Label Nutrisi Privasi Apple Berlaku untuk Semua Aplikasi

Label Nutrisi Privasi Apple Berlaku untuk Semua Aplikasi

Pada ajang WWDC 2020, saat mengumumkan iOS 14, Apple juga menerapkan aturan baru terkait privasi yaitu membuat label privasi pada tiap aplikasi di App Store dan termasuk App Store untuk Mac. Ibaratnya seperti ‘label nutrisi’ pada sebuah makanan kemasan, hal ini untuk membantu pengguna memahami praktik privasinya sebelum menginstal aplikasi yang mereka inginkan.

Mulai tanggal 8 Desember, para pengembang diwajibkan untuk mengisi label privasi tersebut. Selain untuk aplikasi pihak ketiga, Apple juga mengkonfirmasi bahwa kebijakan ini juga berlaku untuk aplikasi pihak pertama atau buatan Apple sendiri.

Ini juga termasuk aplikasi milik Apple yang tidak ada di toko App Store seperti layanan perpesanan iMessage yang langsung tersedia di perangkat iDevice. Informasi label privasi yang sama akan tersedia dan dapat ditemukan oleh pengguna di website resmi Apple.

Sebelumnya WhatsApp sempat mengkritik kebijakan tersebut dan menilai sistem Apple ini tidak adil karena hanya akan berdampak pada layanan pihak ketiga dan bukan aplikasi yang telah diinstal langsung oleh Apple. Menurutnya, penting untuk membandingkan label ‘kandungan nutrisi’ dari aplikasi yang akan diunduh dengan aplikasi yang sudah terpasang.

Perusahaan asal Cupertino itu sebelumnya tidak mengungkap apakah kebijakan tersebut berlaku untuk aplikasi miliknya. Dengan label privasi ini, diharapkan pengguna dapat mengetahui jenis data apa yang dikumpulkan oleh aplikasi. Jenis data tersebut antara lain meliputi info kontak pengguna, kesehatan dan kebugaran, info keuangan, lokasi, info sensitif, konten pengguna, riwayat browsing, pembelian, data penggunaan, diagnostik, dan tipe data yang lainnya.

Sumber: TheVerge

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *