15 Game Zombie Android, Bukan Hanya Seram tapi Juga Menantang

Game bergenre zombie akhir-akhir ini menjadi genre populer yang banyak dicari oleh gamers di seluruh dunia. Salah satu game zombie sederhana yang sejak dulu terkenal adalah Plant vs Zombie.

Nah selain Plant vs Zombie, masih banyak game zombie android terbaik yang bisa anda coba. Penasaran? Berikut 15 game zombie android terbaik yang harus anda coba.

  1. The Walking Dead: Season One

Pada tahun 2012, Telltale Games merilis game bergenre zombie baru bernama The Walking Dead: Season One. Game ini adalah sebuah game adventure yang memiliki 5 episode dan dikembangkan berdasarkan serial komik populer berjudul sama. Karena dikembangkan berdasarkan komik, game ini memiliki arah dan jalan cerita yang jelas.

Pada episode pertama anda akan disajikan pada situasi awal kiamat zombie. Lee (pemeran utama) harus menyelamatkan dirinya dan banyak korban lain yang selamat di Georgia agar terhindar dari serangan Walker (para zombie).

Pada episode kedua, situasi berlanjut dengan kehabisan makanan dan anda harus memutuskan untuk menerima bantuan dari peternak sapi bernama St John. Kemudian mereka harus melarikan diri lagi karena peternakan diserang oleh Walkers.

Untuk episode selanjutnya, anda bisa mengetahuinya dengan mendownload dan memainkan game ini. Yang pasti setiap episode akan membuat anda tegang dan terbawa alur cerita. Menariknya, setiap keputusan yang anda ambil untuk permainan ini dapat menentukan ending dari game ini loh. Menarik sekali bukan?

  1. Kill Shot Virus

Kill Shot Virus merupakan game zombie android terbaik yang dikembangkan oleh Hothead Games dan dirilis pada tahun 2017. Dalam game ini, anda diharuskan untuk membunuh semua zombie yang ada di bumi menggunakan senjata api yang telah disediakan.

Untuk mendapatkan senjata api, anda harus menyelesaikan berbagai misi yang berbeda tingkat kesulitannya. Grafik dari game ini sangat mumpuni dan berkualitas, tentunya akan menambah ketegangan karena setiap pemain dapat merasakan ketegangan dalam permainan.

Selain game regularnya, ada juga permainan survival dengan beberapa tipe zombie yang bisa anda coba. Sound effect yang ada dalam gae ini bervolume besar dan cukup menambah tegang suasana permainan.

  1. Last Day On Earth

Di urutan ketiga ada game Last Day On Earth keluaran perusahaan Kefir!. Seperti judulnya, dalam game ini anda diharuskan mengatasi wabah zombie yang tiba-tiba menyerang dunia dan bertahan hidup seolah-olah hari itu adalah hari terakhir di bumi.

Grafis gambar yang disediakan dalam game ini sangat detail dan bersih sehingga nyaman dimainkan dalam waktu lama. Bahkan para gamers menilai grafis dari game ini bisa dibandingkan dengan game The Sims.

Dalam permainan ini, anda akan memulai game dengan tangan kosong bahkan dengan tubuh tanpa perlindungan apapun (hanya celana yang tidak memberikan kekuatan apapun). Seiring dengan jalannya permainan, anda akan menemukan berbagai benda yang bisa anda manfaatkan untuk bertahan hidup.

Game ini tidak hanya tentang membunuh zombie dengan senjata yang anda dapatkan, namun juga bertahan hidup disana dengan membangun rumah, mencari obat dan mencari makanan. Yang menarik dari game ini adalah, segala sesuatu yang anda miliki bersifat sementara alias akan menghilang ketika masanya sudah habis. Untuk itu anda harus berpacu dengan waktu dan mengembangkan strategi yang baik ketika melawan zombie.

  1. Dead Effect 2

Game yang satu ini sempat sangat heboh di tahun 2015 karena dirilis pada saat momen Halloween. Game ini merupakan game lanjutan dari Dead Effect yang disempurnakan dengan penambahan fitur-fitur baru, misi-misi baru hingga pengembangan audio visual yang menambah keseruan salah satu game zombie android terbaik ini.

Game ini dibuat dengan teknologi baru berbasis Unity yang bahkan dinilai sebagai game FPS terbaik di akhir tahun 2015 lalu. Jika ditilik dari game pertamanya, Dead Effect cenderung lebih rapi dan detail animasi yang lebih halus. Dari sisi lingkungannya masih bernuansa kelam agar pemain lebih merasakan suasana zombie apocalypse yang dilengkapi sentuhan modern dalam kapal.

Yang juga menarik perhatian dalam game ini adalah ketika anda menggunakan earphone saat bermain, anda akan merasakan suasana yang lebih menegangkan seolah-olah para zombie itu berada tepat di belakang anda.selain permainan tembak menembak zombie, game ini juga menuntut anda untuk bisa menyelesaikan permainan otak seperti puzzle gambar dan angka yang harus anda selesaikan dalam waktu yang singkat.

  1. Dead Trigger 2

Sebagai permainan sekuel dari seri sebelumnya yaitu ‘Dead Trigger’, game yang satu ini masih banyak meneruskan gaya ermainan dari seri sebelumnya. Dalam game ini anda harus bertahan hidup dari serangan zombie sembari menyelesaikan misi yang telah disediakan. Misi yang tersedia akan semakin sulit seiring berjalannya waktu.

Terdapat 7 mode gameplay yang bisa anda coba dalam permainan ini. Ada mode defend, mode assault, mode escort, mode sniper, mode power run, mode seek & destroy dan mode load supply. Banyaknya mode gameplay disini bisa anda jadikan selingan ketika bosan dengan alur game yang begitu-begitu saja.

  1. Unkilled

Selanjutnya ada game zombie android terbaik keempat yaitu Unkilled. Unkilled adalah game lain yang dikembangkan oleh Madfinger Games yang merupakan developer game yang sama dengan Dead Effect 2. Sebagai penerus, game ini tentunya memiliki fitur-fitur baru yang tidak anda dapatkan di dead effect 2.

Misi-misi yang diberikan juga lebih beragam, lebih menantang dan dibagi dalam lebih dari 300 stage. Game Unkilled sebenarnya sedikit mirip dengan seri game Dead trigger namun dengan pengalaman menembak zombie yang lebih menyenangkan karena ditambah dengan berbagai audio dan sound effect yang menyertainya.

Dalam game ini, anda tidak hanya bisa membunuh zombie dengan cara menembak, namun bisa juga dengan variasi serangan lain seperti melempar roket atau menyerang zombie secara langsung dengan bantuan slow motion.

Terdapat berbagai jenis zombie yang ada dalam permainan ini mulai dari zombie berukuran mini hingga zombie raksasa dengan banyak ranjau di badannya. Zombie-zombie yang muncul pastinya memiliki tingkat kesulitan tersendiri untuk dibasmi. Game zombie yang satu ini akan membuat anda merasakan pengalaman menjadi zombie shooter ke tingkat yang lebih menegangkan.

  1. Into the Dead 2

Mirip seperti game Kill Shot Virus, Into the Dead 2 menyuguhkan permainan dimana anda harus bertahan dari serangan zombie dan berlari sejauh dan selama mungkin agar tidak terbunuh. Game zombie android terbaik yang satu ini memberikan anda senjata-senjata yang bisa anda manfaatkan untuk bertahan hidup.

Game ini juga menuntut anda untuk menyelesaikan tantangan dan misi untuk sampai ke akhir permainan. Dari segi visual, game zombie ini cukup apik dan sederhana. Sound effect yang ada didalamnya juga sangat mendukung permainan.

  1. Mad Zombies

Sesuai dengan gameplaynya, game zombie android terbaik ini mengambil sudut pandang first person dengan zombie sebagai target operasi utama. Zombie yang ada disini hanya bisa bergerak sesuai dengan skenario yang sudah disusun oleh developer sehingga tugas anda sebagai pemain hanyalah menembak zombie yang berada di sekitar anda.

Dalam game ini, terdapat berbagai macam zombie dengan berbagai bidang pekerjaan dan tingkat kesulitan untuk dibunuh. Ada zombie gelandangan yang mudah dibunuh hingga zombie kelelawar yang bisa terbang dan sulit untuk ditaklukkan.

Zombie-zombie dengan tingkat kesulitan tinggi biasanya hanya ada di misi-misi khusus dan tidak berada di jalan cerita utama. Ada juga zombie yang berperan sebagai bos dan akan menjadi lawan terkuat yang sulit untuk ditaklukkan. Adanya bos zombie disini pastinya akan menambah keseruan bermain.

Ukuran layar dari game ini cukup kecil, namun tidak mengurangi kesempurnaan latar grafis dari game Mad Zombies. Terdapat shadow atau bayangan gerakan yang membuat game ini tampak lebih nyata.

Visual dari zombie juga cukup wajar layaknya zombie dalam film-film. Audio yang menyertai game ini juga cukup mendukung suasana menegangkan saat bermain Mad Zombies. Yang sedikit kurang dalam permainan ini justru ada pada gerak animasi karakter dalam setiap scene yang terlihat sangat kaku dan cenderung lambat. Namun hal ini masih bisa ditutupi karena jalan cerita game yang cukup menarik.

  1. Zombie Survival: Wasteland

Jika anda adalah gamers yang menyukai game zombie dengan cerita pembangunan shelter di dalamnya (untuk melawan zombie), tapi anda tidak suka tampilan karakter yang di kartunisasi maka sepertinya anda akan cocok dengan game yang satu ini, Zombie Survival: Wasteland.

Grafik yang dihadirkan dalam permainan ini sangat bagus bahkan dianggap layak untuk dimainkan di PC atau Konsol meskipun sebenarnya game ini adalah permainan ponsel. Sebenarnya, gaya permainan ini masih sama seperti game zombie pada umumnya yang tujuan utamanya adalah membunuh zombie.

Yang harus anda lakukan adalah mengumpulkan senjata, bahan makanan dan peralatan lain (disebut dengan resources), membuat senjata baru untuk bertahan hidup, membersihkan mayat zombie yang sudah anda bunuh, dan tentu saja membangun shelter!. Map yang tersedia di permainan ini sangat luas sehingga anda bisa mengeksplorasi permainan tanpa merasa bosan pada tempat tertentu.

Anda juga bisa bertarung dengan orang lain dalam game ini dengan fitur PVP atau player vs player dan jika anda menang, anda bisa merampok resource yang mereka miliki. Namun jika anda kalah, tentu saja anda harus siap untuk dirampok juga.

Yang menjadi kekurangan dari game satu ini adalah harganya terlalu mahal untuk sebuah permainan zombie pada umumnya. Sebenarnya player tetap bisa melakukan permainan tanpa melakukan pembelian tertentu, namun disini pemain tampak kesulitan untuk mengembangkan karakternya. Sehingga mau tidak mau pemain seolah diharuskan untuk membeli beberapa fitur.

  1. Life After

Jika anda adalah penggemar permainan zombie yang berbasis pembangunan basecamp, berburu, mengumpulkan resources, dan tentunya mempertahankan diri dari serangan zombie, maka game Life After patut anda coba.

Game online android dengan mode multiplayer ini akan mengajak anda membasmi keberadaan zombie dalam permainan sudut pandang ketiga. Pada awal permainan, anda akan bertemu dengan seorang survivor yang berpakaian layaknya orang militer.

Nah dengan orang itulah anda akan dilatih terlebih dahulu tentang skill skill dasar untuk bertahan hidup seperti menebang pohon, membangun basecamp dan tentu saja skill untuk membunuh zombie. Game besutan NetEase ini juga memiliki jalan cerita yang seru dalam permainannya.

Setelah banyak latihan panjang untuk bisa survive dalam permainan, anda bar  bisa memasuki map dan anda akan ditinggalkan sendirian tentu saja dengan skill-skill yang telah anda pelajari. Sembari memburu zombie, anda bisa membangun basecamp, mencari senjata dan tentu saja mencari makanan untuk bertahan hidup.

  1. Dark Days: Zombie Survival

Game zombie android terbaik yang satu ini sebenarnya banyak dikritik karena dianggap terlalu mirip dengan game Last Day on Earth yang sudah diluncurkan sebelumnya. Namun Azur Interactive sebagai developer game ini berhasil membuktikan bahwa kritikan yang ditujukan kepada game nya ini salah karena alur permainan yang berbeda.

Dark Days mengkombinasikan permainan dengan tema survival dengan tema tactical shooter sehingga tidak sembarang orang bisa melakukan permainan ini dengan mudah. Dalam game ini juga tersedia kendaraan kendaraan modern yang bisa dimanfaatkan untuk melarikan diri.

  1. Flat Zombies

Jika pada daftar sebelumnya sudah dijelaskan tentang permainan zombie yang memiliki grafik terbaik, maka dalam game Flat Zombies, anda akan menemukan grafis anti mainstream yang mungkin membuat anda heran pada awalnya. PaVol Dev sebagai developer game ini memang sengaja membuat game dengan gaya grafik yang flat, namun tetap menyenangkan karena alur permainan yang menyenangkan.

Sejak awal permainan anda akan dibekali berbagai persenjataan yang bisa anda gunakan untuk melawan zombie. Game ini membuktikan bahwa dengan grafik model apapun, selama permainannya seru dan pemain dapat beradaptasi, maka game ini akan benar-benar nagih!

  1. Dead Zombie Battle

Pada permainan yang satu ini anda akan dihadapkan dengan kota mati yang penuh dengan zombie. Permainan ini merupakan permainan multiplayer sehingga anda bisa bermain bersama dengan teman teman anda dan bekerja sama untuk membuat squad terbaik dan melawan para zombie.

  1. Zombie Gunship Survival

Game yang satu ini memiliki genre laga dimana anda harus bertarung melawan zombie yang memiliki sumber daya yang anda butuhkan. Jadi, zombie adalah pemilik resource dan untuk merebutnya, anda harus bertarung terlebih dahulu dengan para zombie.

Game yang satu ini memiliki grafis yang bagus dan latar yang menegangkan. Ditambah dengan audio dan sound effect yang mengagetkan, permainan ini tentu sangat seru dan sayang untuk dilewatkan.

  1. Last Hope Sniper: Zombie War

Yang terakhir ada game zombie android terbaik bernama Last Hope Sniper: Zombie War. Game keluaran JE Software AB ini merupakan seri ketiga dari Zombie War series. Karenanya, pada saat peluncuran game ini mencuri banyak perhatian dari para gamers terutama yang sudah mengikuti serial sebelumnya dari Zombie War.

Tampilan grafik yang ditampilkan oleh permainan ini sangat unik karena meskipun berbasis 3 dimensi, game ini tetap memberikan sentuhan kartunisasi dalam karakter atau gambaran lingkungan permainan. Meskipun begitu, anda sebagai first person shooter dijamin tidak akan kehilangan sensasi menembak secara real dalam permainan ini.

Dalam game ini juga tersedia story based mission yang beragam, jumlahnya mencapai 150 misi dan akan terus diperbarui. Tingkat kesulitan dalam misi misi itu juga beragam dan dengan keuntungan yang beragam pula. Hal ini akan membuat permainan tampak lebih hidup dan tidak membosankan.

Sembari melakukan peningkatan terhadap senjata-senjata yang anda miliki, anda juga bisa mengumpulkan lebih dari 30 skill yang tersedia dalam permainan ini. Cara menambah skill nya juga unik namun tidak akan membuat anda repot kok, pastinya penambahan skill ini akan membuat cara kerja pembunuhan zombie anda lebih maksimal.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru