[Panduan Pemula] 7 Cara Membuat Screenshot di PC, Cepat dan Mudah

Saat ini screenshot atau meng-capture layar baik dari smartphone maupun komputer sudah menjadi kebiasaan pengguna gadget. Cara screenshot layar smartphone sangat mudah. Hanya dengan sekali klik, gambar sudah tersimpan di galeri.

Namun bagaimana dengan cara screenshot di PC? Mungkin masih banyak orang yang belum tahu karena mereka lebih sering menggunakan smartphone daripada PC.

Ada banyak alasan kenapa banyak orang mengambil screenshot layar. Screenshot biasanya digunakan sebagai sebuah bukti dari kegiatan digital. Adapula yang membutuhkan screenshot sekedar untuk menyimpan informasi penting hasil browsing.

Langkah Membuat Screenshot di PC atau Komputer?

Ada setidaknya 7 cara membuat screen capture tampilan layar PC. Berikut adalah penjelasannya.

Menggunakan Tombol Print Screen

Cara paling praktis menangkap layar laptop adalah dengan menekan tombol Print Screen. Metode ini dinilai paling mudah karena seluruh screen akan ter-capture hanya dengan satu kali pencet. Bagi yang belum tahu di mana tombol Print Screen, letaknya biasanya berada di sisi kanan atas keyboard komputer sederet dengan tombol functoon lainnya.

cara screenshot pc_ prt scr

Label untuk tombol ini bisa berbeda-beda tergantun dari merek laptop. Biasanya tombol ini dilabeli dengan sebagai “prt scr”, “prnt scrn”, atau “prt sc”. Cara untuk mengambil cuplikan layar adalah dengan menekan tombol tersebut. Hasil capture akan tersimpan otomatis di clipboard.

Untuk melihat dan menyimpan hasilnya, buka aplikasi Paint atau aplikasi sejenis lainnya yang terinstall di PC. Salin screenshot yang tadi diambil dengan cara klik kanan dan pilih “paste” atau langsung saja klik tombol Ctrl+V. Setelah itu Anda dapat langsung menyimpan gambar tersebut dengan format yang diinginkan.

Menggunakan Tombol Alt + PrtScr

Tombol print screen dapat dikombinasikan dengan tombol lain. Misalnya, Anda bisa memencet tombol tersebut bersamaan dengan menekan Alt. Berbeda dengan cara pertama tadi di mana hasil screenshot akan menampilkan keseluruhan layar, menekan tombol Alt + PrtScr bersamaan hanya akan menampilkan jendela yang sedang aktif.

cara screenshot pc_ Alt + PrtScr

Jadi misalnya Anda sedang membuka Microsoft Word dan browser namun kursor berada di halaman Microsoft Word, makan yang tercapture adalah halaman Microsoft Word saja.

Metode ini lebih disukai karena hasil screenshot hanya menampilkan apa yang dibutuhkan. Jika keseluruhan layar tercapture, mungkin Anda harus meng-crop bagian-bagian tertentu.

Cara menyalin dan menyimpan gambar sama persis dengan cara nomor 1 di atas. Hal yang perlu diingat adalah di beberapa komputer, tombol Alt + PrtScr mungkin tidak berfungsi. Gantinya adalah dengan menekan tiga kombinasi tombol yaitu Alt + Fn + PrtScr.

Menggunakan Tombol Windows + PrtScr

Bagi pengguna Windows 10, ada cara yang lebih cepat dan efisien untuk mengambil cuplikan layar di PC yaitu dengan menekan PrtScr dan tombol berlogo Windows. Pada banyak komputer, tombol ini terletak di baris paling bawah keyboard, tepatnya di antara tombol Ctrl dan Alt.

Tidak banyak yang mengetahui fungsi tombol Windows. Bahkan tombol ini termasuk jarang digunakan. Padahal tombol dengan gambar lambang Windows ini  bukan sekedar pajangan. Selain berfungsi memunculkan menu start, tombol ini punya puluhan fungsi lainnya jika dikombinasikan dengan tombol lain.

Keuntungan menangkap layar dengan menekan tombol windows + PrtScr adalah Anda tidak perlu menyalin hasil di Paint. Lalu bagaimana cara menyimpannya? Gambar hasil screenshot langsung otomatis tersimpan di direktori C pada folder Users. Jadi, tidak perlu khawatir lupa menyalin di Paint atau program pengolah gambar lainnya karena gambar sudah tersimpan otomatis di PC.

Menggunakan Tombol Windows + Shift + S

Masih tentang tombol Windows, dikombinasikan dengan tombol Shift dan S, Anda bisa mengambil screenshot area spesifik di layar. Pada saat memencet kombinasi tombol tersebut, layar PC akan menjadi abu-abu. Selanjutnya Anda bisa membuat area spesifik di layar untuk diambil screenshotnya.

cara screenshot pc_ Windows + Shift + S

Caranya adalah dengan memilih opsi snip yang berada di bagian atas layar. Anda bisa memotong area tertentu di layar dengan berbagai bentuk seperti bentuk kotak atau freeform. Ada juga pilihan screenshot fullscreen snip dan windows snip. Untuk melihat hasilnya, Anda bisa menyalin gambar yang di capture di aplikasi penyuntingan gambar seperti cara screenshot di PC nomor satu dan dua di atas.

Menggunakan Snipping Tool

Snipping Tool adalah aplikasi bawaan Windows yang berada di Windows Accessories. Aplikasi ini sebenarnya sudah ada sejak era Windows Vista. Karena merupakan aplikasi bawaan, Anda tak perlu menginstalnya. Untuk membukanya ketikan saja Snipping Tool di kolom pencarian Windows.

cara screenshot pc_ Snipping Tool

Sebenarnya metode nomor 4, yaitu menggunakan Tombol Windows + Shift + S sama saja dengan Snipping Tool. Tetapi daripada harus mengingat-ingat ketiga tombol tersebut, lebih mudah untuk langsung mengklik program Snipping Tool.

Menggunakan Game Bar

Snipping Snipping Tool, program lain bawaan Windows 10 untuk menangkap layar PC adalah Game Bar. Software ini memungkinkan pengguna untuk menangkap layar video game dan merekan serta menyiarkannya secara langsung.

Agar lebih cepat, Game Bar bisa dibuka dengan menekan tombol Windows + G bersamaan. Anda bahkan dapat membuat kombinasi tombol sendiri. Saat akan mengambil screenshot, tekan tombol tersebut sampai muncul kotak “Yes, this is a game”. Kemudian pencet Windows + Alt + PrtScr atau icon camera. Gambar hasil screenshot tersimpan otomatis di folder Users di direktori C pada PC Anda.

Menggunakan Aplikasi Dropbox

Cara terakhir adalah memanfaatkan aplikasi Dropbox. Sebagai media data sharing online yang cukup populer, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi ini. Salah satu layanan cloud Dropbox fitur screenshot secara otomatis dan cepat. Untuk menggunakan fitur ini, aplikasi Dropbox harus terinstal di PC.

Pertama, pilih menu Preferences dan klik opsi import. Pada tulisan “Save screenshots to your Dropbox” beri tanda centang. Bagaimana cara menyimpannya? Sangat mudah.

Tekan Print Screen dan gambar akan langsung otomatis tersimpan di akun Dropbox.

Untuk melihatnya, buka folder Dropbox di Windows Explorer. Hasil tangkapan layar tersimpan di folder Screenshots. Dropbox memungkinkan pengguna untuk membagikan link screenshot ke email atau media sosial. Keuntungan lain menggunakan Dropbox adalah Anda tidak perlu takut file screenshot hilang bahkan jika PC rusak karena file tersebut tersimpan online.

Ternyata ada banyak cara untuk membuat screenshot layar PC selain menggunakal tombol Printscreen. Ketujuh cara di atas sangat praktis dilakukan. Anda tinggal pilih sesuai kebutuhan.

Pc
oleh Imam
Artikel Terbaru