Instagram Uji Tampilan Baru Fitur Stories di Versi Web-nya

Berbeda dari Facebook, Instagram adalah media sosial yang terlahir di platform mobile. Itulah mengapa sebagian besar fiturnya dirancang untuk skenario penggunaan di smartphone – percaya atau tidak, aplikasi Instagram bahkan hingga kini belum punya tampilan yang dioptimalkan untuk iPad.

Salah satu fitur Instagram yang mungkin paling pas untuk pengguna smartphone adalah Stories. Format video pendek yang disajikan dalam orientasi portrait tentu sangat ideal buat layar smartphone. Kendati demikian, tentu ada masanya di mana pengguna hanya bisa mengakses Instagram lewat laptop atau komputer, dan itulah mengapa Instagram juga punya web app versi desktop yang fungsional sejak lama.

Secara perlahan, Instagram terus menyempurnakan versi web-nya. Fitur-fitur yang tadinya cuma tersedia di aplikasi Instagram mulai dihadirkan di versi web-nya, seperti misalnya fitur DM maupun live stream.

Stories sendiri sebenarnya sudah bisa diakses pada Instagram versi web, hanya saja tampilannya jauh dari kata optimal, dengan sepotong konten yang mengisi hanya sepertiga bagian layar saja di tengah. Kabar baiknya, Instagram rupanya sedang menguji tampilan baru yang jauh lebih menarik sekaligus fungsional.

Pada tampilan barunya, Stories disajikan dalam bentuk carousel, di mana pengguna dapat melihat preview dari Story sebelum dan sesudah yang tengah ditampilkan. Cara menavigasikannya sendiri tidak berubah, pengguna dapat membiarkannya berjalan secara otomatis, atau mengkliknya satu per satu.

Berdasarkan keterangan dari Instagram yang diterima Engadget, fitur ini sudah mereka uji dengan sekelompok kecil pengguna sejak bulan lalu. Sayangnya mereka enggan menyebut apakah fiturnya bakal segera dihadirkan untuk publik secara luas. Perubahannya memang terkesan sepele, namun bisa sangat berarti bagi mereka yang memang rutin mengakses Instagram via browser komputer.

Sumber: Engadget. Gambar header: Depositphotos.com.

Internet
oleh Glenn
Artikel Terbaru