Daftar Aplikasi Belajar Online yang Bisa Diakses Gratis dengan Telkomsel

Menghadapi situasi yang sedang tak menentuk pasca ditemukannya kasus infeksi Virus Corona di Indonesia membuat sejumlah brand melakukan sesuatu sebagai bentuk dukungan. Salah satunya adalah Telkomsel yang menawarkan paket Ilmupedia 30GB secara gratis.

Dalam paket ini, ada beberapa aplikasi belajar online yang bisa dipergunakan oleh pelanggan Telkomsel, antara lain:

Quipper

Quipper merupakan startup edukasi yang cukup menarik. Perlu diketahui, Quipper memiliki lima produk aplikasi e-learning seperti Quipper Quiz, StraightAce, Quipper Courses, Gakumo, dan juga Quipper School yang kini bisa dinikmati dalam bahasa Indonesia.

Quipper School merupakan platform penghubung antara siswa dan guru dalam pembagian tugas secara online. Layanannya diklaim sesuai dengan pelajaran yang diadaptasi dari kurikulum yang berlaku di Indonesia, tak ayal mata pelajaran yang umum ditemukan seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA, dan IPS tersedia di Quipper School. Sesuai dengan keterangannya, saat ini, Quipper School hanya bisa dinikmati oleh siswa kelas SMA mulai dari kelas 10 hingga kelas 12.

Zenius

Zenius mencoba mengubah cara belajar konvensional melalui layanan pendidikan online dan juga offline yang dikombinasikan dengan modul serta video tutorial. Secara khusus Zenius membantu pelajar mempersiapkan diri menghadapi tes masuk perguruan tinggi, menghadapi ujian nasional, ujian-ujian sekolah, serta tools belajar yang dapat diakses kapanpun dan di manapun secara online.

Startup edtech ini agresif menarik pengguna baru dengan membuka akses lebih dari 80 ribu konten secara cuma-cuma. Strategi ini bisa dikatakan usaha perusahaan mengukuhkan posisinya sebagai pionir edtech di Indonesia sejak 15 tahun beroperasi.

Cakap

Bernama asli Squline, Cakap mempunyai tiga layanan utama, yaitu Cakap Chat, Cakap Live, dan Cakap Lifestyle. Di antara platform tersebut, Cakap Chat yang sudah mendapatkan tanggal peluncuran pasti di tahun 2019.

Cakap Chat adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk belajar, berkonsultasi, maupun mengobrol one-on-one dengan guru/tutor. Pengguna bisa mengirimkan chat (teks) atau voice note (suara). Model bisnisnya berbasis langganan dalam jangka waktu tertentu.

Sementara itu, Cakap Live merupakan aplikasi live streaming untuk kegiatan belajar dengan guru profesional dengan maksimal partisipan mencapai 100 orang dalam satu sesi. Konten dan pengisi akan dikurasi. Aplikasi ini belum resmi meluncur, tetapi sudah bisa diakses pengguna.

Bahaso

Berada di bawah naungan PT Bahaso Intermedia Cakrawala, Bahaso memiliki 3 bentuk pembelajaran bahasa asing, yang bertama berbentuk course dengan materi yang dibagi ke dalam beberapa level, quiz yang dikemas dalam bentuk permainan interaktif, dan yang paling baru, Bahaso Talk, pembelajaran berbasis percakapan dengan tutor yang ada.

Bahaso mengusung konsep koin yang bisa dipergunakan untuk ditukarkan konten premium/paket berlangganan. koin dapat diisi ulang atau dibeli dengan berbagai cara, pembayaran melalui transfer bank, Indomaret, hingga pembelian voucher melalui Tokopedia.

RuangGuru

RuangGuru adalah sebuah perusahaan teknologi yang fokus pada layanan pendidikan, di mana siswa mulai SD hingga jenjang SMA dapat belajar lebih mudah dengan antarmuka yang interaktif. Beberapa ruang belajar yang disediakan antara lain video belajar yang bisa diulang, layanan bimbingan belajar on-demand, tryout ujian online, dan lain-lain.

Di RuangGuru juga terdapat marketplace di mana orang tua dapat mencari guru private untuk anaknya, dan menyediakan ruang bagi guru untuk mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual melalui layanan Kelas Saya.

Cara Berlanggan Gratis Paket Ilmupedia dari Telkomsel

Untuk Anda yang ingin berlangganan paket Telkomsel Ilmupedia ini, caranya gampang banget.

  • Unduh dan install aplikasi MyTelkomsel
  • Daftarkan nomor Telkomsel Anda.
  • Selanjutnya, Anda akan mendapatkan popup penawaran paket Telkomsel Ilmupedia. Jika tidak, Anda bisa menemukan banner penawaran paket Telkomsel Ilmupedia atau cara lainnya tap tombol Beli Paket – Internet – Pendidikan.

  • Maka, Anda akan mendapatkan pilihan paket Bebas Akses Ilmupedia 30GB.
  • Tap saja tombol Details.

  • Lalu tap tombol Buy/Beli.

  • Selesai, pembelian paket sudah berhasil dilakukan.

  • Selanjutnya Anda akan menerima pesan singkat yang memuat informasi pembelian paket gratis Telkomsel Ilmupedia 30GB.

  • Kalau sudah seperti ini, sekarang unduh aplikasi-aplikasi belajar online di atas untuk kemudian dipergunakan secara cuma-cuma.
  • Oya, khusus untuk paket RuangGuru, Anda harus membeli paket yang berbeda. Letaknya sama di pilihan menu paket Pendidikan.

Gambar header Telkomsel.

Mobile
oleh Bambang Winarso
Artikel Terbaru