Bukalapak dan Facebook Gelar Pelatihan Komunitas Digital yang Menyasar Para Pelaku UMKM

 Bukalapak dan Facebook Gelar Pelatihan Komunitas Digital yang Menyasar Para Pelaku UMKM

Bersama Facebook, Bukalapak menggelar program Facebook Community Manager Certification Programme, sebuah program pelatihan yang ditujukan untuk para UMKM agar mampu meningkatkan kompetensi manajemen komunitas berbasis online.

Tentu tujuan akhir dari program ini adalah agar UMKM di Indonesia khususunya dapat mengelola bisnis mereka dengan optimal.

Facebook Community Manager Certification Programme ini dicetuskan oleh Facebook yang merangkul UMKM dan juga pemimpin komunitas serta organisasi non-pemerintahan dan non-profil. Program ini diharapkan dapat bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan para peserta dalam memberdayakan dan menghubungkan komunitas online agar semakin diakui dan tervalidasi sebagai pengelola komunitas dari Facebook.

Pelatihan ini diikuti oleh 200 Ranger atau local leaders Komunitas Bukalapak yang aktif di berbagai kota di seluruh Indonesia. Nantinya seluruh peserta dapat mengikuti tahapan selanjutnya berupa ujian untuk mendapatkan sertifikasi sebagai Facebook Community Manager secara gratis.

“Meskipun kita masih di dalam situasi pandemi, Bukalapak terus berupaya membantu para pelaku UMKM lokal agar dapat menjaga ketahanan bisnisnya, salah satunya melalui program-program edukasi dan pemberdayaan agar mereka bisa terus berkembang dalam menjalankan usahanya. Semoga setelah mengikuti program pelatihan ini, para pelapak dapat juga menjadi perpanjangan tangan dari Bukalapak dalam mengatur dinamika di komunitas kotanya masing-masing dengan baik”, ujar Ian Agisti Dewi Rani, Merchant Community & Engagement Lead Bukalapak.

“Memberikan kemampuan bagi orang-orang untuk membangun komunitas adalah misi penting kami di Facebook. Di Indonesia, Facebook hadir untuk mendukung komunitas dan bisnis di Indonesia baik besar maupun kecil untuk menggunakan teknologi digital dan memberikan dampak ekonomi dan sosial bagi masyarakat, salah satunya dengan memberikan program Facebook Community Manager Certification. Melalui program ini, kami berharap para pelapak di Bukalapak bisa mendapatkan keahlian untuk membangun dan mempertahankan komunitas, memperluas koneksi serta mencapai tujuan komunitas”,  Grace Clapham, Director of Community Partnerships Facebook menuturkan.

Artikel Menarik Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *