5 Game Simulasi Pesawat Terbang untuk Android

Game simulasi pesawat terbang termasuk salah satu genre game yang sangat diminati pengguna Android. Bukan karena tantangannya yang berat tapi juga keseruan yang dihadirkan tak serupa dengan keseruan di game-game bergenre lain.

Berikut ini kami rekomendasikan 5 game simulasi pesawat yang bisa digunakan di perangkat berbasis Android.

Extreme Landing

Ini adalah game simulator pesawat paling realistis pertama yang saya mainkan. Kala itu jujur belum ada game pesawat berbasis Android yang mampu menandingi tidak hanya dari segi grafis tapi juga gameplay.

Sekarang memang sudah bermunculan beberapa game bergenre sama yang menawarkan tantangan, grafis dan gameplay yang tidak kalah baiknya.

Real Flight Simulator

Game yang juga dibuat oleh Rortos ini berada satu level di atas Extreme Landing, di mana dalam game ini Anda bisa memilih bandara dan menentukan kondisi cuaca secara real-time atau dengan skenario.

Anda juga bisa terbang secara live kemudian saling menyapa pilot-pilot lain dan menemukan pilihan pesawat yang lebih luas dibandingkan di Extreme Landing.

Infinite Flight

Memiliki grafis yang cukup rapi dan gameplay yang menarik, Infinite Flight punya segudang fitur yang memanjakan penggunanya, antara lain:

Fitur:

  • Puluhan pesawat pada berbagai armada maskapai, penerbangan umum dan pesawat militer (berlangganan dengan Infinite Flight Pro untuk membuka semua pesawat)
  • Berbagai wilayah yang menampilkan citra satelit high definition, topografi yang akurat dan semua bandara terkenal dengan layout runway dan taxiway yang tepat
  • Hari dan kondisi cuaca yang dapat disesuaikan (real time atau kustom)
  • Atmosfer yang realistis dengan tampilan matahari, bulan, dan bintang
  • Autopilot (mendukung kontrol semua parameter penerbangan, mode NAV untuk mengikuti rencana penerbangan, dan auto land pada pesawat yang dipilih)

Airplane!

Kendati tidak memiliki kualitas grafis sebaik tiga game simulasi pesawat di atas, Airplane! saya rasa punya potensi untuk terus berkembang. Gameplay yang disuguhkan cukup menjual dan terbilang sederhana, cocok untuk gamer-game pemula yang memiliki perangkat dengan resource yang terbatas.

X-Plane Flight Simulator

Pilihan pesawat yang tidak terlalu banyak menjadikan game ini kurang mendapatkan apresiasi. Padahal dari sisi gameplay dan grafis, kualitasnya sudah lebih dari cukup. Pengaturan dan juga posisi tombol juga terbilang rapi, mudah dikendalikan dan dengan fitur ekstra yang dirancang untuk memanjakan.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru