Inilah Kelebihan Memiliki Website yang Mobile Friendly

Dapat dibilang bahwa saat ini, kita masuk dalam suatu era di mana smartphone telah menjadi perangkat teknologi yang erat dengan kehidupan manusia. Hal ini bisa kita saksikan di sekeliling kita. Orang-orang yang berada di sekitar kita, sebagian besar merupakan para pengguna smartphone.

Perangkat teknologi ini bukan hanya dimiliki oleh kalangan orang dewasa semata. Banyak anak-anak saat ini juga telah menggunakan smartphone dalam sebagai bagian dari aktivitas keseharian mereka.

Karena itu, mendekorasi sebuah website agar mobile friendly menjadi suatu hal yang penting. Inilah mengapa banyak para pemilik website yang mentransformasi tampilan websitenya agar nyaman saat diakses melalui smartphone atau tablet.

Website Mobile Friendly Adalah…

Mungkin muncul pertanyaan dalam benak anda: apa sih yang dimaksud dengan mobile friendly? Apa sih pentingnya bagi sebuah website?

Mobile friendly adalah sebuah tampilan website yang dioptimasikan untuk mendukung perangkat smartphone atau tablet. Umumnya, orang mengenal hal itu sebagai website mobile friendly atau website responsive yang dapat beradaptasi pada ukuran layar smartphone yang beragam.

Adapatasi dari jenis sistem ini ialah pada ukuran, font, layout, serta konten dari sebuah website ketika diakses melalui smartphone.

Pada intinya, kesemuanya itu didasarkan pada upaya untuk menghadirkan kenyamanan bagi para pengunjung website saat dirinya sedang mengakses informasi atau berbelanja yang tersedia pada sebuag website tertentu.

 

 

credit: depositphotos.com

 

Kelebihan Website Mobile Friendly

Terdapat sejumlah alasan mengapa mobile friendly ini perlu diterapkan dalam sebuah website. Alasan-alasan ini di antaranya ialah:

  • Tingkat Pengguna Smartphone

Pada bagian pembuka artikel ini, kita sudah menyinggung bahwa saat ini pengguna smartphone semakin tinggi jumlahnya. Menurut sejumlah laporan menyebutkan bahwa, pengguna smartphone, baik itu android ataupun iOS, telah mencapai angka 54 juta orang. Angka tersebut berpotensi untuk terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan informasi.

Karena itu, sangatlah mungkin bila semakin banyak orang yang akan mengakses website melalui smartphone yang mereka miliki.

  • Meningkatkan Jumlah User

Kenyamanan ketika mengakses sebuah website mejadi hal yang utama mengapa website itu banyak dikunjungi. Kenyamanan seorang user bisa datang dari beragam hal, misalnya, loading website yang cepat, tampilan dan informasi yang diberikan menarik, serta memberikan layanan kemudahan bagi user.

Alasan mengapa suatu website perlu menerapkan sistem mobile friendly ini terdapat dalam alasan ketiga, yakni memberikan kemudahan bagi user.

Ketika website itu belum menerapkan mobile friendly, akan menyulitkan user. Anda bayangkan saja, website dengan tampilan desktop pasti akan tidak maksimal ketika diakses melalui layar smartphone yang kecil.

Inilah yang menjadi kelebihan website mobile friendly, yakni dapat menghadirkan tampilan yang tetap optimal ketika diakses melalui smartphone

  • Mempengaruhi Keputusan Pembeli

Meningkatnya aktivitas e-commerce berhasil mengubah perilaku konsumen dalam melakukan transaksi. Selain melakukan transaksi melalui desktop, transaksi melalui smartphone juga banyak mejadi pilihan orang dalam aktivitas berbelanja.

Selain mudah, aktivitas belanja melalui perangkat smarphone juga terbilang lebih efisien. Di samping itu, besarnya pengguna smartphone menjadi faktor lain yang mendorong pilihan seseorang untuk melakukan transaksi melalui perangkat hanphone pintar itu.

Itulah mengapa website yang dilengkapi dengan sistem mobile friendly dapat mendorong keputusan seseorang untuk membeli produk dalam sebuah toko online tertentu.

Penutup

Itulah beberapa kelebihan yang terkandung dalam website mobile friendly. Meski demikian, masih banyak keuntungan lain yang dapat mendorong optimasi website anda. Tidak heran bila saat ini, telah banyak pengguna website yang menerapkan tampilan mobile friendly itu, terutama, website-website yang berfungsi sebagai toko online.

Bila anda merupakan pemilik toko online, ada baiknya menerapkan sistem tersebut dalam website anda supaya dapat tetap bersaing dengan para kompetitor dalam medan bisnis online. Jangan khawatir, cara untuk menerapkan mobile friendly dalam sebuah website bukanlah perkara yang sulit.

Kemudahan itu juga didukung dengan banyak tersedianya template menarik yang dapat mempercantik tampilan website anda ketika tampil di layar smartphone atau tablet.

Untuk meningkatkan performa website mobile friendly, anda dapat memilih sejumlah hosting yang dapat menambah keoptimalan website yang anda miliki, misalnya, menjaga kestabilan loading, responsivitas, maupun tersedianya layanan unlimited web hosting.

Gambar header Freepik.

Web
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru