kepada siapa saja yang meretas metode enkripsi data mereka untuk mendapatkan akses ke server mereka. Setelah beberapa bulan, hadiahnya ditingkatkan menjadi $25.000 dan kemudian menjadi $50.000, menantang para ahli dari institusi seperti Harvard , Stanford atau MIT .

Kontes berlangsung selama 468 hari dan menurut perusahaan, tidak ada yang bisa memecahkan enkripsi. Hal ini membuktikan bahwa layanan ini sangat aman untuk Anda gunakan. Tresorit menawarkan kapasitas sebesar 1 GB bagi Anda pengguna baru.

Namun, sama seperti layanan lainnya, Anda juga dapat menambah kapasitas hingga 100 GB dengan mengeluarkan biaya yang sesuai dengan paket yang Anda pilih.

SpiderOak

Didirikan pada tahun 2007 oleh Ethan Oberman dan Alan Fairless sebagai program cadangan pribadi terenkripsi, SpiderOak adalah alat kolaborasi , pencadangan online , dan layanan hosting file berbasis di AS yang memungkinkan pengguna mengakses, menyinkronkan, dan berbagi data menggunakan server berbasis cloud.

SpiderOak menggunakan penyimpanan cloud terenkripsi dan pembuatan kunci enkripsi sisi klien , sehingga karyawan SpiderOak tidak dapat mengakses informasi pengguna.

SpiderOak dapat diakses melalui aplikasi untuk platform komputer Windows , Mac dan Linux , dan platform seluler Android , N900 Maemo dan iOS. Untuk kapasitas penyimpanan sendiri, SpiderOak menawarkan ruang penyimpanan yang tidak terlalu besar yaitu 2 GB.

Namun jika Anda merasa kurang, Anda juga dapat menambahkan. Yang menarik dari layanan satu ini, Anda dapat meningkatkan kapasitas ruang penyimpanan awan Anda sampai 10 GB dengan mengajak teman-teman Anda untuk menggunakan SpiderOak (Anda mendapatkan 1 GB untuk setiap teman Anda yang Anda ajak mau menggunakan layanan SpiderOak).

iDrive

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Tech Radar yang dikutip dari Kompas.com, IDrive adalah cloud storage terbaik. Pasalnya, cloud drive ini tidak akan membuat file yang terhapus atau dihapus dari komputer hilang otomatis. Data yang tidak sengaja ataupun yang sengaja dihapus akan tersimpan di server.

Selain itu, IDrive juga menawarkan IDrive Express, yaitu layanan di mana jika Anda kehilangan semua data Anda, mereka akan mengirimkan hard drive fisik untuk Anda, memungkinkan pemulihan cepat dari semua file yang dicadangkan. Hal yang menarik bukan?

IDrive juga menawarkan cadangan tambahan dan terkompresi sehingga pengguna hanya mengunggah bagian yang dimodifikasi dari file cadangan, dan file juga dapat diperbarui secara real time dengan opsi pencadangan berkelanjutan.

Pengguna memiliki kemampuan untuk membatasi penggunaan bandwidth selama proses pencadangan. Kemudian, pengguna Idrive juga dapat berbagi file mereka melalui email, situs media sosial termasuk Facebook dan Twitter, dan melalui aplikasi ponsel untuk Android, iPhone dan Windows Phone.

iCloud

Jika OneDrive lebih dikhususkan untuk pengguna Windows, iCloud hanya dapat digunakan oleh pengguna Mac dan iOS. iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan. Sehingga pengguna dapat mengaksesnya di mana saja dan kapan saja tanpa perlu mem-backup data secara manual.

Dengan iCloud, aplikasi pada perangkat Apple seperti iPhone, iPad dan iPod touch akan dimutakhirkan secara otomatis ketika pengguna mengunduh aplikasi dengan menggunakan salah satu perangkat. Selain itu, iCloud akan membackup setiap perubahan yang ada di perangkat iOS setiap hari menggunakan sambungan Wi-Fi.

Dengan kata lain, pengguna akan memiliki cadangan data personal (seperti musik, aplikasi dan buku dari iTunes) di iCloud dan dapat dengan mudah mengembalikannya lagi ke perangkat iOS yang baru diperbaharui sistem operasinya hanya dengan menghubungkan dengan sambungan Wi-Fi dan memasukkan akun Apple dan kata sandi.

iCloud menyimpan semua dokumen yang dibuat dan akan meng-up date dokumen tersebut ke dalam perangkat lainnya secara otomatis. Sehingga dokumen tersebut dapat diakses di perangkat manapun yang terhubung dengan akun iCloud tersebut. Bagi para penggunanya, iCloud memberikan kapasitas penyimpanan sebesar 5 GB secara gratis.

Referensi

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *