Cara Mengubah Foto JPG ke WebP Secara Offline

Di kesempatan sebelumnya, saya sudah membahas bagaimana cara convert gambar JPG atapun PNG ke WebP tapi di platform blog WordPress. Cara kerjanya sih saya rasa sama, cuma bedanya kali ini saya ingin membahas yang menggunakan software offline.

Seperti yang sudah saya singgung di artikel lalu, bahwa format gambar webP sekarang mulai marak digunakan. Format ini relatif lebih kecil ukurannya tapi dengan kualitas yang setara.

Untuk mengubah foto JPG menjadi format webP secara offline, kita butuh bantuan aplikasi. Jadi, ini step pertama yang harus Anda lakukan: mengunduh aplikasi WebPConverter.

  • Setelah diunduh – oya ini aplikasinya berjenis portable, jad Anda tidak perlu menginstalnya ke laptop – langsung ekstrak dan jalankan saja dari file eksekusi yang disediakan.
  • Setelah berjalan, akan ada dua menu tab encode dan decode. Kita akan menggunakan encode. Langkah pertama, klik tombol plus untuk menambahkan gambar JPG.

cara mengubah gambar jpg jadi webp

  • Pilih gambar yang hendak diubah ke webP dari folder Anda.

cara mengubah gambar jpg jadi webp

  • Sebelum diubah, klik dulu tombol setting berupa ikon tiga strip di kanan atas. Maka akan tampil beberapa penyesuaian, silahkan atur sesuai kebutuhan Anda, tidak ada patokan bakunya.

cara mengubah gambar jpg jadi webp

  • Jika sudah, tap saja tombol panah ke kanan atau seperti tombol play lalu tunggu prosesnya. Gak lama, biasnaya 10 gambar hanya butuh 4 sampai dengan 7 detik saja.

cara mengubah gambar jpg jadi webp

  • Jika sudah selesai, sekarang minimize aplikasi dan buka file explorer Anda lalu klik folder desktop. Nah, di folder desktop akan muncul folder dengan nama Webp Encode. Di dalam folder itulah gambar-gambar webP hasil convert disimpan.

cara mengubah gambar jpg jadi webp

Selanjutnya, gambar tinggal diupload ke web atau dipergunakan sesuai kebutuhan Anda.

Pc
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru