iPhone 13 Resmi Diperkenalkan, Ditemani Versi Mini, Pro dan Pro Max

iPhone 13 Resmi Diperkenalkan, Ditemani Versi Mini, Pro dan Pro Max

Kurang lebih setahun setelah peluncuran iPhone 12, Apple akhirnya resmi memperkenalkan generasi terbaru smartphone flagship-nya, siapa lagi kalau bukan iPhone 13.

Tampak dari bagian desain, tak banyak perubahan yang bisa ditemukan dibandingkan model tahun lalu. Hal pertama yang tampak berbeda ada di bagian kamera yang sekarang ditata secara diagonal. Di bagian depan, notch terlihat lebih kecil yang masih sama menjadi rumah bagi sensor face ID.

Perbedaan lainnya untuk bagian depan, Apple mengatakan bahwa layar baru di iPhone 13 28% lebih terang dengan 800 nits dengan label baru Super Retina XDR yang terkesan wah.

iphone
iPhone 13

Ada empat model iPhone 13 yang diperkenalkan oleh Apple, yang pertama adalah iPhone 13 mini yang menampilkan layar 5,3 inci, kemudian iPhone 13 dan 13 Pro dengan layar 6,1 inci, dan model terakhir ada iPhone 13 Pro Max dengan layar 6,7 inci.

Tambahan lain yang cukup menarik di iPhone 13 ini adalah hadirnya fitur ProMotion yang tadi sudah sempat disinggung, menawarkan refresh rate yang lebih cepat. Detailnya, ini menghadirkan refresh dinamis di mana ia dapat mencapai 10Hz di tingkat terendah hingga 120Hz tergantung pada kebutuhan.

Prosesor

Perubahan paling mencolok justru terdapat di balik jubah iPhone 13, di mana Apple menanggalkan chipset A14 Bionic dan menggantinya dengan chipset A15 Bionic yang baru.

Chipset A15 Bionic masih dibangun dengan proses 5nm sebagaimana A14 Bionic, namun kini dilengkapi CPU 6-core yang menurut Apple, 50% lebih cepat daripada pesaing di kelasnya. Ada juga neural engine 6-core yang bila dikombinasikan menghasilkan efisiensi energi dan tampilan baru yang secara otomatis meningkatkan masa pakai baterai secara keseluruhan.

Menurut Apple, iPhone 13 Mini  memiliki daya tahan baterai 1,5 jam lebih lama sementara iPhone 13 akan memiliki daya tahan baterai 2,5 jam lebih lama dari pendahulunya.

iphone pro
iPhone 13 Pro

Kamera

Di bagian “mata”, Apple membenamkan bekal dengan kombinasi berbeda. iPhone 13 Mini dan iPhone 13 memiliki bekal kamera lebar 12MP dengan sensor 1,7 mikron baru. Selain itu, Apple telah mengatur ulang kamera dengan susunan diagonal satu sama lain.

Sedangkan untuk iPhone 13 Pro dan Pro Max, masih akan memiliki konfigurasi tiga kamera dengan lensa telefoto 77mm baru dengan dukungan zoom optik hingga 6x. Fotografer makro juga dimanjakan dengan hadirnya kemampuan closeup hingga 2cm.

Harga iPhone 13

IPhone 13 Mini dibanderol mulai $699, sedangkan iPhone 13 mulai $799. Keduanya tersedia dalam beberapa model, dari 128GB, 256GB dan 512GB. Sedangkan model iPhone 13 Pro ditawarkan mulai $999, lalu iPhone 13 Pro Max seharga $1.099.

Sumber Apple.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *