Edit Dokumen Office Sekarang Bisa Langsung Lewat Gmail

Kabar gembira bagi yang kerap bertukar dokumen Microsoft Office melalui email. Update terbaru Gmail menghadirkan integrasi Office yang sangat berguna, yang memungkinkan pengguna untuk membuka dan menyunting dokumen Word, Excel, atau PowerPoint langsung dari dalam inbox.

Sebelum ini, prosesnya agak lebih ribet karena pengguna harus lebih dulu menambahkan dokumen yang hendak diedit ke Google Drive sebelum akhirnya membukanya di Google Docs, Sheets ataupun Slides. Sekarang, pengguna hanya perlu mengklik tombol edit yang muncul di attachment.

Begitu diklik, otomatis muncul laman editor Docs, Sheets atau Slides (tergantung format file yang terdapat di attachment). Dari situ pengguna bisa langsung melakukan modifikasi jika diperlukan. Lalu kalau sudah, mereka dapat memilih opsi baru berlabel “reply with this file“, dan jendela compose Gmail pun otomatis akan ditampilkan, lengkap dengan dokumen yang sudah direvisi sebagai attachment-nya.

Yang istimewa, Gmail sama sekali tidak akan mengubah format file-nya. Dokumen masih akan dibuka dan diedit dalam format .docx, .xlsx, atau .pptx, tanpa dikonversi terlebih dulu ke format bawaan Google. Semua ini tanpa harus mengunduh attachment lalu mengunggahnya kembali setelah diedit.

Dalam kesempatan yang sama, Google Docs juga telah diperbarui agar sepenuhnya mendukung mixed page orientation, yang berarti pengguna sekarang sudah bisa mengedit dokumen Word yang isinya bercampur antara halaman dengan orientasi portrait sekaligus landscape. Ke depannya, Google juga berniat menambahkan dukungan supaya pengguna dapat menjejalkan gambar atau watermark di balik teks.

Bagi yang belum kebagian fitur baru ini, harap bersabar karena Google bilang prosesnya bisa memakan waktu hingga dua minggu sebelum akhirnya update ini dapat dinikmati oleh seluruh pengguna.

Sumber: The Next Web dan Google.

Internet
oleh Glenn
Artikel Terbaru