Instagram Rilis Remix, Fungsinya Mirip Fitur Duet di TikTok

 Instagram Rilis Remix, Fungsinya Mirip Fitur Duet di TikTok

Salah satu hal yang membuat TikTok banyak digemari adalah elemen interaktif yang ditawarkannya. Di TikTok, kita bukan sekadar menonton video demi video secara pasif, akan tetapi jika mau kita juga bisa berinteraksi dengan video-video tersebut berkat adanya fitur bernama Duet.

Kompetitor TikTok di sisi lain menawarkan alternatif yang terkadang terkesan kurang engaging. Namun tidak untuk Instagram. Di antara banyak pesaing TikTok, Instagram termasuk salah satu yang cepat tanggap, dan itu mereka buktikan baru-baru ini dengan merilis fitur bernama Remix untuk Instagram Reels.

Seperti yang sudah bisa ditebak, Remix adalah ekuivalen fitur Duet di TikTok. Fitur ini memungkinkan pengguna Instagram untuk merekam video Reel di samping Reel milik pengguna lain, dan salah satu skenario penggunaan yang paling cocok dari fitur ini tentu adalah untuk membuat video reaksi terhadap konten Reel yang sedang viral.

Untuk menggunakan fitur Remix, cukup klik menu tiga titik pada suatu video Reel, lalu pilih opsi “Remix this Reel”. Dari situ tampilannya otomatis akan dibagi menjadi dua, satu untuk video Reel yang dipilih, satu untuk video baru yang hendak dibuat. Setelah selesai merekam, pengguna juga dapat melakukan penyuntingan lebih lanjut, seperti misalnya untuk menyesuaikan volume dari video Reel aslinya, atau malah menambahkan voiceover ekstra.

Satu hal yang perlu dicatat adalah, tidak semua konten Reel bisa di-remix, melainkan hanya yang diunggah setelah update ini diluncurkan. Secara default, Remix akan aktif pada semua Reel yang diunggah oleh akun publik. Untuk video-video Reel lama yang diunggah sebelum fitur ini eksis, pengguna harus mengaktifkan dukungan Remix secara manual agar video tersebut dapat di-remix oleh pengguna lain.

Video-video hasil Remix yang diunggah akan muncul bersamaan dengan konten Reel lain di tab Reel pada profil Instagram masing-masing pengguna. Pengguna juga dapat memantau siapa saja yang sempat me-remix konten Reel unggahannya melalui tab Activity.

Bagi yang selama ini kurang tertarik dengan Instagram Reels karena kangen dengan fitur Duet milik TikTok, mungkin keberadaan Remix sekarang bisa kembali menggugah perhatian Anda.

Sumber: TechCrunch.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *