Google dan Qualcomm Mengerjakan Project Treble, Perpanjang Umur Smartphone Android

 Google dan Qualcomm Mengerjakan Project Treble, Perpanjang Umur Smartphone Android

Bagi pengguna smartphone Android, terutama kelas menengah ke bawah dan model lama, pembaruan sistem operasi ke versi terbaru merupakan hal yang tak pasti. Sangat berbeda dengan perangkat iOS, pengguna iPhone mendapat dukungan pembaruan OS hingga empat tahun terhitung sejak perangkat tersebut dirilis.

Kabar terbaru, Google dan Qualcomm telah menjalin kerja sama yang akan sangat menguntungkan bagi para pengguna Android. Mereka bersama-sama mengerjakan Project Treble yang bertujuan untuk menyederhanakan pembaruan OS Android sehingga produsen perangkat (OEM) lebih mudah meningkatkan smartphone dan tablet yang menggunakan chipset Qualcomm ke versi Android yang lebih baru.

Sebagai informasi, saat ini smartphone Google Pixel dan flagship Samsung mendapatkan dukungan pembaruan OS utama selama tiga tahun. Namun dengan Project Treble yang dikerjakan bersama Qualcomm, memungkinkan smartphone Android mendapatkan empat versi OS dan pembaruan keamanan empat tahun.

Project Treble yang lama
Project Treble yang baru

Bermula pada tahun 2017, Google merancang ulang Android menjadi lebih modular sehingga memungkinkan pembaruan menjadi lebih mudah dan lebih cepat untuk diterapkan. Dengan Project Treble, OEM dapat memperbarui framework OS tanpa harus mengubah implementasi vendor dan solusi baru Google akan mengurangi upaya yang diperlukan untuk menghadirkan pembaruan Android terbaru sehingga dapat mendukung perangkat mereka untuk jangka waktu yang lebih lama.

Namun mungkin perlu beberapa tahun sampai pengguna smartphone Android dapat merasakan manfaat yang diciptakan oleh program ini. Hal itu karena saat ini Qualcomm hanya membuat komitmen untuk perangkat masa depan, dimulai dengan Snapdragon 888 – chipset yang akan digunakan oleh smartphone flagship tahun 2021.

Google juga memberi gambaran dampak adanya Project Treble, saat Android 11 dirilis sudah ada sebanyak 667 juta perangkat yang sudah jalankan Android 10. Sekitar 10,82% di antaranya mendapatkan pembaruan secara over-the-air (OTA).

Sumber: The Verge

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *