Inilah Keunggulan Format ProRAW di iPhone 12 Pro dan Pro Max

Inilah Keunggulan Format ProRAW di iPhone 12 Pro dan Pro Max

Saat memperkenalkan iPhone 12 series pada bulan Oktober lalu, Apple menjanjikan fitur kamera baru khusus untuk pengguna iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yaitu format ProRAW. Fitur tersebut kini telah hadir lewat update iOS 14.3, lantas apa keunggulan yang ditawarkan ProRAW dibanding format Raw standar?

Memotret dalam format Raw sudah dapat dilakukan oleh iPhone sejak lama, di mana kita bisa mendapatkan semua informasi yang ditangkap oleh sensor iPhone mentah-mentah tanpa tersentuh pengolahan digital. Namun itu juga berarti kita kehilangan semua manfaat dari canggihnya pemrosesan gambar Apple dan hasil akhirnya tergantung pada kemampuan editing Anda.

ProRAW dirancang untuk mengatasi hal itu, format ini menggabungkan manfaat komputasi pemrosesan gambar Apple seperti Smart HDR dan Deep Fusion dengan fleksibilitas post-processing file RAW. Karena bagaimana pun, pemrosesan gambar di smartphone yang sudah berbasis AI bahkan lebih canggih ketimbang di kamera mirrorless dengan kelebihan sensor besarnya.

Conton ProRAW
Contoh foto ProRAW diedit di Darkroom | Foto TheVerge

Memotret dengan format ProRAW hasilnya tidak lagi mentah, sudah matang seperti layaknya menggunakan format JPEG atau HEIC. Bedanya karena ProRAW ini juga jenis file Raw, kita bisa leluasa mengedit pengaturan seperti pencahayaan termasuk highlight, shadow, dan contrast, warna seperti white balance, efek, dan detail lainnya lebih jauh lagi.

Untuk menggunakan ProRAW, pertama harus diaktifkan di menu pengaturan kamera. Setelah itu, akan muncul tombol “RAW” di kanan atas pada aplikasi kamera. ProRAW dapat digunakan oleh semua kamera belakang pada iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max, dan juga berfungsi dalam mode malam. Ukuran file ProRAW tentunya lebih besar daripada format JPEG dan bila ingin upload foto ke Instagram atau media sosial lainnya juga harus diekspor dulu ke JPEG atau HEIC.

Sumber: TheVerge

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *