15 Game MOBA Mobile Android Terbaik

15 Game MOBA Mobile Android Terbaik

Membahas game MOBA tak bisa lepas dari nama besar Mobile Legends atau Arena of Valor. Tapi, selain dua nama besar ini, sejatinya ada sederet game MOBA mobile yang tak kalah kompetitif dan seru.

Setidaknya, Trikinet menemukan 15 game MOBA mobile Android yang bisa coba Anda mainkan di waktu senggang, seandainya Anda sedang mencari alternatif lain yang tak kalah menarik.

1. Arena of Valor (AOV)

Yang membuat Arena of Valor saya tempatkan di posisi pertama ialah karena kehadiran karakter superhero dan supervillain dari DC Comics ke dunia Athanor. Mulai dari the Dark Night Batman, musuh bebuyutannya Joker, Man of Steel Superman, Wonder Woman, hingga manusia tercepat di Bumi; Flash.

Game Arena of Valor ini dirilis oleh perusahaan teknologi raksasa asal Tiongkok yakni Tencent dan pasar Indonesia sendiri berada di bawah payung Garena. Dari pengalaman yang saya peroleh, AOV memiliki gameplay yang mudah dimengerti, menampilkan grafis yang sangat memanjakan mata, dan server lebih stabil serta tidak mudah disconnect meski dalam kualitas koneksi internet yang agak buruk.

2. Mobile Legends: Bang Bang

Meski popularitas Arena of Valor menanjak drastis, tapi Mobile Legends: Bang Bang garapan Moonton masih merupakan game MOBA mobile paling populer di Indonesia. Karena Mobile Legends hadir lebih dulu dan lebih ringan dibanding AOV sehingga bisa dimainkan pada perangkat smartphone berspesifikasi rendah.

Sayangnya isu soal masalah jaringan dan indikasi lemahnya server membuat lag sering kali menghampiri para player Mobile Legends di Indonesia ketika tengah asyik bermain. Hal ini tentu cukup membuat kesal dan frustasi ketika memainkan ranked match.

3. Vainglory

Vainglory adalah game MOBA mobile pertama yang saya mainkan dan sampai sekarang saya masih takjub akan kualitas grafis yang disuguhkan, aman kalau saya bilang sajian grafisnya setara dengan game PC/konsol. Meski bukan merupakan pilihan utama, sesekali saya masih memainkannya di akhir pekan.

4. Heroes Evolved

Selain tiga game MOBA mobile di atas, Heroes Evolved layak diberi kesempatan untuk Anda coba. Sekilas game ini hampir serupa dengan AOV dan Mobile Legends, tapi tentu ada beberapa perbedaan.

Dari petanya sendiri ada fitur fog of war yang akan membuat map menjadi gelap. Selain itu, fitur recall tidak hanya bisa digunakan untuk kembali ke markas tapi Anda juga bisa melakukan teleport ke tower mana pun yang masih berdiri. Pilihan hero-nya juga bervariasi, lebih lanjut Anda harus mencobanya sendiri.

5. Heroes Arena

Game MOBA besutan developer uCool ini juga layak menjadi pilihan alternatif terbaik. Berbagai mode disuguhkan, baik itu mode standar MOBA, mode fast game,co-op vs AI, hingga battle royale. Banyak persamaan dengan AOV dan ML, bedanya ialah setiap hero-nya memiliki total lima skill.

6. Strike Royale

Mengusung gameplay yang serupa, Strike Royale hanya mendukung 3 pemain dalam satu tim yang sama atau biasa disebut dengan 3v3. Sisanya, hampir tak ada perbedaan dengan game MOBA pada umumnya, Anda harus mengumpulkan hero, bersaing menjadi yang terkuat dan kemudian saling menjatuhkan.

7. Lokapala

Game buatan lokal ini mencoba peruntungan di kancah game MOBA yang keras. Lokapala menyebut karakter-karakter heroik yang akan bertarung bersama Anda di dalam permainan sebagai Ksatriya.

Untuk rilisan pertama, Lokapala menghadirkan 15 Ksatriya, yang semuanya bisa Anda coba dan mainkan. Namun sayang, beberapa karakter yang dihadirkan pada Lokapala mungkin belum tentu dikenal oleh orang Indonesia sendiri.

8. Heroes’ Strike – Moba & Battle Royale

Game MOBA mobile berikutnya dikembangkan oleh WolfFun, memiliki karakter yang melimpah dengan sentuhan grafis yang unik. Misi di game ini adalah mengumpulkan bintang sebanyak mungkin. Yang berhasil memiliki bintang terbanyak, maka akan keluar sebagai pemenang.

9. Legendary Heroes MOBA Offline

Sesuai namanya, game MOBA mobile yang satu ini bisa dimainkan tanpa koneksi internet. Tentu dengan syarat, Anda harus mengunduh seluruh aset. Tapi, jangan berharap game ini bisa dinikmati secara penuh tanpa koneksi internet. Sebab untuk menemukan musuh yang tepat, Anda wajib untuk online.

10. League of Legend

Riot Games ikut meramaikan kancang permainan MOBA di perangkat mobile dengan meluncurkan League of Legend. Mengusung permainan 5v5, League of Legend memang masih kalah tenar ketimbang Mobile Legend ataupun AoV. Pun demikian, game ini layak dicoba jika Anda sedang mencari petualangan baru.

Alasannya tak lain karena grafisnya yang terlihat sangat menarik, plus ketersedian champion atau hero yang diberikan secara cuma-cuma tanpa perlu upgrade.

11. Heroes of Order & Chaos

Terdapat 57 hero yang bisa dipilih sesuai formasi tim Anda. Seperti gameplay di banyak game MOBA lainnya, ada pilihan 3v3 atau 5v5, tapi goal dari permainan tetaplah sama. Keluar sebagai tim terbaik dengan mengalahkan tim lainnya.

12. League of Masters: Legend PvP MOBA

Mengklaim dirinya sebagai game MOBA paling ringan, League of Masters: Legend PvP MOBA ini memang hanya membebani smartphone dengan kisaran file sebesar 100MB. Karenanya, performa game disebut akan relatif lebih cepat dari game MOBA Android lainnya.

Pilihan hero terbilang banyak, gameplay yang unik, kemudian cara farming yang tak biasa serta ketersediaan item yang unik dibandingkan game di luar sana.

13. ShellFire – MOBA FPS

Selain mode utamanya, di game ini terdapat beberapa mode tambahan, antara lain Mode Game Escord Battle, Death Match, Capture Point yang hanya dapat kamu temukan di ShellFire, merebut poin atau kalahkan semua musuh untuk mendapat kill terbanyak.

14. Legend of Ace

Ada perubahan signifikan yang dihadirkan oleh pengembang di game ini. Alih-alih menggunakan item, kini Legend of Ace menggunakan sistem kartu untuk meningkatkan kemampuan hero. Gameplay lain tak banyak berubah, di mana misi utamanya tetap menjadi tim terbaik.

15. Awakening of Heroes

Game MOBA mobile Android terbaik pilihan terakhir adalah Awakening of Heroes yang masih mengusung konsep permainan 5v5 yang memang sudah populer. Mode permainannya sendiri ada beraneka ragam, termasuk bagaimana cara Anda menyerang lawan.

Cara menyerang dan bertahan yang unik membuat game ini layak jadi salah satu alternatif game MOBA mobile selain ML dan AoV.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *