Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2016

Membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word bisa jadi sebuah tugas yang tidak mudah apabila tidak paham caranya. Padahal, daftar isi merupakan unsur penting yang wajib ada dalam karya tulis, proposla skripsi dan juga skripsi.

Tidak hanya harus ada, susunan dan formatnya juga harus rapi sesuai dengan urutan bab per bab dan juga sub bab yang dibahas di dalam karya tulis.

Persiapan Sebelum Membuat Daftar Isi di Word

Sebelum membuat daftar isi yang nantinya akan terisi secara otomatis, Anda wajib untuk menyusun dan mengkondisikan terlebih dahulu seluruh bab dan sub bab di dalam tulisan.

Jadi, sekarang buka dokumen karya tulis atau skripsi Anda.

  • Kemudian tandai bab pertama termasuk teks di bawahnya, kemudian klik Style dan pilih heading 1.

  • Ulangi step di atas untuk bab II, bab III dan seterusnya.
  • Setelah seluruh bab utama selesai, sekarang pindahkan fokus ke sub bab. Tandai sub bab pertama dahulu, lalu klik Style dan pilih heading 2.

  • Ulangi step di atas untuk semua sub bab yang merupakan sub dari bab-bab utama.
  • Apabila di dalam karya tulis Anda terdapat sub bab ketiga, maka ulangi cara di atas kemudian klik Style dan pilih Heading 3. Ulangi step ini untuk semua sub bab tiga lainnya.
  • Sebagai catatan saja, apabila ketika sobat menerapkan heading untuk tiap-tiap sub ternyata formatnya berubah menjadi italic atau tidak tebal, maka ubah dahulu dengan cara klik kanan di style yang dipilih lalu klik Modify.

 

  •  Ubah format dari jendela yang tampil. Anda bisa mengubah jenis huruf, ukuran, format hingga namanya.

Tutorial Word Lainnya:

Langkah Membuat Daftar Isi

Setelah seluruh tahapan di atas tuntas, sekarang saatnya membuat daftar isi yang terisi otomatis di Microsoft Word. Posisikan halaman daftar isi di bagian teratas, yang terpenting masih di dalam dokumen yang sama.

  • Sekarang posisikan kursor di barisan teratas, lalu klik References – Table of Contents. (untuk menampilan format daftar isi, klik jarum di sebelah menu), lalu pilih format daftar yang tampil di layar.

  • Hasilnya seperti ini. Daftar isi ini akan secara otomatis terisi jika Anda menambahkan bab atau sub bab baru dengan menerapkan metode awal di atas tadi.

  • Apabila daftar isi tidak terisi otomatis, jangan khawatir. Anda bisa mengatasinya dengan cara mengklik tombol Update Table yang berada di sebelah menu Table of Contents.

Itu dia panduan lengkap cara membuat daftar isi secara otomatis di Microsoft Word 2016. Selain di Word versi ini, Anda juga bisa menerapkan tutorial di atas ke Word versi lain seperti 2010, 2013 hingga versi terbaru sekalipun.

Pc
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru