Google Assistant Kini Dapat Diajak Berinteraksi Menggunakan Headphone atau Earphone Berkabel

Google Assistant Kini Dapat Diajak Berinteraksi Menggunakan Headphone atau Earphone Berkabel

Dewasa ini, headphone atau earphone wireless yang dilengkapi dukungan untuk memanggil dan berinteraksi dengan Google Assistant sudah tergolong sangat umum. Cukup dengan menekan tombol, pengguna dapat langsung menginstruksikan atau menanyakan sesuatu kepada Google Assistant.

Saya masih ingat mungkin dua atau tiga tahun lalu, kemudahan untuk berinteraksi dengan Google Assistant ini merupakan salah satu hal yang paling diincar dari konsumen ketika hendak membeli sebuah headphone atau earphone wireless. Sekarang, fitur tersebut sudah bisa dikategorikan sebagai standar. Pertanyaannya, bagaimana jika Anda masih setia dengan headphone atau earphone berkabel?

Kabar baiknya, aplikasi Google di perangkat Android sudah diperbarui agar fitur ini juga berlaku untuk headphone atau earphone berkabel, entah yang terhubung via konektor 3,5 mm biasa atau via konektor USB-C. Syaratnya cuma satu: headphone atau earphone-nya harus dilengkapi mikrofon, serta memiliki tombol yang umumnya berfungsi untuk play/pause atau untuk menerima panggilan telepon.

Jadi saat headphone atau earphone disambungkan, akan muncul notifikasi dari aplikasi Google berlabel “Talk to your Assistant on headphones“. Klik notifikasi tersebut, maka pengguna akan dibawa ke proses set-up awal seperti ketika menggunakan headphone atau earphone wireless. Setelahnya, pengguna bisa langsung berinteraksi dengan Google Assistant.

Caranya cukup dengan mengklik dan menahan tombol play/pause itu tadi sampai terdengar bunyi, lalu lepas tombolnya dan langsung berbicara. Alternatifnya, pengguna juga dapat menekan dan menahan tombol selama dua detik untuk meminta Google Assistant membacakan notifikasi yang ada – dengan catatan pengguna sudah menyetujui permission-nya di bagian pengaturan.

Sangat menarik melihat bagaimana fitur ini sekarang sudah bisa dinikmati oleh hampir semua pengguna. Sebelumnya, satu-satunya earphone berkabel yang dibekali fitur tersebut hanyalah Pixel USB-C Buds besutan Google sendiri.

Sumber: 9to5Google. Gambar header: Adobe Stock.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *