Grab Gelontorkan Dana Tunai USD50 Juta untuk Bantu Kesejahteraan Para Mitra

 Grab Gelontorkan Dana Tunai USD50 Juta untuk Bantu Kesejahteraan Para Mitra

Pandemi di seluruh dunia mendorong berbagai pihak untuk melahirkan kebijakan yang berpihak pada masyarakat luas. Grab Holdings tak ketinggalan ikut menelurkan program penyegaran Dana GrabForGood yang dirancang untuk mendorong kualitas kehidupan mitra pengemudi, merchant dan masyakat luas di Asia Tenggara.

Sedikitnya telah disiapkan dana tunai sebesar USD50 juta dan USD200 dalam bentuk estimasi nilai saham. Kemudian ada juga tambahan estimasi saham sebesar USD25 juta dari kantong pribadi petinggi Grab Group CEO dan co-founder Anthony Tan, co-founder Tan Hooi Ling dan President of Grab, Ming Maa.

“Sejak pertama kali didirikan, misi Grab adalah untuk mendorong pemberdayaan ekonomi untuk setiap orang di Asia Tenggara. Dana GrabForGood akan menjadi pilar utama dari upaya-upaya kami untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas kehidupan para mitra Grab dan masyarakat luas, yang juga mencerminkan langkah penting atas komitmen jangka panjang kami untuk Asia Tenggara,” ungkap Anthony Tan, Grab Group CEO dan co-founder.

Dari seluruh dana tersebut, lebih dari $20 juta akan digunakan untuk menyediakan vaksin COVID-19 gratis kepada para mitra Grab. Grab telah mulai untuk memperoleh akses terhadap vaksin, dan akan menjalankan pusat vaksin untuk memvaksinasi para mitra yang memenuhi syarat di masing-masing wilayah.

Hibah dan dukungan keuangan untuk dampak sosial dan lingkungan jangka panjang

Dirancang sebagai dana abadi untuk memastikan kelangsungan Dana GrabForGood dalam jangka panjang, inisiatif pembentukan dana ini akan mulai dimanfaatkan untuk mendukung inisiatif-inisiatif lainnya setelah dana tersebut mencapai nilai yang telah ditargetkan. Detail lebih lanjut mengenai hal ini akan ditentukan dan diinformasikan pada kemudian hari bekerja sama dengan Dewan Penasehat Pendanaan (Fund Advisory Board), dimana area-area yang akan didukung mencakup:

Untuk para mitra Grab:

  • Subsidi GrabInsure: Berdasarkan survei yang dilakukan pada Mei 2020, tingkat kepemilikan asuransi di antara para mitra Grab masih rendah dengan rata-rata 13 persen, dimana kemampuan untuk membeli premi menjadi hambatan utama dalam membeli produk asuransi. Grab berencana untuk menyusun program GrabInsure khusus sehingga para mitra dapat membeli produk-produk asuransi dengan harga diskon. Cakupan produk asuransi tersebut antara lain asuransi jiwa, penyakit kritis, perlindungan asuransi anggota keluarga serta produk-produk asuransi investasi, dimana produk-produk tersebut akan dirancang khusus sesuai dengan kebutuhan mitra Grab di masing-masing negara di mana Grab beroperasi. Inisiatif ini merupakan tambahan dari program perlindungan asuransi gratis yang telah disediakan Grab di seluruh Asia Tenggara (Program Perlindungan Kecelakaan Diri Grab) untuk semua mitra pengemudi dan pengantaran jika mengalami kecelakaan atau meninggal dunia ketika tengah menjalankan pekerjaan di platform Grab, sesuai dengan syarat dan ketentuan dari perlindungan asuransi yang disediakan.

  • Beasiswa pendidikan: Bantuan keuangan yang diberikan berdasarkan pada prestasi akademik bagi mereka yang kurang mampu dan termasuk dalam komunitas-komunitas yang terkait dengan Grab.

  • Bantuan Keuangan untuk Penyandang Disabilitas: Bantuan keuangan yang ditujukan untuk para penyandang disabilitas guna mengakses peluang pendapatan dan mobilitas melalui pembiayaan modifikasi mobil atau motor, sekolah mengemudi dan kebutuhan akan perlengkapan seperti kursi roda dan alat bantu pendengaran sehingga mereka dapat menggunakan platform Grab untuk mengakses kesempatan dalam memperoleh penghasilan.

Untuk masyarakat Asia Tenggara secara umum:

  • Program-program Literasi Digital dan Keuangan: Bekerja sama dengan institusi-institusi keuangan atau pendidikan guna menyediakan materi-materi edukasional dan secara bersama-sama mengembangkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk meningkatkan akses digital, produktivitas dan kemandirian keuangan.

  • Ketahanan akan Perubahan Iklim: Dana hibah atau insentif untuk mendukung teknologi rendah emisi atau nol emisi dan solusi-solusi pengurangan sampah, guna menjawab tantangan perubahan iklim dan polusi sampah.

  • Bantuan Bencana Alam: Dukungan finansial untuk membantu membangun kembali kehidupan kelompok masyarakat yang rentan terkena dampak bencana alam.

Pembentukan Dana GrabForGood merupakan capaian signifikan yang dibangun berdasarkan beragam inisiatif yang telah berhasil dijalankan Grab untuk memberdayakan Asia Tenggara, seperti Small Business Booster Program (Program Dukungan Bisnis Kecil) yang membantu para pelaku bisnis kecil untuk mendigitalisasi bisnis mereka, dan program peningkatan keterampilan para mitra Grab melalui modul-modul e-learning literasi digital Microsoft yang diberikan secara gratis melalui aplikasi mitra pengemudi Grab.

Grab akan memastikan pemanfaatan Dana GrabForGood akan mengikuti tata kelola dan ketentuan yang didasarkan pada hukum, peraturan dan persyaratan kepatuhan lokal di masing-masing wilayah.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *