Google Kini Lengkapi Hasil Pencarian dengan Informasi Ekstra Mengenai Sumbernya

Sebagai suatu mesin pencari yang bisa diandalkan, Google sebisa mungkin bakal menyajikan hasil pencarian seakurat mungkin. Sering kali hasilnya memang berasal dari situs yang terpercaya, tapi tidak jarang juga Google menampilkan hasil dari situs yang mungkin kurang kita kenali.

Daripada harus membuka tab baru untuk mencari tahu soal situs tersebut terlebih dulu, sekarang ada solusi baru yang lebih praktis. Di setiap hasil pencarian, sekarang pengguna dapat mengklik icon menu yang berlambang tiga titik untuk menampilkan informasi lebih merinci mengenai hasil pencariannya.

Informasinya bisa bermacam-macam, tapi yang paling umum adalah deskripsi situs terkait yang diambil dari Wikipedia. Jadi kalaupun Anda tidak pernah mendengar nama situsnya, setidaknya Anda bisa merasa aman membuka situsnya setelah melihat penjelasan dari Wikipedia (tanpa harus membuka laman Wikipedia itu sendiri).

Alternatifnya, informasi yang ditampilkan juga bisa berupa penjelasan akan fitur yang Google miliki. Lalu seandainya suatu situs belum punya laman Wikipedia sendiri, Google akan menampilkan informasi kapan mereka pertama kali mengindeks situs tersebut. Tidak kalah penting adalah informasi keamanan terkait situs itu sendiri.

Google menilai konteks ekstra ini dapat membantu pengguna menentukan mana informasi yang paling berguna bagi mereka. Juga penting adalah rasa aman itu tadi, terutama saat sedang mencari informasi mengenai kesehatan maupun keuangan. Sekali lagi, semua informasi tambahan ini memang sudah bisa kita cari sendiri secara manual, dan Google hanya bermaksud untuk membantu kita menghemat satu langkah ekstra.

Selain di mobile, fitur baru ini juga akan tersedia di perangkat desktop. Sayang sekali sejauh ini yang kebagian jatah baru pengguna di Amerika Serikat, akan tetapi itu tidak mengejutkan mengingat Google masih menyertakan embel-embel “beta” pada fitur ini.

Sumber: Google.

Internet
oleh Glenn
Artikel Terbaru