Google Meet Rilis Fitur Baru, ini Cara Menggunakannya

 Google Meet Rilis Fitur Baru, ini Cara Menggunakannya

Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir membuat masyarakat semakin beradaptasi dalam melakukan segala aktivitasnya secara online. Selama satu setengah tahun, masyarakat telah melakukan hampir seluruh kegiatannya secara virtual, mulai dari belajar, meeting, hingga melakukan silaturahmi dengan keluarga pun kini hanya dapat dilakukan secara virtual melalui platform konferensi video. Masyarakat kini seolah-olah bergantung pada platform tersebut dalam menjalankan aktivitas.

Akibatnya, beberapa platform konferensi video berlomba-lomba dalam memberikan fasilitas lebih yang dapat dirasakan oleh penggunanya agar tetap dapat bersaing ditengah maraknya aplikasi serupa yang bermunculan.

Salah satu perusahaan yang juga menambah fitur-fitur baru dalam layanannya adalah Google.  Melalui aplikasi besutannya yaitu Google Meet, Google menghadirkan beberapa fitur baru yang dapat digunakan untuk menunjang pengguna nya dalam melakukan kegiatan berbasis online.

Google Meet sendiri menjadi salah satu aplikasi yang kerap digunakan untuk mendukung pekerjaan ataupun kegiatan lain yang berhubungan dengan pertemuan secara online atau virtual.

Fitur terbaru Google Meet

Melansir dari laman gadgets.ndtv.com, Google Meet baru-baru ini menambahkan filter video baru, efek, serta topeng AR untuk panggilan pribadi di IOS dan Android.

Pada 7 Juli 2021 kemarin, melalui akun Twitter resmi Google, mereka mengatakan bahwa fitur-fitur baru tersebut tersedia melalui ikon berkilau di kanan bawah umpan video selama panggilan, yang menampilkan korsel berbagai efek yang mencakup filter warna dan efek wajah AR animasi.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, filter dan animasi baru ini hanya tersedia untuk panggilan pribadi di akun Gmail pribadi melalui aplikasi Google Meet di IOS dan Android. Ini artinya pengguna Workspace tidak akan mendapatkan fitur baru tersebut.

Untuk pengguna Workspace, Google hanya menyediakan fitur berupa pilihan latar belakang buram dan virtual secara terbatas. Tujuannya adalah agar pemilik akun tetap dapat tampil secara profesional.

Dirilisnya fitur baru ini merupakan salah satu upaya Google dalam memperkenalkan Meet ke pengguna yang lebih umum. Jika sebelumnya Meet hanya tersedia untuk pengguna yang berorientasi ke perusahaan dan bisnis, kini Meet juga berupaya untuk menjangkau pengguna secara lebih luas dari seluruh kalangan.

Cara Menggunakan Filter Google Meet

  • Buka aplikasi Google Meet, pastikan aplikasi Google Meet yang terdapat pada smartphone Anda merupakan versi terbaru.
  • Lakukan panggilan video Google Meet dengan teman, Anda dapat memilih opsi “Memulai Meeting” atau jika sudah memiliki jadwal meeting, Anda tinggal mengkliknya.
  • Saat berada di laman pratinjau, klik ikon “Bintang” di layar

fitur baru google meet

  • Kemudian Anda akan dialihkan ke jendela baru untuk mengatur tampilan video pengguna dengan tab yang disiapkan. Geser tab pilihan ke arah kiri hingga pengguna menemukan opsi “filters”.
  • Jika sudah memilih filter yang diinginkan klik “Done” lalu klik “Join”
  • Jika Anda sewaktu-waktu ingin mengubah filter, klik ikon sparkle atau effect yang berada di kanan bawah saat melakukan video call.
  • Setelah itu akan muncul opsi styles, filters, blur effect dan background.
  • Untuk opsi styles, pengguna dapat memberikan efek suar warna saat melakukan panggilan. Kemudian untuk filters, pengguna dapat menempelkan topeng atau aksesoris virtual saat menelpon via Google Meet.

Nah itu dia tadi salah satu fitur terbaru yang diberikan oleh Google Meet. Dengan menggunakan fitur-fitur tersebut tentunya akan membuat tampilan video menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *