5 Ide Bisnis 2020 di Tengah Pandemi Covid-19 yang Bisa Dibantu Teknologi

Daftar ide bisnis kreatif dan modal kecil di 2020 yang bisa dijalankan di masa pandemi

Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung beberapa bulan ini mengubah berbagai segi kehidupan kita. Terutama segi perekonomian dan bisnis. Meski banyak bisnis yang awalnya harus terpaksa ditutup, nyatanya kini banyak juga ide bisnis yang lahir. Itu artinya, masyarakat di pertengahan 2020 ini mulai bisa bangkit dan menyesuaikan diri dengan keadaan.

Pada masa seperti ini, teknologi memiliki peran penting untuk membantu para pelaku bisnis dalam meningkatkan usahanya. Tidak hanya untuk usaha yang sudah jalan tetapi teknologi juga bisa berperan penting bagi mereka yang ingin memulai usaha.

Pemanfaatan media sosial adalah salah satu hal sederhana dari penerapan teknologi di dunia usaha. Online marketplace yang kini semakin populer juga bisa menjadi pilihan utama, biaya yang tidak terlalu mahal memudahkan orang untuk mendirikan toko.

Penggunaan web atau alamat internet juga adalah salah satu hal yang bisa dijalankan sejak awal. Agar jangkauan bisnis bisa sampai ke pengguna internet di Indonesia bahkan dunia, tergantung dari bisnis yang dipilih.

Untuk Anda yang masih bingung mau mulai bisnis apa, jangan khawatir! Ada berbagai ide bisnis kreatif yang bisa Anda jajal dan semuanya bisa dilakukan dengan pemanfaatan teknologi. Apa saja ide bisnis 2020 di kala pandemi? Yuk, simak di bawah ini:

1. Jasa Cleaning Service

Credit: Pixabay.com

Terlalu lama di rumah bisa membuat penghuni rumah jadi malas bersih-bersih dan rapi-rapi. Atau, bisa juga rumah jadi lebih kotor karena semua anggota keluarga ada di rumah untuk waktu yang lama.

Nah, itulah jasa cleaning service panggilan bisa jadi ide bisnis modal kecil di 2020. Kenapa modal kecil? Karena Anda hanya perlu memanfaatkan alat bersih-bersih di rumah. Misalnya sapu, pel, lap, kemoceng, sabun semprot kaca. Tidak perlu memiliki vacuum pun tak apa. Yang penting Anda bisa telaten dan tekun rapi-rapi dan bersih-bersih, itu tentu sudah cukup.

Penggunaan teknologi yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan tools digital seperti aplikasi chatting untuk mengelola order, media sosial juga bisa digunakan. Untuk yang ingin lebih serius bisa juga membuat situs dengan informasi layanan lengkap di sana termasuk cara memesan jasa cleaning service.

2. Bisnis Produk Frozen Food 

pixabay.com
Credit: pixabay.com

Supaya kurva penyebaran Covid-19 menurun, banyak orang harus tetap tinggal di rumah. Pembatasan Sosial Berskala Besar ini bisa jadi peluang bisnis baru untuk Anda lho!

Bisnis frozen food atau makanan beku sekarang sangat diminati. Itu karena makanan beku bisa bertahan selama beberapa hari hingga minggu. Jadi orang tidak perlu sering-sering keluar rumah untuk berbelanja.

Jadi, kenapa tidak Anda manfaatkan saja berjualan frozen food untuk ide bisnis online? Anda bisa jual produk Anda lewat berbagai platform pesan antar makanan, sosial media, atau online marketplace.

3. Bisnis Produk Kesehatan

Wabah Covid-19 mudah menyerang seseorang dengan imun tubuh yang buruk. Maka dari itu, produk kesehatan bisa jadi ide bisnis rumahan selanjutnya. Anda bisa menjual jamu buatan rumah, madu, minyak zaitun murni, minyak esensial, suplemen, dan lain-lain.

Produk-produk itu bisa Anda jual lewat sosial media atau marketplace online populer. Bisa juga Anda tawarkan ke orang-orang terdekat yang Anda kenal lewat aplikasi chat.

Penggunaan layanan teknologi akan membantu untuk melebarkan pangsa pasar dan memungkinkan Anda untuk terjangkau oleh konsumen di luar area Anda. Online marketplace atau bahkan web bisa memberikan manfaat lebih jika Anda kelola dengan baik.

4. Bisnis Makanan Ringan

Ngemil  atau makan camilan adalah salah satu aktivitas favorit banyak orang. Aktivitas ini bisa dilakukan sambil nonton film, baca buku, belajar, rehat dari kerjaan, bersantai, maupun kumpul bersama keluarga.

Karena sejak pandemi sebagian besar aktivitas dilakukan di rumah, ngemil pun lebih sering dilakukan. Berjualan produk cemilan tentu menjadi peluang bisnis yang cukup menjanjikan. Apalagi, kini banyak supplier cemilan partai besar yang dapat memberikan harga yang lebih murah.

Kombinasi teknologi dan makanan yang enak akan membuat peluang sukses lebih besar. Jualan via sosial media seperti Instagram akan memudahkan orang untuk melihat produk Anda, gunakan program promosi yang menarik agar jualan Anda semakin viral.

5. Bisnis Pandemic Kit

Meski harus selalu melakukan pembatasan sosial, tapi ada kalanya siapa pun butuh keluar rumah untuk keperluan mendesak. Misalnya: pergi ke dokter, ke swalayan, pasar, kantor, bank, dan sebagainya.

Agar tetap aman selama di luar rumah, orang butuh pandemic kit. Atau bisa disebut perlengkapan selama pandemi. Perlengkapan perlindungan selama pandemi yang bisa Anda jual antara lain: masker, face shield, semprotan desinfektan, hand sanitizer, sarung tangan, alat pembuka pintu sekaligus penekan tombol.

Anda bisa berjualan di online marketplace dengan mengemas beberapa barang untuk dijadikan kit tertentu. Pastikan tidak melanggar aturan kesehatan. Sisi kreatif Anda bisa dikembangkan dengan membuat paket yang menarik dan lagi tren di pasar.

Itu tadi 5 ide bisnis 2020 di masa pandemi Covid-19 yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk memanfaatkan teknologi internet agar bisnis Anda bisa dijangkau lebih banyak orang. Nah, menjual produk lewat website adalah salah satu cara berbisnis online yang menjanjikan.

Sebelum membuat website, lakukan pengecekan nama domain terlebih dahulu. Cara cek domain mudah, yaitu dengan memasukkan nama calon domain Anda di kolom yang sudah disediakan. Usahakan untuk mencari layanan hosting yang populer dan terpercaya, jika memungkinkan cari yang bisa dapat promo domain dan hosting.

Gambar header Pixabay.

Lifestyle
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru